-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Microwave

 






Tips Menggunakan Microwave Supaya Aman



    Tips Menggunakan Microwave Supaya Aman -Microwave adalah perangkat yang menggunakan gelombang mikro yang diserap oleh molekul air dalam makanan. Molekul air ini bergetar dan menghasilkan panas. Itu sebabnya makanan yang dihangatkan dalam microwave, bagian dalamnya akan lebih panas daripada permukaannya.

    Kemampuan Microwave ini sangat membantu ketika Anda sangat membutuhkan banyak proses pemanasan makanan dalam waktu singkat. Karena peralatan ini memiliki kondisi khusus, Anda harus memperhatikan tips menggunakan microwaveagar tetap aman dan efisien.





Tips Menggunakan Microwave


1. Gunakan Wadah Khusus yang Tahan Microwave

Setiap kali Anda memasukkan wadah makanan ke dalam microwave, pastikan Anda menggunakan wadah yang aman, yaitu wadah yang khusus dibuat untuk microwave. Brankas microwave biasanya terbuat dari plastik dan memiliki tanda khusus “Microwave Safe” di bagian bawah.

Wadah yang tidak aman untuk microwave dapat berubah bentuk, meleleh atau bahan kimia yang terkandung dalam wadah dapat terurai dan bercampur dengan makanan atau menguap sebagai asap berbahaya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menghindari penggunaan wadah logam untuk memanaskan makanan dalam microwave karena dapat menimbulkan percikan api.




2. Perhatikan Tutup Wadah yang Tahan Microwave

Jika Anda menutup wadah makanan saat memasak dalam microwave, pastikan wadah tersebut memiliki lubang ventilasi. Jika tidak, wadah yang tertutup rapat dapat menghasilkan semburan panas yang berbahaya saat tutupnya dibuka setelah makanan dimasak. Perhatikan juga bahwa meskipun Anda pernah menggunakan wadah yang berlogo “Microwave Safe”, bisa jadi tutup wadah tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave.




3. Hati-hati dengan Panas di dalam Makanan

Setelah makanan matang, diamkan beberapa menit dan jangan langsung dimakan, karena bagian dalam makanan yang dimasak dengan microwave biasanya lebih panas dari permukaan makanan. Meski terkadang wadah masih terasa dingin, makanan di dalamnya masih bisa sangat panas. Berhati-hatilah saat mengeluarkan makanan dari wadahnya.




4. Jangan Membuka Pintu Microwave yang Sedang Beroperasi

Jangan gunakan microwave jika pintunya rusak atau tidak dapat ditutup rapat. Microwave harus tertutup rapat saat beroperasi. Dan jangan membuka pintu Microwave saat sedang beroperasi. Bahkan jika makanan Anda terbakar di dalam, jangan membuka pintu microwave. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda harus menghentikan proses memasak microwave adalah mematikan daya microwave Anda.

Sebelum mengoperasikan microwave, baca dengan cermat dan ikuti semua instruksi dalam manual. Jangan gunakan alat ini jika pintu atau kotaknya penyok atau rusak. Juga jangan pernah mengoperasikan microwave dengan pintu terbuka. Microwave yang baik, biasanya dilengkapi dengan kunci dan pengontrol yang akan mematikan microwave secara otomatis jika pintunya terbuka.




5. Perhatikan Kematangan Makanan

Microwave memasak makanan dengan panas dari radiasi. Hal ini menyebabkan pematangan beberapa jenis makanan terkadang tidak merata, terutama daging mentah. Jadi, pastikan microwave Anda cukup panas untuk memasak dan membunuh bakteri di dalam daging. Untuk makanan kaleng, memasak di atas kompor akan lebih aman. Karena suhu dalam microwave biasanya tidak cukup tinggi untuk membunuh bakteri yang mungkin menempel saat membuka kaleng.




Tips Cara Memilih Microwave Yang Bagus


1. Jenis Microwave

Bagian tersulit tentang membeli microwave adalah membuat pilihan tentang mana yang akan dibeli. Ada tiga jenis oven microwave yang tersedia di pasaran, yaitu microwave Solo microwave (bake microwave), microwave tunggal (single microwave), dan microwave konveksi (microwave konveksi).




2. Grill Microwave

Grill microwave dilengkapi dengan beberapa aksesori pemanggang tambahan. Mereka paling cocok untuk memanggang daging dan sayuran yang empuk. Jenis microwave ini dapat digunakan untuk memasak sederhana, seperti membuat popcorn, memasak nasi atau pasta, atau menyeduh susu, kopi, atau teh. Grill Microwavejuga dapat memanaskan makanan dan juga minuman, serta mencairkan makanan yang beku.




3. Solo Microwave

Solo microwave merupakan kategori microwave untuk memasak yang sederhana. Microwave solo adalah microwave yang lebih mendasar. Oven ini bagus untuk melakukan pemanasan ulang, memasak sekaligus mencairkan bunga es akan tetapi tidak memanggang atau memanggang.




4. Convection Microwave

Convection microwave mempunyai kipas dan juga elemen pemanas yang dapat menciptakan pola aliran udara pada microwave. Jika Anda mengandalkan microwave untuk lebih dari sekadar pemanasan ulang, maka Convection microwave adalah pilihan yang tepat.




5. Tentukan Ukuran yang Diinginkan

Microwave tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 25 × 45 × 36 cm hingga 36 × 61 × 52 cm. Dalam memilih ukuran microwave yang tepat, Anda perlu menentukan di mana microwave akan ditempatkan. Setelah itu, perhatikan ukuran meja dapur dan perkirakan jumlah makanan yang akan dimasak. Jadi, ukur ruang yang akan digunakan microwave Anda sebelum membelinya.




6. Tentukan Kapasitas Internal yang Dibutuhkan

Kapasitas internal microwave berkisar dari kurang dari 30 cm kubik hingga lebih dari 60 cm kubik. Ukuran ini biasanya tertera pada kotak kemasan kardus. Ketika Anda mengetahui kapasitas internal, Anda dapat menentukan apakah makanan favorit Anda dapat masuk ke dalam microwave atau tidak.




Ragam Fitur Microwave

Berikut merupakan fitur umum yang harus diperhatikan ketikaakan membeli microwave :


1. Konsumsi Daya

Hampir seluruh microwave dilengkapi dengan adanya pengaturan daya, dimana semakin tinggi voltase, maka akan semakin efisien dan cepat. Jika Anda menyiapkan makanan berat atau besar, pertimbangkan untuk menggunakan microwave yang lebih kuat.




2. Masak Otomatis

Jika Anda adalah seseorang yang tidak ingin repot memasak, microwave dengan opsi memasak otomatis adalah yang Anda butuhkan. Namun, microwave murah biasanya tidak memiliki fitur ini.




3. Mencairkan

Ini adalah fungsi khusus dari microwave untuk memanaskan makanan beku.




4. Child Lock

Jika Anda memiliki anak di rumah, mungkin akan terjadi kecelakaan saat mereka memasukkan tangan ke dalam microwave. Jadi, pilihlah microwave yang memiliki fasilitas child lock. Umumnya, kunci anak difasilitasi dengan bantuan kode yang berfungsi seperti kata sandi untuk membuka pintu microwave.




5. Menu Masak Otomatis

Fitur masak otomatis memasak dengan microwave dengan cukup mudah. Saat memasak dalam microwave, Anda perlu mengatur beberapa pengaturan, seperti watt daya dan durasi memasak, yang mungkin sulit bagi pemula.

Namun dengan fitur menu masak otomatis ini, Anda tinggal menentukan jenis masakan yang ingin dimasak. Tergantung pada makanannya, microwave akan secara otomatis menyesuaikan watt dan waktu daya.




6. Pilih Microwave dengan Turntable

Microwave dengan turntable memiliki keunggulan dalam mempermudah proses memasak, yaitu Anda tidak perlu repot membalik piring saat memasak. Microwave dengan meja putar akan melakukannya secara otomatis, sehingga makanan Anda matang lebih merata.




7. Pastikan Bergaransi

Hal terpenting saat membeli barang elektronik adalah garansi. Sebab, tidak ada yang menjamin produk yang Anda dapatkan sempurna dan berfungsi dengan baik selamanya.




Kelebihan Microwave

    Seperti disebutkan di atas, keuntungan utama microwave adalah kecepatannya. Jika biasanya kita membutuhkan waktu setengah jam untuk membuat masakan menggunakan kompor, maka dengan menggunakan microwave kita hanya membutuhkannya saja. Tentu ini juga sangat hemat energi.

    Selain menghemat waktu untuk membuat masakan, penggunaan microwave juga menghemat waktu untuk memanaskan makanan beku. Mencairkan makanan beku hanya dalam hitungan detik atau menit, lho. Rasa dan tekstur makanan ini tidak berubah saat dihangatkan dalam microwave.

    Setelah menggunakan microwave, kita juga tidak perlu repot mencuci peralatan masak karena tidak ada sisa makanan yang menempel di peralatan masak. Kelebihan lainnya adalah makanan akan matang dengan sempurna, dan juga bisa memasak makanan rendah lemak.




Kekurangan Microwave

    Selain berbagai kelebihan, gelombang mikro juga memiliki kekurangan. Misalnya: makanan tidak akan berwarna cokelat seperti warna cokelat yang dihasilkan saat dimasak di oven, tidak mungkin membuat chapati atau tandoori atau telur rebus dalam microwave, dan terkadang bahan kimia dalam peralatan makan dapat berpindah ke makanan saat dipanaskan dalam oven. microwave.

     Kekurangan lainnya, waktu memasak yang singkat tidak memungkinkan kita untuk menggabungkan berbagai rasa menjadi satu, dibandingkan dengan cara memasak konvensional. Kemudian, saat menggunakan microwave, kita harus selalu berhati-hati dalam mengoperasikannya, agar wadah yang digunakan tidak berubah bentuk karena menentukan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu lama untuk menghangatkan makanan.

Demikian ulasan tentang Tips Menggunakan MicrowaveSupaya Aman, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Microwave"