-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Mesin Cuci Kotor




Awas Mesin Cuci Front Loading Lebih Rawan Jamur, Tips Membersihkan


    Jika mesin cuci mengering dengan benar setelah setiap siklus pencucian, jamur tidak akan memiliki lingkungan yang memadai untuk pertumbuhan. Perhatikan Filter Water Inlet / Selang Air Masuk pada Cucian, Bagian ini saat pencucian menahan air keluar, sehingga jadi tempat paling rawan jamur. Beri perhatian lebih untuk mesin cuci front loading. Mesin cuci bukaan depan mengalami banyak tekanan buruk untuk masalah jamur yang secara konsisten terjadi di bagian dalam segel karet pada pintu mesin cuci, tetapi mesin cuci bukaan atas memiliki masalahnya sendiri. 

    Pintu pada model muatan atas sering kali memiliki bibir logam yang sering terabaikan selama pembersihan. Bibir di bagian bawah tabung juga merupakan area yang terlewat saat mesin cuci sedang dibersihkan. Gasket pada mesin cuci bukaan depan menyegel air selama siklus pencucian, tetapi jika tak dicuci dan dikeringkan dengan benar, paking tersebut menahan kelembaban tersebut lebih lama daripada area lain pada mesin. Desain ini menciptakan tempat yang ideal untuk tumbuhnya jamur, jadi pengeringan udara secara menyeluruh sangat penting. Waspadai ancaman lain selain jamur. Selain jamur, masalah bau juga menjadi ancaman pada kurangnya kebersihan pada mesin cuci. Timbunan rambut, sabun, dan kotoran, sebagai penyebabnya.

    Untuk bahan celana seperti jeans atau material tebal, gunakan siklus Jeans yang bekerja dengan cara pencucian tuntas. Ini ditambah dengan teknologi Wobble pada mesin cuci Samsung yang menghasilkan aliran pencucian multi arah yang dinamis di dalam tabung. Aliran air ini membuat pakaian tercuci bersih namun tidak merusak kain, sekaligus mencegah pakaian menjadi kusut atau terlilit satu sama lain. Penyetrikaan pun kemudian menjadi lebih mudah. 

    Kapan terakhir kali membersihkan tabung mesin cuci? Bagaimana cara membersihkannya? Mesin cuci termasuk peralatan rumah tangga yang sering dilupakan, padahal disamping rutin menggunakan mesin cuci, penting untuk dijaga kebersihannya secara rutin untuk meningkatkan efisiensinya. Pada mesin cuci seperti Samsung Washing Machine Top Load Inverter, pembersihan dapat dilakukan dengan mudah, cukup jalankan siklus Eco Tub Clean dan semuanya terlaksana secara otomatis. Siklus ini bekerja membersihkan tabung dengan gaya putar yang kuat untuk menghilangkan kotoran dan bau tidak sedap dengan menghilangkan 99% kontaminan dari mesin cuci itu sendiri, tanpa menggunakan deterjen.

    Membersihkan mesin cuci jangan hanya dari fisik tabung dna bagian yang kasat mata saja. Ingat, elektronik rumah tangga ini, dalam penggunaannya tak bisa jauh dari air. Karenanya, mesin cuci berpotensi lembap. Air yang terperangkap di tempat yang sulit dijangkau, seiring waktu menciptakan kondisi lembap dan mudah ditumbuhi jamur. Segel, gasket, dan dispenser hanyalah beberapa area yang seringkali dilewatkan saat membersihkan mesin cuci dan ini menjadi tempat pertumbuhan jamur. 

    Pasalnya, pasca mencuci, bagian-bagian tersebut sering tidak mengering secara sempurna. Meskipun kamu tidak dapat melihatnya, jamur dapat dengan mudah menempel pada pakaianmu, menyebabkan masalah pernapasan seperti bersin, batuk, dan mengi. Bahkan ini dapat menyebabkan tubuh kamu mengalami demam. Bagi mereka yang lebih rentan, seperti anak-anak, orang tua, atau orang dengan masalah pernapasan yang sudah ada sebelumnya, konsekuensinya bisa lebih parah.

    Untuk menjaga badan kamu tetap sehat dan pakaian kamu bersih, berikut beberapa cara menghilangkan jamur di mesin cuci. Mengelap agar kering sempurna. Mengelap dan mengeringkan mesin cuci secara detail akan mencegah jamur. Kesalahan terbesar adalah melewatkan bagian yang tak terjangkau mata dan tangan dan membiarkannya basah. Agar tidak ada yang terlewat, lepaskan dispenser sabun, pemutih, dan pelembut agar kamu bisa membersihkannya satu per satu, per bagian dengan pas. Kontaminan termasuk limbah pencucian sebelumnya, serta dari makanan, sisa deterjen, kotoran, dan air keran. Jika dibiarkan, limbah ini dapat mendorong pertumbuhan hingga 14 jenis kuman dan 12 jenis jamur di mesin cuci biasa.

  • Bersihkan bagian dalam tabung mesin cuci menggunakan lap atau sikat dan semprotan pembersih antimikroba, perhatikan gasket karet pada washer muatan depan dan bibir pintu pada washer muatan atas. 
  • Setelah kamu selesai mengelap bagian depan dan dalam mesin cuci, periksa selang di bagian belakang untuk memastikan tidak ada jamur yang menumpuk di konektor selang. 
  • Setelah membersihkan, keringkan setiap bagian dengan hati-hati, dan biasakan untuk memastikan bahwa setiap bagian diberi cukup waktu untuk dikeringkan oleh udara alias diangin-anginkan setelah setiap pencucian. 
  • Handuk atau kain lap dapat membantu mengeringkan bagian-bagian yang dapat dijangkau, tetapi untuk hasil terbaik, biarkan mesin cuci terbuka ke udara, berhati-hatilah dengan area yang memiliki sedikit aliran udara.




Bonus Artikel Bahasan Tentang Kulkas !!!

Bahaya Kulkas Kotor

Beberapa risiko mengintai kulkas yang jarang dibersihkan. Makanan yang tumpah dan mengkontaminasi makanan lain, jamur yang tumbuh di bahan makanan tertentu, atau susu dan yoghurt yang basi, bisa menghadirkan penyakit. Belum lagi bau tak sedap dari bahan makanan basi atau busuk. Fungsi kulkas menjadi terasa lebih penting saat pandemi dalam menjaga kesegaran bahan makanan yang disiapkan keluarga untuk jangka waktu lebih panjang. Berikut cara merawat kulkas di rumah agar kebersihannya tetap terjaga dan kinerjanya maksimal.

  • Periksa kondisi makanan, buang segera yang sudah kadaluarsa dan beri label yang mendekati masa kadaluarsa. 
  • Segera bersihkan tumpahan atau ceceran makanan. Ceceran makanan bisa jadi sarang bakteri. 
  • Bersihkan dengan menggunakan lap kain yang dibasahi dengan air hangat, kemudian keringkan. 
  • Bersihkan eksterior kulkas. Pegangan kulkas adalah salah satu tempat yang paling banyak dilupakan, padahal pegangan mengandung bakteri karena setiap hari dipegang oleh tangan seluruh keluarga. 
  • Bersihkan bunga es jika ada. Bunga es di freezer perlu dicairkan dan dibuang karena menurunkan kinerja pendinginan dan meningkatkan daya listrik yang dikonsumsi, selain menyita ruang sehingga kapasitas freezer menjadi mengecil. Seperti kulkas Samsung Refrigerator Multidoor RF60 telah dilengkapi teknologi yang menghilangkan bunga es secara otomatis, sehingga tidak perlu repot melakukan pembersihan manual. 
  • Bersihkan rak kulkas. Untuk rak yang bisa dilepas, sebaiknya dikeluarkan dari kulkas. 
  • Cuci semua rak dengan menggunakan campuran air dan baking soda, angin-anginkan dahulu sampai kering sebelum dipasang kembali. Setelah semua rak kembali terpasang, masukkan bahan-bahan makanan dengan rapi. Letakkan di tempat yang semestinya dan usahakan kulkas tidak terlalu penuh. 


   Posisikan kulkas dengan posisi yang tepat akan membantu menjaga suhu kulkas. Sebagai panduan, kulkas sebaiknya ditempatkan setidaknya 5 cm dari dinding sisi kiri dan kanan dan 10 cm dari dinding di belakang. Jika kulkas tidak memiliki ventilasi yang baik, suhu freezer dapat meningkat dan makanan beku dapat mulai mencair ketika suhu ruangan secara keseluruhan mulai meningkat, terutama di saat cuaca panas. Selain itu, pastikan kulkas tidak terpapar sinar matahari langsung, yang dapat menyebabkan suhu internal kulkas meningkat.

    Pastikan sayur, buah ataupun daging disimpan dalam suhu yang tepat untuk menjaga kualitasnya, karena kebutuhan tingkat pendinginan berbeda-beda bagi setiap bahan makanan.

Demikian Artikl yang saya tulis Selamat Membaca Semoga Hari-Hari Kakak Menyenangkan 

Post a Comment for "Bahaya Mesin Cuci Kotor"