-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencuci Bersih Dengan Mesin Cuci






Tips Mencuci Bersih Dengan Mesin Cuci

Mencuci adalah salah satu pekerjaan ibu rumah tangga yang tidak ada habisnya. Maka akan sangat lebih mudah jika pekerjaan ini dibantu dengan mesin cuci. Permasalahannya adalah, banyak ibu-ibu yang tidak yakin bahwa mesin cuci bisa mencuci dengan bersih. Padahal mencuci dengan mesin cuci itu bisa sama bersihnya lho dengan mencuci tangan, bahkan dengan noda yang membandel. Pertama- tama kita pilah-pilah dulu pakaian kotor berdasarkan tingkat kesulitan nodanya. 
  • Pakaian yang tidak kotor dan tidak bau. Contohnya, celana pendek yang cuma dipakai bersantai di rumah, baju yang cuma dipakai beberapa jam atau baju baru yang ingin dicuci sebelum dipakai.
  • Pakaian dengan noda dan bau. Biasanya baju kerja suami yang kerahnya kotor, baju dalam, celana dalam, dan baju lain yang memiliki bau tidak sedap.
  • Pakaian anak. Pakaian anak selalu ada noda membandel seperti bekas makanan, lumpur, atau noda lainnya yang membandel. Selain mengelompokkan baju seperti diatas, saya juga memisahkan berdasarkan warnanya untuk menghindari kelunturan.


Mengelompokan Baju Kotor Sesuai Bahan

Nah, setelah mengelompokkan baju kotor, saatnya mencuci! Untuk menu pada setiap mesin cuci berbeda sesuai dengan merknya. Kebetulan saya menggunakan mesin cuci bukaan depan / front loading merk Denpoo. Pada mesin cuci ini terdapat menu Quick, Cotton, Cotton intensif, Woll, Underware, dan lain sebagainya. Dari semua menu itu, hanya dua menu yang saya pakai, yaitu Quick dan Cotton. Saya hampir tidak pernah menggunakan menu lainnya karena memakan waktu yang sangat lama. 
  • Menu Quick membutuhkan waktu yang singkat sekitar 20-30 menit. Menu ini saya gunakan untuk mencuci pakaian yang tidak ada noda dan bau.
  • Menu cotton saya gunakan untuk mencuci pakaian anak dan pakaian dengan noda membandel. Proses mencucinya sekitar 2 jam. Saya tidak menggunakan temperatur karena sangat menguras pulsa listrik.
  • Untuk pakaian dengan noda membandel seperti noda es krim, kerah yang kotor, atau noda lainnya, sebelum memasukkan ke mesin cuci, saya mengolesi noda tersebut dengan detergen.
  • Soda kue juga bisa membantu menghilangkan noda membandel.


Manfaat Soda Kue Untuk Mencuci Baju

Penambahan soda kue ke dalam mesin cuci membuat pakaian lebih bersih. Untuk takarannya suka-suka, kalau saya pakai soda kue sebanyak 1 sendok makan untuk 5 potong baju. Sedikit ulasan dari saya bagi yang ingin membeli mesin cuci. Untuk jenis mesin cuci yang saya pakai adalah mesin cuci front loading. Mengapa saya lebih memilih jenis mesin cuci ini daripada mesin cuci bukaan atas / top loading? 
  • Mesin cuci front loading lebih ramah ke serat pakaian, karena sistem mencucinya dibanting. Berbeda dengan mesin cuci top loading, sistemnya diputar / dipelintir. Hal ini membuat baju menjadi cepat rusak, terutama baju yang berbahan kaos akan cepat melar. Sistem mencuci banting juga membuat pakaian kotor menjadi lebih bersih.
  • Lebih efisen, tidak perlu memindahkan dari tabung mencuci ke tabung pengering. Mesin cuci front loading akan otomatis mencuci dan mengeringkan pakaian, jadi selagi mencuci saya bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.
  • Lebih hemat air. Mesin cuci front loading mengalirkan air secara bertahap, sehingga membuat penggunaan air menjadi lebih hemat.

Kalau orang bilang mesin cuci satu tabung lebih cepat rusak daripada mesin cuci dua tabung, saya kira tidak benar. Buktinya jasa loundry memakai mesin cuci front loading bukan top loading. Tidak mungkin mereka mau menggunkan mesin cuci yang gampang rusak untuk usaha kan? Jadi tergantung kerusakannya apa. Mesin cuci saya pernah rusak, tabungnya tidak mau berputar, tapi setelah diperbaiki bisa berfungsi normal seperti biasa. Nah, itu dia tips mencuci bersih dengan mesin cuci berdasarkan pengalaman saya.


Wajib Melakukan Perawatan Pada Mesin Cuci

Mesin cuci yang terawat dapat bekerja lebih optimal. Metode pembersihan dan pencucian otomatis ini bervariasi tergantung pada produsen. Ada yang memiliki metode membersihkan residu dalam tabung. Ada pula yang dapat mengontrol munculnya jamur dengan teknologi orisinal produsen. Produk dengan fitur time delay akan mempermudahmu aktivitasmu. Sebab, kamu bisa meninggalkan cucian di dalam mesin cuci saat harus mengerjakan kegiatan lainnya. Fitur ini dapat digunakan untuk mengatur waktu selesainya pencucian sesuai dengan keinginanmu. Misalnya, kamu ingin mengatur waktu pencucian agar selesai tepat ketika kamu tiba di rumah usai bekerja. Selain itu, masalah yang kerap dihadapi dalam memicu pertumbuhan jamur dan mencegah bau adalah karena menunda penjemuran pakaian. Untuk itu, kamu bisa memilih fitur untuk mencegah pakaian menjadi bau dan pertumbuhan jamur saat harus menunda penjemuran pakaian. Cermati pilihan mesin cuci sesuai dengan penggunaan harian karena setiap produsen menawarkan variasi berbeda. 

Bagian tabung ini juga tergolong mudah lembap sehingga cenderung memicu timbulnya jamur. Untuk itu, kamu harus rajin membersihkannya. Mesin cuci dua tabung memiliki ukuran paling besar diantara ketiganya. Meski begitu, kamu akan menemukan banyak keuntungan. Jenis mesin cuci ini pas digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel, seperti noda lumpur. Volume air yang dibutuhkannya untuk dapat bekerja optimal memang lebih besar dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci lainnya. Akan tetapi, arus air di dalamnya menjadi lebih kencang sehingga lebih efektif merontokkan kotoran. Sesuai namanya, mesin cuci ini memiliki tabung pencucian dan pengeringan yang terpisah sehingga ukurannya cukup besar. Jika Anda memilih jenis mesin cuci ini, Anda perlu mempertimbangkan luas ruang pencucian. Tak hanya sekadar tahu tentang berbagai jenis mesin cuci, kamu juga harus memahami fungsi dasarnya. Dengan begitu kamu akan akan tahu mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.


Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Namun, jenis mesin cuci mana yang cocok dengan kebutuhanmu? Simak dulu penjelasannya ya! Tipe ini cocok untuk merontokkan kotoran pada pakaianmu. Gaya hidup dan intensitas aktivitas mencuci dapat menjadi pertimbangan dalam memilih mesin cuci. Apabila kamu jarang mencuci atau cenderung menimbun cucian, mesin cuci top loading adalah pilihan tepat. Daya pencuciannya lebih baik dibandingkan dengan mesin front loading. Tipe top loading juga mempunyai desain yang ramping. Tipe ini akan cocok untukmu yang memiliki hunian dengan ruang terbatas. Selain itu, air dan deterjen juga dapat menjangkau are seluruh tabung pencucian. Dengan begitu mesin cuci bisa terbebas dari residu deterjen penyebab jamur. Optimal dalam mengeringkan dan menghemat penggunaan air membuat tipe ini dipilih banyak orang. Mereka yang teratur mencuci setiap hari akan cocok menggunakan tipe ini. Meski begitu, kemampuan jenis front loading ini terbilang kurang optima dalam membersihkan kotoran membandel. Kamu juga membutuhkan ruang yang sedikit luas untuk mengakomodasi pintu yang terbuka ke samping.

Post a Comment for "Cara Mencuci Bersih Dengan Mesin Cuci"