-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Kulkas Yang Tepat




Beberapa Tips Memilih Kulkas yang Awet dan Tahan Lama




    Beberapa Tips Memilih Kulkas yang Awet dan Tahan Lama Apa jadinya jika di rumah tidak ada lemari es, maka makanan dan minuman yang semula dimaksudkan untuk dijatah beberapa minggu ke depan akan cepat busuk atau kadaluarsa sebelum waktunya.Sementara itu, tidak mungkin jika setiap hari harus memasak dalam jumlah banyak. Sehingga, masyarakat saat ini sangat bergantung pada kulkas untuk menjaga kesegaran makanan atau minuman yang akan dikonsumsi sehari-hari.

    Tak hanya itu, bahan makanan yang lebih segar tentunya lebih sehat dan dari segi rasa, memberikan rasa yang lebih mantap di lidah. Terdapat banyak jenis sekaligus produk kulkas yang ditawarkan. Tapi, bagaimana cara mendapatkan kulkas yang awetdan tahan lama.Memilih lemari es yang baik membutuhkan pertimbangan yang matang. Jangan hanya mengandalkan harga kulkas yang mahal, tapi anda juga harus mempertimbangkan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan.

    Karena itulah memilih lemari es yang bagus dan tahan lama membutuhkan pertimbangan yang matang. Selain itu, anda harus lebih jeli dalam memilih kulkas yang hemat listrik. Ingat, kulkas akan terus menyala setiap hari selama 24 jam penuh. Berikut beberapa tips mendapatkan kulkas yang awet dan tahan lama.






Tips Memilih Kulkas


1. Pilih Kulkas Sesuai Jenisnya

Memilih kulkas yang baik tentunya harus disesuaikan dengan jenisnya. Ada beberapa jenis lemari es di pasaran. Lemari es harus anda pilih sesuai dengan jenis dan fungsinya. Secara umum lemari es dibedakan menjadi dua jenis, yaitu lemari es satu pintu dan lemari es dua pintu. Biasanya kulkas dua pintu memiliki kapasitas freezer yang lebih besar daripada kulkas satu pintu. Jadi, anda bisa menyimpan lebih banyak makanan beku di lemari es.



2. Perhatikan Ukuran Kulkas

Selain jenisnya, untuk memilih kulkas yang baik untuk rumah Anda, Anda juga harus mempertimbangkan ukurannya. Jangan hanya mengandalkan bentuk dan merek terkenal. Pastikan Anda menyesuaikan ukuran lemari es dengan ruang di dalam rumah.




3. Dimensi

Anda dapat membeli lemari es dengan ukuran yang besar, tetapi Anda juga harus mengetahui dimensi lemari es tersebut, apakah dapat ditempatkan di dapur anda. Semakin besar volume lemari es, semakin besar dimensinya. Sebaiknya jangan membeli lemari es yang memakan tempat, jangan membeli lemari es berukuran jumbo untuk diletakkan di sudut yang sempit. Selain merusak interior rumah Anda, kulkas berukuran besar juga akan membuat ruangan semakin sesak.




4. Cek Fitur yang Ditawarkan

Setelah memperhatikan jenis dan ukurannya, cara memilih kulkas yang baik selanjutnya adalah dengan memeriksa fitur-fitur yang ditawarkannya. Setiap merek kulkas memiliki fitur unggulannya masing-masing. Yang paling populer adalah fitur bebas embun beku, bebas es, dan fitur ramah lingkungan.

Kulkas yang baik juga dilengkapi dengan fitur multi aliran udara. Fitur yang satu ini memiliki kemampuan mendinginkan kulkas secara merata ke setiap sudutnya. Anda juga harus memperhatikan fitur wadah saat memilih lemari es. Baik itu wadah khusus untuk telur, sayur, buah, dan minuman, pastikan setiap rak bisa diatur sesuai fungsinya.




5. Pilih Kulkas Hemat Listrik

Tentu Anda tidak ingin tagihan listrik membengkak karena salah membeli kulkas. Oleh karena itu, pilihlah lemari es yang hemat listrik. Kulkas yang baik dan hemat listrik dilengkapi dengan teknik inverter. Alhasil, tagihan listrik tetap aman.




6. Cek Kualitas Kulkas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan hanya mengandalkan harga kulkas yang mahal. Pastikan untuk selalu memeriksa kualitas dengan teliti untuk mendapatkan kulkas terbaik. Yang paling aman adalah memilih merek kulkas yang sudah terpercaya. Namun jika ingin lebih berhati-hati, Anda bisa memperhatikan bahan lemari es yang digunakan.

Saat ini bahan lemari es terbaik adalah PCM (Pre Coated Material), karena anti gores, anti karat, dan selalu terlihat mengkilat. Yang tak kalah penting, pastikan untuk memperhatikan pintu kulkas, ya! Pastikan pintu kulkas bisa tertutup rapat, dan kaki-kaki terlihat kuat dan kokoh.




7. Perhatikan Harga Kulkas

Harga kulkas relatif relatif, tergantung masing-masing keunggulan yang ditawarkan. Maka dari itu pastikan membeli kulkas sesuai dengan keuangan dan kebutuhan. Jangan membeli kulkas karena terlihat bagus dan mewah, tetapi tidak mempertimbangkan kondisi keuangan anda.




8. Beli Kulkas di Tempat Terpercaya

Untuk mendapatkan kulkas yang bagus tentunya harus membelinya dari tempat yang terpercaya. Selain itu, coba tanyakan secara detail mengenai spesifikasi kulkas yang akan dibeli, baik dari kelebihannya, hingga garansi resmi yang diberikan. Jangan anggap enteng, karena garansi adalah penyelamat anda jika kulkas rusak di dalam mesin.




9. Teknologi Pendingin

Kulkas 1 atau 2 pintu yang dijual di pasaran umumnya memiliki label. Tips selanjutnya untuk membeli lemari es baru atau bekas adalah dengan memperhatikan label lemari es, apakah jumlahnya 3 atau 5 buah, angka ini menentukan teknologi pendingin yang digunakan.

Kulkas berlabel 3 bintang menunjukkan kemampuan pendinginan yang ditawarkan oleh -150 derajat Celcius, sedangkan lemari es berlabel 5 bintang dapat menghasilkan suhu dingin hingga -210 derajat Celcius. Perbandingannya cukup jauh.





Tips Merawat Kulkas yang Benar


1. Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Membersihkan lemari es sangat penting dilakukan agar awet. Jika tidak sering dibersihkan, maka akan terjadi penumpukan kotoran di dalam lemari es yang dapat mengganggu kinerja lemari es. Selain itu, kulkas yang kotor juga dapat menimbulkan bakteri yang dapat mencemari makanan yang disimpan di dalamnya.




2. Bersihkan Kotak Freezer dari Bunga Es

Setiap lemari es pasti memiliki kotak freezer yang berguna untuk membekukan makanan. Khusus untuk lemari es satu pintu, seringkali Anda dapat menemukan banyak es di dalam freezer. Meski jarang, bunga es juga bisa ditemukan di lemari es 2 pintu. Es yang menumpuk membuat kinerja lemari es semakin berat.

Oleh karena itu, disarankan untuk mencairkan es setiap 2 minggu sekali. Beberapa lemari es dilengkapi dengan fungsi Defrost untuk mencairkan dengan cepat. Setelah es mencair, segera buang sisa airnya dan keringkan freezer sisa air tersebut dengan kain kering.




3. Isi Kulkas Secukupnya

Setiap jenis lemari es memiliki kapasitas maksimumnya masing-masing. Jangan mengisi lemari es secara berlebihan karena dapat merusak lemari es itu sendiri. Isi dengan makanan dan minuman yang cukup. Botol dan mangkuk minuman berat dapat merusak rak atau laci penyimpanan makanan. Pengerjaan lemari es juga lebih berat karena harus mendinginkan isi lemari es yang melebihi kapasitas yang seharusnya.




4. Jangan Biarkan Kulkas Kosong

Sama seperti mengisi kulkas terlalu penuh, membiarkan kulkas bekerja dalam keadaan kosong juga tidak baik. Saat kosong, lemari es terus berupaya mendinginkan sesuai suhu yang disetel. Jika lemari es kosong, kulkas akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu, yang dapat mengakibatkan pemborosan listrik. Jika tidak ada makanan di lemari es, sebaiknya cabut steker lemari es. Jika ingin tetap menyala, Anda bisa menghemat botol air minum agar kerja kulkas tidak terlalu berat.




5. Sesuaikan Suhu Kulkas dengan Isinya

Menyesuaikan suhu lemari es adalah salah satu cara merawat lemari es dengan benar. Jika Anda akan menyimpan daging, ayam, dan ikan, sebaiknya turunkan suhunya agar lebih dingin. Tujuannya untuk mencegah makanan menjadi basi.

Hindari menyetel suhu lemari es terlalu rendah karena membuat lemari es bekerja ekstra. Selain itu, tagihan listrik rumah Anda juga akan lebih boros. Jika hanya ada buah dan sayuran di lemari es, suhu lemari es bisa sedikit dinaikkan agar tidak terlalu dingin. Selain bisa menjaga bahan makanan lebih tahan lama, mengatur suhu lemari es juga bisa menghemat listrik.




6. Cabut Kabel Kulkas Saat Listrik Padam

Ini adalah salah satu cara merawat kulkas agar tidak cepat rusak. Saat listrik padam, segera cabut steker kulkas. Tujuannya agar kompresor direset ke posisi awal. Catu daya yang tidak disetel ulang dapat menyebabkan lemari es cepat rusak. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari lemari es dialiri listrik oleh tegangan listrik yang tidak stabil saat listrik menyala. Setelah daya hidup kembali, tunggu seandar 5 menit sebelum mencolokkan kembali kabel.
Demikian ulasan tentang Beberapa Tips MemilihKulkas yang Awetdan Tahan Lama, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memilih Kulkas Yang Tepat"