-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Mesi Cuci yang Berkualitas




Tips Memilih Mesin Cuci

Tips memilih mesin cuci yang bagus, awet, tahan lama, hemat listrik dan air bukanlah perkara yang mudah. Setiap merk selalu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri., tnggal bagaimana kita mencermati produk dengan kulitas terbaik. Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik yang dipakai secara berkala dalam jangka waktu yang cukup lama. Membutuhkan perawatan dan pemeliharaan rutin agar kinerjanya tetap optimal ketika digunakan dalam aktivitas sehari - hari. Mesin cuci terbagi menjadi dua jenis yaitu tipe manual dan otomatis, dimana perbedaannya hanya terletak pada cara pengoperasian perangkat tersebut. Untuk mesin cuci 2 tabung, pembilas dan pengering berada pada tempat yang terpisah sehingga harus dipindahkan secara manual. Mesin cuci 1 tabung dengan bukaan atas (top loading) - otomatis. Mesin cuci 1 tabung dengan bukaan depan (front loading) - otomatis. Mesin cuci 2 tabung dengan bukaan atas (top loading) - semi otomatis. Setiap produk elektronik tentunya mempunyai klebihan dan kekurangan masing - masing, karena tidak ada produk yang sempurnya seratus persen.

Biasanya, mesin cuci terbagi menjadi dua, yaitu front loading dan top loading. Top loading adalah mesin cuci dengan jendela pada bagian atasnya, sedangkan front loading memiliki jendela pada bagian depan. 

  • Apabila Anda ingin memilih mesin cuci dengan tipe front loading, namun memiliki anak usia balita, pastikanlah mesin cuci tipe ini memiliki pengaman yang cukup kuat pada bagian jendelanya, untuk menghindari anak menjangkau mesin cuci tersebut.
  • Pertimbangkan fasilitas spin speed dan rinse yang dimiliki mesin cuci. Spin speed merupakan kecepatan pemerasan air pada bilasan terakhir, sehingga pakaian menjadi lebih cepat kering saat dijemur, sedangkan rinse mampu mengatur jumlah air secara otomatis untuk membersihkan busa sabun pada bilasan terakhir.
  • Alangkah sebaiknya apabila mesin cuci yang Anda pilih memiliki beberapa pilihan spin speed yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 
  • Pilihlah mesin cuci yang hemat listrik, waktu dan juga deterjen. Untuk itu, tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencuci dan juga mengeringkan pakaian secara detail.
  • Tanyakan pula waktu garansi dan servis purna jual, dan yang paling penting adalah pilihlah yang memberikan keuntungan lebih banyak bagi Anda sebagai pengguna produk mesin cuci tersebut.
  • Secara umum, terdapat dua jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci dengan satu tabung dan mesin cuci dengan dua tabung, masyarakat biasanya lebih memilih mesin cuci dengan dua tabung, namun terdapat hal yang harus diketahui bagi kita, yaitu mesin cuci dengan dua tabung ini memisahkan antara baju yang dicuci dan baju yang dikeringkan. Namun ada pula yang mengatakan mesin cuci dengan satu tabung lebih efisien dalam hal waktu, karena tidak perlu untuk memindahkan baju yang sudah dicuci ke dalam tabung pengering. Namun hal ini tergantung pilihan masing-masing.


Pentingnya Mesin Cuci di Era Modern saat ini

Beda dahulu, beda sekarang, hal ini berlaku pula dengan cara dan segala yang dilakukan, khususnya yang berhubungan dengan aktivitas di rumah. Apalagi yang berkaitan dengan kebersihan, maka kebutuhan alat rumah tangga menjadi sebuah kebutuhan, begitu pula dengan mesin cuci. Sebagai alat yang dibutuhkan sehari-hari, tentunya dibutuhkan mesin cuci yang kuat dan memiliki kualitas yang baik dan bisa dipakai dalam jangka panjang. Sangat merepotkan apabila ternyata tidak sampai satu tahun mesin cuci kesayangan harus rusak karena salah dalam memilih. Tips memilih mesin cuci akan memberikan pedoman untuk Anda dalam memilih mesin cuci terbaik, sehingga nantinya Anda tidak akan bimbang dalam memilih mesin cuci. Memilih mesin cuci yang bagus, tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dibutuhkan pertimbangan yang matang agar bisa mendapatkan mesin cuci terbaik sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan mesin cuci yang akan dibeli. Adanya kebutuhan, juga perkembangan teknologi membuat segala pekerjaan sehari-hari menjadi ringan, hal ini berlaku pula dengan pekerjaan di rumah, peralatan rumah tangga diharapkan bisa memperingan pekerjaan rumah tangga tersebut.

Salah satu alat yang sangat dibutuhkan di era saat ini adalah kebutuhan atas mesin cuci, dengan adanya mesin cuci tersebut akan semakin memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan rumah tangga tersebut. Sebelum mulai menyisir harga dan produk mesin cuci yang berkualitas, pertimbangkan terlebih dahulu berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi oleh mesin cuci yang akan Anda pilih, seperti jumlah baju yang dicuci setiap harinya, jenis bahan yang dicuci, kapasitas listrik di rumah. Dari pertimbangan tersebut bisa memudahkan Anda dalam memilih mesin cuci. Kapasitas mesin cuci pada umumnya antara 5 kg sampai 12 kg, dan juga harus disesuaikan pula dengan banyak tidaknya jumlah pakaian yang dicuci. Apabila jumlah cucian yang dicuci tidak terlalu banyak, maka cukup memilih mesin cuci dengan kapasitas 5 kg. Jangan memaksa kerja mesin cuci melebihi kapasitas, karena akan memperpendek umur mesin cuci tersebut.


Cara Mencuci Menggunakan Mesin Cuci Front Loading

Jadi anda memasukan pakaian dari depan. Kelebihan - Hasil pencucian paling bersih dibanding jenis lain. Konsumsi listrik dan air lebih hemat dibanding top loading. Resiko kerusakan pada pakaian sangat minim. Pencucian dan pengeringan dalam tabung yang sama. Memakan sedikit tempat dalam ruangan. Pengaturan air sudah otomatis. Termasuk kategori mesin cuci otomatis. Harga paling mahal dibanding top loading atau 2 tabung. Membutuhkan suplai air yang deras. Memasukan dan mengeluarkan cucian harus membungkuk. Cucian akan terkunci di dalam jika listrik padam. Tidak bisa menambahkan cucian jika proses mencuci sudah dimulai, karena terkunci. Mesin cuci 2 tabung dengan pintu terletak diatas tentunya memiliki dua buah tabung yang saling berdampingan dan termasuk jenis mesin semi otomais. Kelebihan - Harga paling mudah dibandingkan dengan 1 tabung top loading maupun front loading. Konsumsi listrik lebih hemat dibanding 1 tabung. Lebih tahan lama dibanding mesin cuci 1 tabung. Biaya perbaikan lebih murah. Memiliki 2 motor, satu motor pembilas dan dua motor pengering.


Keunggulan Mesin Cuci Top Loading

Oleh karena itu, sobat Firdaus Technic Maintenance hanya perlu mengamati keunggulan lantas mengatasi kelemahan yang ada. Mesin satu tabung tipe top loading memiliki tempat pintu masuk pakaian berada pada posisi bagian atas. Produk ini termasuk jenis perangkat otomatis yang cukup populer di kalangan masyarakat. Perangkat bekerja secara otomatis mulai dari proses pembilasan sampai dengan pengeringan. Tabung pencucian dan pengering berada dalam tempat yang sama. Pengaturan air dan detergen sudah otomatis. Memakan sedikit tempat dalam ruangan sehingga lebih praktis. Dapat memuat lebih banyak beban / kapasitas lebih besar. Tingkat pengeringan paling tinggi mampu mencapai 90 persen. Harga lebih murah dibanding dengan mesin cuci front loading. Konsumsi listrik lebih rendah terutama produk berteknologi inverter. Pengaturan terkesan ribet bagi yang kurang paham terutama pengguna baru. Harga relatif lebih mahal daripada jenis mesin cuci 2 tabung. Resiko kerusakan lebih rentan jika salah dalam penggunaan perangkat. Biaya perbaikan dan harga spare part lebih mahal. Mesin cuci tipe front loading umumnya memiliki satu buah tabung dengan pintu yang terletak di bagian depan.

Bisa beroperasi dengan suplai air biasa meskipun tidak deras. Pengoperasian masih manual, cucian harus dipindah dari pembilasan ke pengeringan. Memerlukan campur tangan manusia. Konsumsi air lebih banyak. Kerusakan terhadap pakaian lebih rentan. Kemampuan pengeringan hanya 70% saja. Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Selanjutnya saya akan menjelaskan perihal Tips Memilih Mesin Cuci Yang Bagus dan Tahan Lama. Untuk mengatasi beban biaya listrik tiap bulan, saya lebih menyarankan untuk memilih mesin cuci yang mengguankan daya rendah. Terlepas dari pilihan 1 tabung atau dua tabung, anda bisa membandingkan merk mesin cuci yang satu dengan lainnya. Kemudian pilihlah yang menggunakan daya listrik rendah. Apakah anda akan menggunakan mesin cuci untuk laundry? Atau menggunakan hanya keperluan rumah tangga saja? Di rumah pun, anda dapat mengkondisikan jumlah anggota keluarga dan banyaknya cucian. Tentukan kapasitan mesin cuci hanya sesuai kebutuhan saja. Anda perlu mempertimbangkan lebih baik membeli mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung, otomatis atau semi otomatis.

Post a Comment for "Cara Memilih Mesi Cuci yang Berkualitas"