-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Mesin Cuci dengan Baik dan Benar




Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet 


Bagian luar mesin cuci juga harus tetap di bersihkan secara berkala agar terlihat bersih dan nyaman saat digunakan. Terutama pada mesin cuci yang berwarna putih, jika berbagai debu yang menempel tidak segera di bersihkan maka warna dari mesin cuci akan menjadi kusam dan kotor. 

Cara membersihkannya adalah dengan : 
  • Menggunakan lap yang lembut dan mengusap setiap bagian luar pada mesin cuci tersebut secara hati - hati. 
  • Menggunakan mesin cuci dengan kapasitas yang di atas kemampuan dari mesin cuci tersebut akan membuat mesin cuci menjadi lebih cepat rusak. 
  • Kapasitas dari masing - masing mesin cuci berbeda - beda dan penggunaan nya tidak dapat di lakukan secara paksa. Apabila di lakukan secara paksa dan terus menerus, maka mesin cuci tersebut akan lebih pendek usia pemakaian nya.
  • Pada saat membeli mesin cuci, Anda pasti akan mendapatkan buku panduan yang dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam penggunaan nya. Dalam buku panduan tersebut biasa nya terdapat kapasitas maksimal dari mesin cuci tersebut.
Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan banyak nya pakaian yang dapat Anda masukkan ke dalam mesin cuci dalam satu kali pencucian. Jika pakaian yang Anda cuci terlalu banyak, maka Anda dapat membagi nya menjadi beberapa kloter agar mesin cuci Anda tidak terlalu lelah karena di paksa untuk bekerja dengan beban yang terlalu berlebihan. Dengan mencucinya secara bertahap, maka kinerja yang terjadi pada mesin cuci Anda akan lebih optimal. Dengan membagi nya menjadi beberapa tahap, 
  • Anda dapat memisahkan antara pakaian yang mudah luntur dengan pakaian yang tidak mudah luntur.
  • Mencabut kabel yang menghubungkan antara mesin cuci dengan daya listrik melalui stop kontak sangat penting untuk di lakukan. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghindari kerusakan dan bahkan bisa membahayakan jika di biarkan tidak di lepas. Kabel yang tidak di lepas akan membuat mesin cuci yang kosong menjadi lebih panas karena ada daya listrik yang mengalir, hal tersebut akan mempercepat kerusakan pada beberapa komponen yang ada di dalam mesin cuci tersebut.
  • Tidak semua detergen sesuai dan aman di gunakan untuk mesin cuci Anda. Anda harus cerdas dalam memilih detergent yang sesuai digunakan untuk mesin cuci Anda. 
Mesin cuci yang menggunakan pintu pada bagian atas biasa nya dapat menggunakan komposisi air yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mesin cuci yang menggunakan pintu pada bagian depan. Banyak nya air yang digunakan tentu nya akan disesuaikan dengan detergent yang Anda pakai. Beberapa tips merawat mesin cuci di atas dapat diterapkan untuk membantu Anda dalam menjaga agar mesin cuci Anda tetap awet dan tahan lama. Upaya utama yang perlu dilakukan sebenarnya adalah dengan langkah pembersihan. Pembersihan mesin cuci secara rutin perlu dilakukan untuk mencegah agar mesin cuci Anda tidak akan cepat mengalami kerusakan, sehingga usia pemakaian nya akan lebih lama. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram penulis.


Pentingnya Mesin Cuci Untuk Ibu Rumah Tangga

Mesin cuci menjadi salah satu alat yang sangat penting bagi sebagian besar ibu rumah tangga. Dengan menggunakan mesin cuci, maka pekerjaan dalam mencuci pakaian dapat terselesaikan dengan mudah tanpa harus menguras banyak tenaga untuk mengucek dan mencuci setiap helai pakaian. Namun, beberapa hal harus di perhatikan dengan baik untuk menjaga agar mesin cuci tetap awet seperti pada beberapa tips merawat mesin cuci yang akan di ulas pada artikel di bawah ini. Jika Anda memutuskan untuk membeli mesin cuci, maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah mempertimbangkan antara harga dengan kualitas dari mesin cuci tersebut. Harga dari suatu produk biasanya sangat menentukan kualitas dari produk tersebut. Namun, hal tersebut tentu nya harus di lakukan dengan analisis kualitas yang baik dan cermat dalam memilih produk mesin cuci yang akan Anda beli. Produk mesin cuci yang bagus bisa Anda temukan di toko elektronik atau super market. Sebagai pertimbangan Anda.

Setelah Anda mendapatkan mesin cuci yang bagus, langkah selanjutnya ialah menggunakan dan merawatnya dengan benar. Membersihkan mesin cuci harus dilakukan secara rutin. Apabila kotoran yang ada dalam mesin cuci tidak dibersihkan secara berkala, maka kotoran tersebut akan terus menumpuk dan bukan tidak mungkin jika mesin cuci Anda akan lebih cepat berkarat dan mengalami kerusakan pada beberapa komponen yang terdapat didalamnya. Bagian filter pada mesin cuci berfungsi untuk menyaring setiap kotoran yang masuk dalam mesin cuci. Bagian filter ini sangat sering dilalui oleh berbagai macam kotoran yang semula menempel pada pakaian yang kotor. Oleh karena itu, bagian ini sangat penting untuk di bersihkan dengan cara mengelap bagian filter mesin cuci dengan kain yang lembut agar tidak mudah merusak pada bagian filter dalam mesin cuci tersebut. Bagian dalam mesin cuci merupakan tempat yang biasa di gunakan untuk meletakkan pakaian yang sudah siap untuk di cuci. Tempat tersebut pasti nya juga akan kotor karena di gunakan sebagai tempat utama untuk mencuci berbagai macam helai pakaian yang tentu nya sudah kotor, sehingga bukan tidak mungkin jika bagian dalam pada mesin cuci tersebut juga dapat di tempeli oleh beberapa sisa kotoran yang belum ikut mengalir keluar.



Cara Merawat Mesi Cuci

Merawat mesin cuci memang terdengar gampang-gampang susah. Seperti barang elektronik lainnya, Mesin Cuci harus dirawat secara teratur jika ingin awet dan tahan lama. Tapi tidak perlu khawatir, berikut tips merawat mesin cuci. Biarpun simpel, namun jangan pernah menyepelekan cara merawat mesin cuci. Jika kamu telaten merawat mesin cuci, dijamin bisa tahan lama. Awet atau tidaknya mesin cuci tidak hanya ditentukan oleh penggunaannya, tetapi juga oleh tempat di mana meletakkan mesin cuci. Tempat yang salah tidak hanya akan memperburuk kualitas mesin cuci tapi penempatan mesin cuci yang salah malah bisa merusak mesin cuci. Bagaimana cara menyimpan mesin cuci dengan baik? Pastikan tidak menempatkan mesin cuci di tempat yang lembap karena akan mempercepat kerusakan mesin cuci. Tempat tertutup dengan sedikit cahaya dan kurang udara juga tidak baik untuk mesin cuci karena akan mempengaruhi suhu mesin pada mesin cuci. Cara ini dapat dilakukan untuk penempatan mesin cuci 2 tabung maupun 1 tabung. Mungkin karena terburu-buru, secara tidak sadar memasukan pakaian terlalu banyak ke dalam mesin cuci. Padahal, kebiasaan seperti ini dapat berakibat fatal dan tidak dapat membuat mesin cuci awet dan tahan lama. Selain kinerja mesin cuci jadi tidak maksimal, kotoran dari pakaian akan terhambat sehingga pakaian tidak dapat tercuci dengan baik. Selalu perhatikan kapasitas maksimal mesin cuci agar tidak mencuci pakaian berlebih dari kapasitas mesin cucimu. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat merusak kualitas mesin cuci adalah kebiasaan menyimpan pakaian terlalu lama dalam mesin cuci. Menyimpan pakaian basah atau pun kering terlalu lama dalam mesin cuci justru dapat menimbulkan bau tidak sedap. Tentunya bau dari mesin cuci tersebut dapat menyebar ke dalam pakaian, sehingga perlu mencuci ulang pakaian. Hampir semua mesin cuci modern memiliki pengaturan khusus untuk setiap jenis pakaian. Tentu pengaturan untuk mencuci pakaian berbahan kasar seperti celana jeans berbeda dengan untuk pakaian berbahan katun. Untuk itu diperlukan pengaturan yang tepat untuk setiap jenis pakaian yang akan dicuci. Selain membuat kualitas pakaian terjaga dengan baik, pengaturan mesin cuci sesuai dengan pakaian yang dicuci dapat merawat mesin cuci agar awet dan tahan lama.



Tips untuk membuat mesin cuci awet 

Tips berikutnya untuk membuat mesin cuci awet yaitu dengan cara membersihkan tabung mesin cuci. Caranya cukup mudah. Setelah selesai mencuci, cukup isi mesin cuci dengan air secukupnya lalu atur dengan mode cleaning. Setelah membersihkan tabung mesin cuci, kemudian lanjutkan dengan membersihkan filter mesin cuci. Filter mesin cuci adalah tempat bersarangnya semua kotoran dari pakaian yang dicuci. Maka membersihkan filter mesin cuci sama pentingnya dengan membersihkan tabungnya. Untuk hasil yang lebih baik, bisa bersihkan tabung dan filter mesin cuci setiap dua minggu sekali. Kotoran seperti lumut, kerak, dan noda mengendap lainnya akan hilang dengan cara ini. Bagian vital mesin cuci seperti panel-panel kendali dan modul PCB merupakan bagian yang wajib dihindarkan dari air, detergen atau pun busa sabun. Usahakan bagian vital mesin cuci tersebut selalu bersih dari air atau detergen. Jika memang terkena air atau detergen, bersihkan dengan lap kering sesegera mungkin. Melindungi bagian vital mesin cuci dapat menghindarkan dari kerusakan atau korslet pada mesin cuci.

Post a Comment for "Cara Merawat Mesin Cuci dengan Baik dan Benar"