-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Mesin Cuci




Inilah Cara Memilih Mesin Cuci, Cara Mengguakan dan Cara Melakukan Pengecekan Sebelum Membelinya


    Semuanya dengan catatan ada perangkat elektronik lainnya dirumah anda. Jika dirumah anda hanya ada 2-3 orang, mesin cuci dengan kapasitas 6Kg (kapasitas paling kecil dipasaran sekarang ini) sudah lebih dari cukup. Namun jika ada 4-6 orang, pertimbangkanlah mesin cuci yang berkapasitas 7-8 Kg. Ini juga sangat berkaitan dengan kapasitas mesin cuci anda. Jika anda mencuci dengan selang waktu yang lama misalkan 1 minggu sekali, belilah mesin cuci yang berkapasitas 7-8 Kg walaupun anda hanya tinggal berdua dengan pasangan anda. Daripada anda membeli mesin cuci berkapasitas 6Kg tetapi anda harus memisah waktu pencucian menjadi beberapa ronde karena over capacity. Hati-hati dengan yang satu ini. Bisa saja pihak penjual berkata bahwa feature yang ada hanya ada pada merk mereka kenyataannya itu lebih kepada kampanye pemasaran dan jangan pernah percaya pada promo, bonus detergen dan sebagainnya. Yang perlu anda ingat bahwa mesin cucinyalah yang paling penting dari hanya sekedar bonus. Ingat pepatah : Telitilah sebelum membeli. Alangkah baiknya anda memilih merk yang terkenal. Jika anda ingin berhemat beli saja produk korea karena harganya lebih kompetitif dari pada Produk Jepang yang lebih mahal dengan spesifikasi yang sama. Untuk model, pilih saja tampilan yang dapat membuat rumah kita. 9. Garansi dan sales service. Perhatikan garansinya, jangan sampai nanti anda kecewa hanya beberapa hari pemakaian mesin cuci sudah rusak. Dan yang perlu anda pikirkan adalah ada atau tidak tempat servis center di Kota anda. Demikianlah tips dari kami. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan sebelum anda membeli mesin cuci.

    Walau harga selangit namun hasil yang diberikan ketika menggunakan mesin cuci jenis ini hasilnya lebih bersih dan lembut. Sebaliknya jika pembantu anda yang akan sering mengoperasikannya, lebih baik untuk memilih mesin cuci yang bertipe dua tabung. Karena jika suatu saat terjadi kerusakan akibat salah pemakaian atau pengoperasian, biaya reparasi yang akan anda keluarkan tidak akan membuat gonjang-ganjing keuangan rumah tangga anda. Mesin cuci dua tabung jelas dapat beroperasi dalam kondisi saluran air apa saja, walau terkadang jika terpaksa anda boleh saja mengguyur sendiri air kedalam tabungnya. Berbeda dengan tipe single tub yang mengharuskan anda memberi tekanan air yang lebih kuat agar mesin cuci jenis ini memberikan hasil yang optimal bagi anda. Demikian juga dengan tipe front loading yang memberikan fasilitas mencuci dengan air panas. Untuk rumah standart yang daya listriknya hanya mencapai 1300Watt maka mesin cuci jenis dua tabunglah yang cocok untuk digunakan. Berbeda jika anda memiliki daya listrik yang mencapai 2200Watt, tipe single tub dan front loading-pun tidak masalah.

    Mesin cuci merupakan perangkat listrik yang sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi jika kita tinggal di daerah perkotaan. Nah, jika mesin cuci tiba-tiba mogok, kita akan pusing. Karena keterbatasan waktu antara pekerjaan kita di kantor dan jam kerja pekerjaan rumah tangga, pakaian kita akan menumpuk. Apalagi ketika ada banyak orang dalam keluarga atau ada banyak rumah tangga tentu ada lebih banyak pakaian yang harus dicuci! Untungnya, seiring perkembangan zaman, teknologi yang terus berubah membuat mesin cuci lebih cepat dan praktis! Namun, betapapun canggihnya mesin cuci, kita perlu melakukan beberapa tindakan dan kebiasaan agar mesin cuci kita tetap awet. Terkadang kita tidak menyadari bahwa letak mesin cuci juga akan mempengaruhi masa pakainya. Usahakan untuk menempatkan mesin cuci di tempat yang datar, rata, dan kering, jauh dari sinar matahari langsung. Usahakan juga untuk memberi jarak antara mesin cuci dengan dinding atau benda lainnya. Getaran mesin cuci dapat menimbulkan gesekan antara mesin cuci dengan benda-benda yang menempel padanya, serta dapat merusak casing mesin cuci.



1. Cara Mencuci Baju Menggunakan Mesin Cuci

Pastikan untuk mengosongkan saku dan kantong pakaian Anda. Benda-benda kecil yang Anda bawa, seperti koin, pulpen, korek api, dan bahkan kertas, dapat menyumbat pipa pembuangan mesin cuci. Ini akan merusak sistem pembuangan dan silinder mesin cuci. Ini adalah kebiasaan baik yang perlu kita tanamkan. Dengan membaca manual book, kita akan memahami prinsip kerja mesin cuci dan cara mengoperasikan mesin cuci dengan benar. Hampir semua pengguna mesin cuci memasukkan begitu banyak pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Ini akan membebani motor. Jika beban lebih ini berlanjut, motor akan rusak. Pakaian Anda juga akan cepat rusak karena terjerat. Baca manual untuk memahami kapasitas maksimum mesin cuci! Usahakan agar beban pakaian tetap di bawah kapasitas maksimalnya. Pisahkan pakaian perjalanan dan pakaian dengan dekorasi. Kemudian masukkan ke dalam laundry bag. Kemudian masukkan ke dalam mesin cuci agar tidak terjerat atau rusak oleh pakaian lain. Hal ini untuk menjaga keawetan pakaian dan mesin cuci. Sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, coba balikkan pakaian Anda.

Balikkan bagian dalam pakaian ke luar. Ini akan mencegah kancing, ritsleting, dan aksesori pakaian lainnya tersangkut dan menggores permukaan bagian dalam drum mesin cuci. Dengan cara ini pakaian Anda tahan lama seperti mesin cuci! Terkadang kita lupa bahwa seprai, jeans, dan jaket lebih berat daripada pakaian lain saat basah. Pastikan untuk memilih pengaturan mode pencucian yang sesuai. Hal ini untuk memungkinkan motor mesin cuci Anda bertahan lebih lama. Selalu gunakan deterjen yang sesuai untuk mesin cuci Anda. Jangan lupa untuk menggunakan jumlah deterjen yang tepat. Hal ini untuk mencegah sabun mengeras dan menyumbat pada pipa pembuangan mesin cuci. Anda dapat membaca dosis deterjen pada petunjuk penggunaan atau pada label kemasan sabun deterjen. Kantong filter bulu dan filter lainnya perlu dibersihkan. Bulu-bulu dapat berkumpul bersama, merusak kain saring dan menyumbat saluran pembuangan dan pipa pembuangan mesin cuci. Tutupi mesin cuci dengan kain atau penutup khusus. Pakaian yang sangat kotor dapat menimbulkan noda dan kerak pada mesin cuci. Kotoran juga dapat menyumbat pipa pembuangan mesin cuci dan pakaian lainnya. Pisahkan pakaian yang sangat kotor, rendam dan cuci dengan tangan. Cuci lagi di mesin cuci setelahnya. Kebiasaan ini perlu secara sadar dikembangkan dan diulangi setiap kali mesin cuci digunakan. Seiring waktu, Anda akan melakukannya secara refleks tanpa diminta lagi.



2. Perhatikan Kelengkapan Mesin Cuci

Cek juga kelengkapannya seperti selang pembuangan dan pintu - pintu pada mesin cuci 2 lubang. Cek harga dipasaran dari komponen - komponen ini jika mengganti apakah masih cocok kalkulasi harganya. Dalam membeli mesin cuci second kemungkinan besar garansi sudah hilang bisa karena sudah melewati masa garansi atau juga pernah dibongkar sebelumnya. Apalagi bila ada membeli ditempat barang bekas atau teknisi servis mesin cuci karena kemungkinan beasr kartu garansi hilang. Solusinya adalah Anda bisa meminta garansi paling tidak selama 2 minggu jadi ketika dalam masa garansi terjadi kerusakan Anda bisa mengembalikan mesin cuci sehingga tidak merugi. Kadang penjuang juga akan memberikan pilihan menjual mesin cuci harga sekian dengan garansi atau mengurangi bahkan tanpa garansi dengan memotong harga awal. Sebaiknya Anda memilih menggunakan garansi untuk meminimalisir jika terjadi kerusakan mesin cuci. Itu tadi tips yang bisa kami berikan apabila Anda ingin membeli mesin cuci bekas layak pakai karena tidak ada salahnya membeli mesin cuci bekas layak pakai. Untuk dinamo mesin justru yang keluaran lama masih menggunakan kumparan tembanga yang tentunya lebih kuat dan awet. Berbeda dengans sekarang, kebanyakan mesi cuci malah menggunakan dinamo mesin dengan kumparan dari alumunium.



3. Lakukan Pengcekan Mesin Cuci Sebelum Membeli

Karena untuk teknisi beberapa tips dibawah ini tidak akan terlau bermasalah karena mereka bisa melakukan perbaikan sendiri. Jika Anda punya kenalan yang mengerti sedikit banyak tentang mesin cuci anda bisa mengajaknya untuk melakukan pengecekan ketempat penjual mesin cuci agar bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan dan menentukan harga. Sebelum membeli pastikan mencoba terlebih dahulu agar kita bisa mengetahui kinerja dan kekurangan dari mesin cuci tersebut. 
  • Colokan kabel ke stop kontak.
  • Dengarkan suara mesin jika terdengar kasar sebaik tidak usah diambil karena kemungkinan kerusakan terjadi pada gearboxnya.
  • Dan pada saat berputar cek pulsator dengan cara menahannya menggunakan tangan, jika tangan kita mampu menahan maka pulsator berfungsi dengan baik namun jika ditahan dengan tangan pulsator berhenti kemungkinan besar gearbox rusak.
  • Kemudian nyalakan kembali mesin wash beri cucian dan air sesuai kapasitas untuk mengetahui kinerja mesin. Hal ini juga berfungsi untuk mengetahui apakah mesin cuci mengalami grounding atau nyetrum. Jika mesin cuci nyetrum ketika Anda memegang cucian basah sebaiknya juga tidak diambil karena kemungkinan terburuk bisa pada kerusakan mesin dinamonya, hal ini juga berlaku untuk pngeringnya.

Post a Comment for "Tips Memilih Mesin Cuci"