-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Manfaat Menggunaan Water Heater



Berbagai Tips dalam Penggunaan Water Heater Dengan Baik dan Benar serta Manfaat baik untuk Kita






    Berbagai Tips dalam Penggunaan Water Heater -Air hangat seringkali dibutuhkan oleh orang yang sedang sakit, bayi, dan untuk kebutuhan relaksasi. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang juga memasang water heaterair di rumahnya.Water heater air merupakan teknologi yang dapat menghangatkan air secara otomatis. Teknologi ini biasanya ditempatkan di kamar mandi dan terhubung langsung ke pipa air.

    Tidak perlu repot memasak air terlebih dahulu menggunakan kompor.Saat ini, water heater air tersedia dalam desain yang sederhana namun elegan. Energi yang digunakan juga bervariasi. Mulai dari gas, listrik, dan solar. Sebelum menggunakan water heater air, Anda perlu mengetahui berbagai tips dalam penggunaanwater heater air.




Tips dalam Pemasangan Water Heater


1. Mempersiapkan Jalur Pipa Sirkulasi Air

Saat ingin menggunakan water heater, jalur pipa sirkulasi air harus disiapkan dari awal. Pasalnya, jalur pipa sirkulasi air perlu menembus dinding dan tertata rapi. Jika perlu, sediakan area khusus untuk pemasangan pipa. Pipa air akan digunakan untuk mengalirkan air panas dan dingin. Salah satu karakteristik pipa untuk water heater air adalah tahan terhadap suhu tinggi.




2. Mengecek Tekanan Air

Untuk mendapatkan water heater air yang bekerja maksimal, tekanan air harus tinggi. Dengan demikian air hangat yang dikeluarkan tidak menggenang dan mengganggu aktivitas mandi. Jika tekanan air di rumah Anda terasa rendah, pasang pompa air booster.




3. Sediakan Aksesoris Pendukung Water Heater

Kenyamanan saat menggunakan water heater bisa ditunjang dengan sejumlah aksesoris tambahan. Diantaranya adalah keran pencampur, pancuran, dan selang fleksibel. Keran pencampur terdiri dari tiga jenis keran untuk mengeluarkan air panas, air hangat dan air dingin.

Dengan keran pencampur, Anda hanya perlu memilih salah satu keran untuk mendapatkan suhu air yang diinginkan saat itu juga. Ada juga shower untuk mandi sekaligus relaksasi. Sedangkan selang fleksibel merupakan selang tambahan untuk menambah jangkauan air di kamar mandi.




4. Pilih Water Heater Terbaik

Jika keempat persiapan tersebut sudah dilakukan, maka selanjutnya Anda perlu memilih water heater air yang paling tepat. Anda dapat menggunakan water heater air dari Ariston yang dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan Anda. Baik itu water heater air listrik, gas, tenaga surya, atau bahkan water heater air berbasis rumah pintar, Ariston selalu menawarkan produk dengan desain Italia, efisien, dan penuh solusi sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.




Tips Memilih Water Heater

1. Daya Listrik

Tips pertama untuk membeli water heater air mandi adalah memilih water heater air yang sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah Anda. Sesuaikan dengan kapasitas yang Anda miliki, agar water heater dapat berjalan dengan lancar tanpa mengganggu arus listrik lainnya.

Pada umumnya water heater air dengan kapasitas 15, 20 dan 30 liter dapat digunakan di rumah dengan kapasitas daya listrik 350 hingga 500 watt dengan menyesuaikan tingkat panas air yang dihasilkan.Namun, ada juga penukar panas air yang lebih hemat dan murah, karena memanfaatkan pembuangan panas dari AC ke air panas. Anda juga dapat menggunakan AC dari produk ini.




2. Keamanan

Pilih water heater air listrik yang tidak mudah korsleting dan kerusakan lainnya, pastikan water heater air yang Anda pilih dilengkapi dengan elemen pengaman seperti ELCB, alat pengaman dan sakelar anti kontak di bagian luar. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah water heater yang akan Anda beli dilengkapi dengan sertifikat keamanan dari International Electro-technical Commission dan Singapore Standards.




3. Perhatikan Kapasitas Air

Hal lain dalam memilih water heater air adalah jumlah air yang akan digunakan dengan kapasitas water heater air. Pilih kapasitas water heater air yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah, jumlah kamar mandi dan penggunaan shower atau bak mandi. Penggunaan bathtub biasanya membutuhkan water heater listrik dengan kapasitas 30 liter dan minimal 50 liter jika menggunakan 2 orang.

Sedangkan untuk kamar mandi dengan shower yang digunakan oleh 2 orang, dibutuhkan water heater dengan kapasitas 15 liter. Jadi pertimbangan jumlah penghuni dalam rumah akan berkaitan dengan perbedaan kapasitas tangki air pada water heater yang akan anda beli.




4. Pipa Instalasi

Untuk menghindari kesalahan saat membeli water heater air, tanyakan kepada toko tentang biaya pemasangan dan pipa water heater air. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah mengukur panjang pipa yang dibutuhkan dan menanyakan harga pipa untuk menggunakan water heater di rumah.

Biasanya membutuhkan 2 instalasi pipa yaitu pipa untuk air panas dan air dingin yang nantinya akan berhubungan dengan penempatan water heater di rumah Anda, apakah akan ditempatkan di kamar mandi atau di area lain.




5. Temperatur pada Water Heater

Cara terakhir dalam memilih water heater air yang tepat adalah dengan memastikan alat bekerja dengan efisien. Water heater air ada yang memiliki suhu konstan dan ada pula yang selalu berubah-ubah.

Water heater air yang memiliki suhu konstan akan menghemat waktu saat menyalakan kran air, karena Anda tidak perlu repot lagi mengatur suhu pada badan yang pas. Sedangkan water heater air memiliki suhu yang selalu berubah-ubah, Anda dapat mengubahnya menjadi suhu panas atau dingin.




6. Tips Menghemat Water Heater di Rumah

Jika Anda menggunakan water heater air yang menggunakan tenaga listrik atau gas, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan unit Tankless. Water heater air tanpa tangki menghasilkan air panas hanya saat dibutuhkan, tidak disimpan di tangki untuk digunakan nanti. Awalnya memang sedikit mahal, namun kedepannya penggunaan tankless akan jauh lebih hemat.
Turunkan suhu water heater air hingga 120 derajat. Hal ini dapat menghemat konsumsi energi dan mencegah kecelakaan akibat air yang terlalu panas.
  • Tempatkan water heater air sedekat mungkin dengan lokasi yang sering menggunakan air panas, seperti kamar mandi. Dengan mengurangi jarak saluran air panas, setidaknya bisa lebih menghemat energi.
  • Saat menggunakan water heater air listrik, yang terbaik adalah mematikannya saat tidak digunakan.
  • Pastikan untuk memilih water heater air dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Jika terlalu besar akan membuang energi dengan sia-sia.




Manfaat Menggunakan Water Heater


1. Lebih Hemat

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan water heater air akan memakan biaya listrik yang tidak sedikit. Memang ada beberapa produk water heater air yang memiliki kapasitas tangki yang sangat besar sehingga membutuhkan daya listrik yang sama. Meski begitu, ternyata ada juga beberapa mesin water heater yang berkapasitas 30 liter sehingga cocok untuk kebutuhan rumah tangga.




2. Aman untuk Bayi

Air hangat yang diproses melalui water heater cenderung lebih aman dibandingkan kompor gas. Biasanya water heater air memiliki lapisan anti bocor dan sistem keamanan berlapis untuk melindungi water heateran.

Hal ini tentu berbeda dengan air hangat yang dihasilkan oleh kompor gas karena tidak memiliki pelindung anti bocor sehingga dan fitur keselamatan lainnya membuatnya lebih berbahaya untuk bayi. Dengan menggunakan water heater air, keluarga Anda selangkah lebih aman dan nyaman dalam memenuhi kebutuhan air hangatnya.




3. Lebih Praktis dalam Persediaan Air Panas

Pada saat-saat tertentu misalnya saat tubuh terasa lelah atau saat pikiran terasa “pusing”, mandi air panas juga terasa nikmat. Adanya water heater yang semakin praktis membuat ketersediaan air panas semakin mudah.




4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan menggunakan air panas untuk mandi, maka Anda telah melakukan cara hidup sehat agar awet muda dan terhindar dari penyakit. Penggunaan water heater ini lebih praktis dan nyaman, Anda tidak perlu merebus air lagi untuk mandi atau keperluan lainnya. Dengan cara ini, kualitas hidup Anda secara otomatis akan meningkat. Dengan demikian, memiliki water heater air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat hidup Anda lebih sehat dan bebas dari penyakit.




Demikian ulasan tentang Berbagai Tips dalam Penggunaan Water Heater, semoga bermanfaat.








Post a Comment for "Tips dan Manfaat Menggunaan Water Heater"