-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Mesin Cuci




Ikuti Tips Ini Agar Mesin Cuci Anda Lebih Tahan Lama

    Barang elektronik yang dipakai untuk memenuhi aktivitas sehari-hari memang harus dijaga secara ekstra. Faktanya, barang elektronik adalah salah satu barang yang sering sekali cepat rusak. Jika cepat rusak, tak hanya aktivitas sehari-hari saja yang terganggu, keuangan pun ikut menipis. Anda harus merawat dengan baik barang elektronik yang sering dipakai sehari-hari. Salah satu barang elektronik yang harus dirawat dengan baik adalah mesin cuci. Setiap hari tentunya Anda menggunakan mesin cuci untuk memenuhi kebutuhan pakaian untuk bekerja, berpergian, dan beraktivitas lainnya. Agar mesin cuci tahan lama, Anda harus mengikuti tips merawat mesin cuci dengan baik ini. 
  • Pertama, pastikan mesin cuci diletakkan di tempat yang kering dan rata. 
  • Lalu, jangan lupa untuk melakukan pembersihan tabung. 
  • Terakhir, pastikan selalu mengeringkan tabung dengan lap bersih dan diangin-anginkan setelah melakukan proses pencucian. 
  • Anda bisa membuka sementara pintu mesin cuci selama kurang lebih 10 menit. 



Gunakan Sabun Khusus

    Umumnya orang akan membeli sabun khusus untuk membersihkan mesin cuci tersebut. Ada bahan lain ternyata yang bisa kamu manfaatkan yaitu, obat kumur alias mouthwash. Kuras air dari mesin cuci. Jamur, gumpalan kotoran, hingga bakteri jahat pun akan sirna berkat tips mencuci praktis satu ini. 

    Banyak orang yang masih mencuci kaos kaki mereka dengan tangan. Alasannya, karena jumlahnya yang sedikit dan ukurannya yang begitu kecil. Selain sayang energi listrik, kaos kaki pun kerap tercecer sehingga sulit ditemukan setelah dicuci. Nah, buat kamu yang ingin mencuci kaos kaki menggunakan mesin cuci, cukup membeli sebuah tas khusus untuk kaos kaki yang dapat dicuci. Tas semacam ini atau kerap disebut laundry net sudah banyak yang menjual kok, Sahabat Firdaus Technic! Bukan hanya untuk kaos kaki, tas tersebut pun berguna untuk melindungi bra yang dicuci dengan mesin sehingga tidak mudah rusak. Tas tersebut memiliki penutup yang aman sehingga kaos kaki atau bra di dalamnya tidak akan keluar saat dicuci.



Gunakan Campuran Shampoo

    Bahan yang lembut di dalam sampo dan conditioner bayi, akan meratakan serat pakaian sehingga bisa mengembalikan ukurannya. Buat kamu yang tidak punya pengering mesin cuci, bisa menggunakan handuk untuk membantunya cepat kering. Siapkan beberapa buah handuk kecil dan sisipkan di antara tiap pakaian yang tengah dijemur. Kamu juga bisa membungkus baju-baju yang masih lembap dengan handuk lalu diamkan di dalam mesin cuci agar cepat kering. Wah, ternyata mudah sekali ya tips mencuci praktis satu ini, Sahabat Firdaus Technic? Bukan hanya pakaian, topi pun perlu dicuci secara berkala. Keringat dari kepala dan juga dahi kerap mengotori topi dan merubah warnanya menjadi keputihan. Selain itu, bentuknya pun bisa tetap terjaga bila topi dicuci dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan mesin pencuci piring jika punya. Cukup letakkan koleksi topi di rak bagian atas kemudian cuci dengan mode full cycle. Jangan sekali-kali mencuci topi menggunakan mesin cuci. Bukan hanya topi saja yang akan rusak, mesin cuci pun bisa ikut rusak karena lapisan keras yang berada di dalamnya. Pewangi dengan campuran pelembut dapat merusak warna dari pakaian putih ternyata, Sahabat 99! Menggunakan pewangi plus pelembut atau hanya pelembut saja tidak direkomendasikan memang untuk pakaian tersebut. Jadi, lebih baik hindari penggunaannya jika tak ingin baju menguning. Sebelum mencucinya, gunakan pemutih pakaian atau aspirin seperti yang sudah disebutkan di atas! Cuci Baju Berdasarkan Warna.

    Noda kotor dan warna kuning pun akan sirna berkatnya. Mesin cuci masa kini sudah dilengkapi dengan pengering (dryer) sehingga pakaian tidak perlu dijemur lagi. Enak ya Sahabat Firdaus Technic, tidak perlu lagi deh berpanas-panasan di luar rumah untuk menjemur pakaian di siang hari. Buat kamu yang punya mesin cuci dengan pengering seperti itu, jangan terlalu lama dalam menggunakannya. Lebih baik ikuti instruksi pemakaian sehingga bisa menghemat listrik dan juga tak merusak pakaian. 

     Faktanya, pakaian yang terlalu lama dikeringkan lebih susah untuk disetrika lho! Hal ini terjadi akibat kain yang sudah mengalami resistensi terhadap panas. Bahkan setrika uap pun tak mampu membuat pakaian teresebut licin dan rapi. Maka itu, keringkanlah dengan durasi secukupnya sehingga pakaian dapat mengering seperti dijemur di bawah matahari. Beberapa jenis pakaian bisa mengalami penyusutan ukuran saat dicuci terus-menerus, lho! Daripada tak bisa dipakai lagi, perbaiki kondisinya dengan tips mencuci praktis ini. Jemur baju dengan posisi horizontal lalu biarkan hingga benar-benar mengering.


Keunggulan Mesin Cuci LG

    Mesin Cuci LG adalah salah satu Mesin Cuci paling canggih dan banyak orang pakai juga. Kinerja mesin memang hal yang harus diperhatikan agar mesin cuci awet. Koleksi terbaru dari LG, yaitu LG Washing Machine 6 Motion Inverter Direct Drive bisa menjawab keresahan Anda terhadap mesin cuci dengan kinerja yang baik. Ini dikarenakan mesin cuci ini dilengkapi dengan teknologi Inverter Direct Drive yang membuat kompresor dapat bekerja lebih optimal. Dengan kemampuan menggerakkan drum langsung tanpa perantara karet penghubung, mesin cuci ini memberikan berbagai manfaat yang tak ditemui pada mesin cuci biasa. Salah satunya yaitu kompresor yang lebih tahan lama. 

    Bahkan, LG memberikan jaminan ketahanan kompresor hingga 10 tahun. Tak hanya itu, teknologi ini juga dapat meminimalisir keluaran bunyi dari motor penggerak mesin cuci dan tentunya menghemat penggunaan listrik. Anda juga bisa melakukan pembersihan tabung melalui aktivasi fitur TubClean yang terdapat pada mesin cuci ini.



Jenis Mesin Cuci

    Mesin cuci adalah salah satu peralatan elektronik yang paling penting dan sering digunakan di rumah. Dan kemungkinan merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling tahan lama. Dengan berhati-hati dalam mengambil keputusan dalam hal mencuci - dari pembelian hingga kebiasaan sehari-hari tidak hanya dapat menikmati penghematan biaya yang signifikan, tetapi juga berkontribusi terhadap lingkungan. 

        Jenis mesin cuci yang kita pilih hingga kebiasaan mencuci sehari-hari ternyata memiliki efek signifikan pada kenyamanan proses mencuci. Termasuk banyaknya daya listrik serta air yang kita gunakan. Nah, berikut beberapa tips ala Samsung agar Anda dapat memaksimalkan mesin cuci di rumah. Luangkan waktu dan riset untuk memilih mesin cuci yang tepat. Hal ini merupakan investasi jangka panjang yang diharapkan dapat bertahan lama. Top atau front load? Mesin cuci bukaan atas dan depan hadir dengan keunggulannya masing-masing. Pertimbangkan faktor-faktor ini saat memutuskan di antara keduanya. Pilih mesin cuci sesuai ruangan hunian. Contoh, jika lokasi untuk menempatkan mesin cuci terletak di area pantry di apartment, lebih cocok memilih tipe bukaan depan yang tidak perlu dibuka tutup bagian atasnya sehingga menghemat tempat. Mesin cuci bukaan depan dapat ditumpuk dengan pengering. Ketika kedua peralatan ini ditumpuk, ruang yang digunakan akan lebih hemat. Sangat berguna bagi mereka yang tinggal di apartemen. Saat ini mesin cuci punya banyak teknologi canggih dan inovatif.




Kepraktisan Mesin Cuci

    Mencuci pakaian kini makin praktis saja berkat kehadiran mesin cuci. Di sisi lain, kita tetap harus memerhatikan teknik dan sabun yang digunakan agar pakaian terjaga keawetannya. Terdengar ribet memang namun jika mengikuti tips mencuci praktis ini, tidak akan memusingkan sama sekali kok! 

    Tips mencuci praktis ini bukan hanya bisa menjaga kualitas baju, namun juga memotong waktu pengerjaannya. Ya, biarpun telah dimasukkan ke mesin cuci, proses mencuci bisa dibilang adalah pekerjaan rumah yang membosankan. Di sela-sela proses pencucian, pembilasan, perendaman pewangi, hingga pengeringan orang harus menunggu sekitar 15 menit per sesinya. Belum lagi ketika mesin cuci harus dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel dari pakaian. Makin malesin lagi deh kerjaannya, ya kan, Sahabat Firdaus Technic? Kehadiran mesin cuci di rumah memang memudahkan seluruh proses mencuci pakaian. Biarpun serba otomatis dan praktis, mesin cuci perlu untuk dibersihkan dari segala residu kotoran pakaian. Bila dibiarkan, kotoran yang menumpuk pun bisa merusak pakaian bahkan mesin cuci yang dimiliki di rumah.



Fitur Air Panas Pada Mesin Cuci

    Air panas tidak selamanya dapat membantu membersihkan dan mengusir kuman pakaian yang super kotor. Justru saat kamu akan mencuci kaos kaki kotor, disarankan untuk menggunakan air dingin. Sebab kotoran yang bersamayam di kaos kaki bersumber dari keringat. Keringat tersebut memiliki kandungan protein yang tidak dapat dihancurkan dengan air panas. 

    Jadi, mulai sekarang cucilah kaos kaki kotor dengan menggunakan air dingin dan sabun ya, Sahabat Firdaus Technic! Meski keren dipakai, baju warna putih adalah musuh karena mudah kotor dan menguning jika dicuci berulang. Biarpun telah menggunakan pemutih pakaian, perubahan warnanya pun tidak dapat dicegah. Terlalu sering memakainya pun bisa menyebabkan pakaian jadi lebih mudah belel. 

      Nah, ada cara mencuci pakaian dengan mesin cuci agar bersih lainnya yang ternyata bisa kamu andalkan untuk memutihkan baju tanpa harus khawatir merusaknya. Caranya ialah menggunakan aspirin alias obat penahan rasa sakit. Aspirin memiliki kandungan salicylic acid sehingga dapat membantu memutihkan baju. Kamu cukup memasukkan beberapa butir aspirin ke dalam mesin cuci saat akan mencuci pakaian putih saja.

Post a Comment for "Cara Merawat Mesin Cuci"