-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencuci Baju Menggunakan Mesin Cuci




Tips Mencuci Pakaian Menggunaan Mesin Cuci Yang Tepat


Beberapa merk mesin cuci terbaik ada yang memiliki indikator pengisian air tabung. Jika sudah memenuhi volume air yang ditentukan, mesin cuci dapat mengeluarkan alarm secara otomatis. Setelah tabung diisi, perhatikan penggunaan deterjen saat mencuci baju di mesin cuci. Bila memakai deterjen bubuk, pastikan pembilasan dilakukan tanpa meninggalkan residu. Ini karena sisa-sisa deterjen bisa membuat pakaian licin dan mudah rusak. Alih-alih deterjen bubuk, coba pilih deterjen cair atau jel yang cenderung mudah larut dan lebih hemat. Jika takaran air dan deterjen sudah pas, Anda bisa mengatur waktu pencucian, deh. Durasi pencucian tergantung pada berat pakaian kotor yang dicuci. Ada waktu pencucian 15 menit, 30 menit hingga 60 menit. Cara mencuci baju di mesin cuci agar tidak melar harus memperhatikan suhu dan mode pencucian. Sebagai contoh, mode hijab umumnya memiliki putaran rendah sehingga bahannya tidak mudah robek. Sementara itu, mode batik bertujuan mengurangi risiko warna batik memudar. Mode pencucian ada yang terdiri atas 3-6 pilihan.



1. Perhatikan Baju Yang akan dicuci

Beberapa bahan pakaian biasanya dianjurkan untuk mencuci memakai tangan, misalnya mencuci jaket kulit asli. Putaran mesin cuci tak jarang mampu merusak bahan baju apalagi jenis kulit dan rajut. 
  • Sebelum mencuci, sebaiknya pisahkan pakaian berwarna dan putih. Tujuannya agar pakaian berwarna tidak melunturi pakaian lainnya. Umumnya, pakaian dengan warna gelap akan dipisahkan dengan pakaian berwarna cerah.
  • Tak hanya itu, sebaiknya Anda memisahkan mencuci pakaian dengan kain yang lebar. Kain yang panjang dapat melilit pakaian sehingga pencuciannya kurang maksimal.
  • Jangan mencampurkan pakaian berbahan tipis dengan tebal.
  • Cara mencuci baju di mesin cuci disesuaikan dengan jenis kain, warna dan tebal tipisnya pakaian.
Bila sudah melakukan pemisahan pakaian, saatnya memasukan baju ke dalam mesin cuci. Kapasitas pencucian setiap mesin cuci berbeda-beda. Ada yang mampu memuat 5 kg sampai 10 kg. Setelah itu, mulai isi tabung dengan air bersih. Volume air sebaiknya mengikuti buku manual mesin cuci. Semua pakaian harus terendam dalam air agar pencucian benar-benar bersih.



2. Fungsi Mesin Cuci dan Cara Menggunakan nya sesuai tipe Baju

Mesin cuci memang ditujukan untuk mencuci baju. Meski begitu, masih banyak orang yang mungkin tidak mengetahui cara mencuci baju di mesin cuci dengan benar, lho. Kesalahan mencuci baju di mesin cuci dapat merusak baju. Dampaknya membuat pakaian melar, serat kain rusak bahkan melunturkan baju. Cara mencuci baju di mesin cuci agar tidak melar harus memperhatikan material pakaian itu sendiri. Selain itu, perhatikan label pakaian dan setting mesin cuci. Untuk lebih jelasnya Anda dapat ikuti langkah-langkah dibawah ini. 
  • Salah satu cara mencuci baju di mesin cuci agar tidak mudah rusak adalah mengikuti petunjuk label pakaian. 
  • Label pakaian ini dapat Pins temukan di bagian kerah di sisi bagian dalam pakaian.
  • Ini biasanya berisi teks maupun simbol tertentu yang bertujuan menghemat space. Walau simpel, label masih tetap bisa menyampaikan informasi secara lengkap untuk Anda. 
  • Label pakaian biasanya mengandung informasi bahan baju.
  • Selain itu, ada rekomendasi perawatannya meliputi bagaimana mencuci dan menyetrikanya. 
Dengan mengikuti petunjuk ini, pakaian tidak akan rusak ketika dicuci dengan mesin cuci.



3. Pilihan Mode Mesin Cuci dan Cara Menggunakannya

Perbedaan setiap mode tersebut biasanya dari putaran mesin cuci. 
  • Untuk pakaian yang memiliki kain tipis, putaranya akan rendah, sedangkan yang memiliki bahan tebal akan lebih cepat putarannya.
  • Setelah mesin cuci berhenti berputar, saatnya membuang air. Cara membuangnya cukup mudah, yaitu dengan mengalirkan air dari selang yang terhubung dengan mesin cuci.
  • Itu sebabnya, mesin cuci sebaiknya diletakkan dekat saluran pembuangan air. Dengan begitu, air cucian tidak menggenangi lantai.
  • Pastikan air sabun benar-benar habis.
  • Jika pakaian saling melilit, kamu memisahkannya agar mudah saat dibilas.
  • Setelah air sabun terbuang, semua maka lanjutkan dengan tahap pembilasan. 
Pada dasarnya, proses bilas sama dengan ketika kamu mencuci pakaian. Hanya saja, cara mencuci baju di mesin cuci ini tidak membutuhkan deterjen. Kamu hanya perlu mengatur waktu pencucian dan tunggu sampai mesin cuci selesai bekerja. Ulangi langkah ini beberapa kali minimal 2 kali. Dengan begitu residu dan sisa air sabun akan benar-benar hilang. Jika pakaian sudah tidak licin ketika diangkat, tandanya pakaian siap untuk dikeringkan.



4. Kelebihan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Mencuci dengan mesin memang merupakan salah satu cara yang paling efisien untuk menyelesaikan cucian kamu. Tapi, apakah cara kamu menggunakan mesin cuci sudah optimal dan memberikan hasil maksimal? Apakah cara kamu menggunakan mesin cuci sudah tepat agar mesin awet dan tidak cepat rusak? Nah, di bawah ini, kami akan paparkan beberapa tips menggunakan mesin cuci yang benar agar cucian lebih bersih dan mesin cuci bisa lebih awet.
  • Hal sederhana pertama yang perlu lebih kamu perhatikan adalah kebersihan dari mesin cucimu sendiri.
  • Periksa secara berkala dengan menjaga kebersihan filter dari mesin cuci maka cucianmu tidak akan terkontaminasi dengan bau yang tidak diinginkan.
  • Selain itu filter yang bersih akan menghasilkan aliran air dalam mesin yang lebih baik lagi.
  • Kalau kamu menyadari ada satu pakaianmu yang sebelumnya telah luntur ketika kamu cuci, sebaiknya kamu mulai pisahkan pakaian tersebut untuk penyucian selanjutnya.
  • Hal ini tentu untuk menghindari transfernya warna pada pakaian yang lainnya.
  • Setelah kamu menggunakan mesin cucimu, sebaiknya jangan langsung kamu tutup ya!
  • Diamkan dulu dalam keadaan pintu mesin terbuka hingga bagian dalam mengering. Cara menggunakan mesin cuci yang satu ini bisa kamu praktikkan untuk mendapatkan hasil cucian terbaik yang lebih bersih lagi.
Dengan menjaga level air rendah ketika cucianmu sedikit, maka mesin cuci lebih mudah untuk membersihkan pakaianmu. Terlalu banyak deterjen ternyata tidak selalu berarti pakaianmu menjadi ekstra bersih. Justru dengan menggunakan terlalu banyak deterjen pada mesin cuci akan membuat cucianmu terlihat kusam dan menyebabkan endapan kotoran dan residu deterjen yang bercampur pada cucian. Pastikan kamu hanya menggunakan deterjen dengan logo “HE” atau High Efficiency deterjen. Deterjen yang biasa kamu gunakan untuk mencuci manual akan menghasilkan terlalu banyak busa dalam mesin cuci dan dapat mengakibatkan mesin yang mudah rusak. Itu tadi beberapa tips cara menggunakan mesin cuci untuk mendapatkan hasil cucian yang lebih bersih dan mesin cuci yang lebih awet lagi.



5. Mencuci Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Setelah siklus pencucian selesai dilakukan, pindahkan pakaian ke tabung sebelahnya. Apabila Anda memakai mesin cuci dua tabung, maka siapkan ember terlebih dahulu. Peras sedikit pakaian tebal yang masih basah. Tujuannya agar ketika proses pengeringan dilakukan pakaian akan benar-benar kering hingga ke bagian dalam baju.
  • Masukan pakaian ke tabung pengering. Atur mode dryer dan tunggu hingga proses selesai dilakukan. Proses dryer ini kadang membuat pakaian benar-benar kering bahkan tanpa harus dijemur.
  • Untuk beberapa jenis pakaian dengan bahan tebal seperti jeans, biasanya masih perlu dijemur dibawah sinar matahari.
  • Usai menerapkan cara mencuci baju di mesin cuci diatas jangan lupa membersihkan tabung mesin cuci. 

Beberapa brand mesin cuci memiliki fitur pencucian tabung secara otomatis. Selain mengetahui bagaimana cara mencuci baju di mesin cuci yang tepat. 

Post a Comment for "Tips Mencuci Baju Menggunakan Mesin Cuci"