-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Mesin Cuci Piring dan Mesin Cuci Baju

Tips Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci Piring


Saat akan membeli mesin cuci piring, pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Jika kamu memiliki jumlah anggota keluarga 3-4 orang mesin pencuci piring ukuran 18 inci ideal untuk digunakan. Namun anggota keluarga lebih dari itu, sebaiknya gunakan mesin pencuci berukuran 24 inci yang dapat memuat hingga 14 piring. Ada 3 tipe mesin pencuci piring, yakni portable dishwasher, countertop dan bulit-in. Ketiganya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tipe portable dan counter top cocok digunakan untukmu yang punya dapur kecil karena bisa dipindahkan dengan mudah. Sementara tipe built-in berukuran lebih besar dan harganya lebih mahal, sifatnya yang menetap membuat mesin jenis ini nggak bisa dipindahkan ke ruangan lain. Supaya lebih kuat, bahan mesin yang terbuat dari stainless steel cocok digunakan. Tempat cuci piring stainless steel portable memang minim risiko. Selain mudah dipindahkan, cuci piring stainless ini juga bisa digunakan untuk jangka waktu lama. Bukan hanya bahannya, ternyata kamu perlu memperhatikan kekuatan putaran mesin cuci karena sangat berpengaruh pada kinerja mesin.

Wadah makanan seperti kayu, plastik, pisau, parutan kelapa sebisa mungkin jangan dimasukkan ke dalam mesin cuci sebab kemungkinan bisa rusak dan memengaruhi kinerja mesin ke depannya. Lakukan perawatan mesin secara rutin seperti bersihkan penyaringan, memang terlihat sepele tetapi bisa menghindari bau yang tak sedap, lo! Kalau cara sebelumnya sudah dilakukan, jangan lupa untuk merawat mesin supaya penggunaanya bisa tahan lama. Kamu bisa memulainya dengan membersikan bagian eksterior mesin untuk menghilangkan noda seperti tumpahan makanan dan bekas sidik jari. Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke dalam mesin karena dapat merusak komponen listrik. Usahakan untuk diletakkan dulu ke handuk atau lap, setelah itu baru dibersihkan. Kemudian bersihkan penyaring menggunakan spons untuk menghilangkan kerak yang masih tertinggal, angkat rak di dalam mesin cuci ke wastafel untuk dibersihkan. Bila ditemukan sesuatu yang bertekstur kasar gunakan sikat gigi kecil untuk menghilangkannya. Kamu juga bisa lepaskan aksesorinya mengikuti buku panduan, jika khawatir dengan pemasangan, cukup disemprotkan dengan air bersih. Terakhir, lenyapkan kotoran di tabung menggunakan handuk, usap sampai bagian bawah interior mesin cuci. Itulah tips yang harus diperhatikan sebelum membeli tempat cuci piring sederhana otomatis. Bisa kamu praktikkan supaya alat elektronik tahan lama dan nggak mudah rusak.

Sebagian orang mungkin akan setuju jika mencuci piring jadi kegiatan yang menyita waktu. Padahal jika ditanya cuci piring bakar berapa kalori? 80 kalori setiap 15 menit asal dilakukan dengan intens. Namun, tentu banyak dari kita yang memang tak punya cukup waktu karena harus bekerja sampai malam hari, akibatnya pekerjaan rumah sebisa mungkin dipilih dengan cara yang praktis. Saat ini selain mesin cuci pakaian, keberadaan tempat cuci piring otomatis semakin digandrungi oleh banyak orang. Selain efisien dan cepat menghilangkan kotoran makanan dalam jumlah banyak, alat cuci piring otomatis juga mudah untuk digunakan. Untuk itu sebelum membeli, sebaiknya kamu cari tahu dulu hal yang perlu diperhatikan biar nggak buang-buang uang dan pemakaiannya bisa awet dalam jangka waktu yang lama. Nah, berikut Hipwee berikan tipsnya!
  • Mesin cuci piring bisa kamu gunakan di rumah maupun apartemen, tetapi harus dipilih yang sesuai dengan kebutuhan. Tempat membersihkan alat dapur memang banyak jenisnya, ada wastafel cuci piring, bak cuci piring plastik, undermount sink hingga mesin cuci piring yang namanya kian santer setahun belakangan. Tujuannya agar mesin cuci nggak mudah mampet.
  • Isilah rak paling bawah mesin pencuci dengan panci, wajan, mangkuk, piring menghadap semprotan air yang ada di dalam mesin. Miringkan sedikit supaya pembersihannya merata. Untuk wajan yang datar dan piring besar sebaiknya diletakkan di bagian paling belakang mesin cuci piring.
  • Isilah rak atas dengan peralatan minum dalam posisi yang terbalik. Sebelum ditutup, pastikan barang tadi tidak bergoyang dari tempatnya.
  • Gunakan detergen dengan takaran yang tepat, nggak perlu terlalu banyak sebab bisa meninggalkan sisa sabun setelah pembersihan.
  • Jika memungkinkan, pilihlah opsi pencucian yang paling ringan apalagi jika piring atau gelas hanya digunakan untuk wadah kue atau air mineral. Namun, bila peralatan makan sangat kotor kamu bisa menaikkan intensitasnya ke mode heavy dengan suhu tinggi. Sama seperti mesin cuci restoran yang punya banyak pantangan, kamu juga perlu perhatikan barang apa saja yang sebaiknya dihindari untuk masuk ke dalam mesin pencucian. Hal ini bertujuan agar mesin nggak cepat rusak dan alat makan bisa digunakan lagi.






Tips Merawat Mesin Cuci 

Mesin cuci menjadi produk elektronik yang wajib dimiliki oleh semua masyarakat urban perkotaan. Pasalnya, kegiatan yang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak sehingga tidak sempat mencuci pakaian, kini dapat diatasi dengan kehadiran mesin cuci ini. Kini banyak produsen alat elektronik ini melaunching berbagai mesin cuci dengan fitur yang beragam. Mulai dari dua tabung, satu tabung dengan sistem sekali cuci. Selain itu, kini banyak prodsen alat elektronik ini menawarkan berbagai mesin cuci dengan kapasitas besar, 5 kg, hingga 10 kg. Sangat memudahkan Anda bukan? Namun yang perlu diperhatikan adalah mesin cuci ini merupakan alat elektronik yang setiap hari digunakan, untuk itu perlu adanya sebuah perawatan khusus untuk menjaga mesin cuci ini bertahan lama, dan awet dipakai. Maka dari itu, harus ada sebuah tips atau cara merawat mesin cuci agar tidak mudah rusak. Alih-alih jika mesin cuci Anda rusak, cucian akan menumpuk dan tidak ada waktu untuk meluangkan waktu untuk mencuci pakaian tersebut.

Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk langsung mengangkat pakaian dari mesin cuci itu setelah selesai mencucinya. Memang mesin cuci adalah alat elektronik yang selalu berurusan dengan sabun detergen, namun jangan salah sangka, tidak berarti alat elektronik ini selalu dalam keadaan bersih. Namun kegiatan mencuci ini ternyata tidak selamanya bersih. Untuk itu, disarankan Anda untuk mencuci tabung minimal 1 kali seminggu untuk mengangkat semua kotoran yang tersisa di dalam tabung mesin cuci tersebut. Jika Anda perhatikan, ketika proses pencucian tabung, akan terlihat betapa kotornya air yang dibuang dari pembersihan tabung tersebut. Untuk itu, jangan pernah lewatkan mencuci tabung ini agar cucian selanjutnya akan lebih bersih. Produsen mesin cuci menyediakan fitur untuk beberapa jenis pakaian tidaklah tidak tanpa arti dan tujuan. Hal ini dimaksudkan untuk memilah jenis pakaian sesuai dengan kemampuan mencuci si mesin cuci. Untuk itu perhatikanlah, ketika Anda hendak mencuci selimut tekan setting untuk berbahan selimut, ketika Anda ingin mencuci kaos katun tekan setting untuk mencuci jenis bahan tersebut. Hal ini selain dapat menjaga pakaian agar tetap bagus dan tidak rusak, ini juga dapat menjaga mesin cuci Anda dalam keadaan awet dan tahan lama. Sama hanya menggunakan satu settingan untuk semua jenis pakaian. Menyampurnak semua jenis pakaian ke dalam mesin cuci pun dapat merusak atau menurunkan cara kerja mesin cuci. Misalnya ketika Anda memasukkan pakaian jenis jeans, katun, hingga pakaian berwarna di satu waktu. Hal ini dapat memberatkan mesin cuci untuk mencucinya karena tidak sesuai dengan settingannya. Untuk itu, usahakan jangan sampai menyampurkan semua jenis pakaian dalam satu waktu mencuci. Listrik yang tidak stabil memang sering kali membuat alat elektronik rusak. Termasuk mesin cuci, ketika Anda sedang mencuci dan mendapati listrik yang mati, otomatis cara kerja mesin cuci mati dengan tiba-tiba, dan ketika listrik kembali menyala daya mesin cuci akan langsung melonjak naik. Jika keaadan terus menerus seperti itu, akan merusak mesin cuci Anda.

Untuk itu, kali ini kami akan hadirkan beberapa ulasan dan tips untuk merawat mesin cuci Anda agar tetap tahan lama dan tidak mudah rusak walauun dgunakan setiap hari. Karena faktir terbur-buru dan tidak sabar dengan cucian yang menumpuk, terkadang Anda memasukkan pakaian terlalu banyak atau melebih kapasitas mesin cuci itu sendiri. Selain tidak bagus untuk ekadaan mesin cuci (membuat lebih cepat rusak(, mencuci seperti ini akan mengakibatkan kotoran yang ada di pakaian terjebak dan tidak akan bersih dicuci. Percuma bukan Anda sudah lelah mencuci, meluangkan waktu Anda sementara pakaian itu tidak bersih. Untuk mengindari hal ini, sebelumnya Anda harus mengetahui berapa takaran atau kapasitas yang dsediakan oleh mesin cuci tersebut, misalnya 5 atau 10 kg, maka dari itu jangan melebihi dari kapasitas tersebut. Hal ini juga berguna untuk menjaga mesin cuci Anda lebih tahan lama. Menggunakan detergen terlalu banyak bukan berarti Anda dapat mencuci pakaian Aanda lebih bersih, namun hal ini akan membuat pakaian Anda rusak.

Post a Comment for "Cara Merawat Mesin Cuci Piring dan Mesin Cuci Baju"