Cara Mengatasi Korsleting Listrik - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Korsleting Listrik



10 Tips Mengidentifikasi Dan Memperbaiki Korsleting Listrik



Memperbaiki korsleting listrik bisa tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi tidak harus demikian. Bagi kebanyakan orang, diagram hubung singkat terlihat seperti skema kapal roket. Jika Anda pernah berurusan dengan korsleting listrik tanpa pengalaman sebelumnya, Anda mungkin tahu betapa frustasinya itu. Informasi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu Anda mengidentifikasi korsleting listrik, dan apa yang harus Anda lakukan saat menemukannya. Baca terus untuk 10 tips kami untuk mengidentifikasi dan memperbaiki korsleting listrik di bawah ini.



1. Shorts Terjadi di Sirkuit

Listrik mengalir dalam suatu rangkaian. Hubungan pendek terjadi ketika aliran energi bergerak di luar aliran yang dimaksudkan. Apa pun penyebab gangguan ini, Anda harus segera mengatasinya. Jika tidak, korsleting dapat berbahaya bagi Anda dan peralatan atau pemutus arus, serta dapat menyebabkan kebakaran.

Anda dapat mengidentifikasi sekring pendek yang putus, pemutus tersandung, atau suara letupan saat Anda menghidupkan alat. Setelah Anda menentukan ada kekurangan, Anda dapat mulai mempersempit penyebab dan solusinya.



2. Pisahkan Sirkuitnya

Saat memperbaiki korsleting listrik, pertama-tama cobalah untuk mengisolasi sirkuit. Setiap outlet di rumah Anda menerima daya dari pemutus. Setiap pemutus memiliki outlet dan peralatan di sirkuit yang sama. Misalnya, lemari es, kompor, dan peralatan Anda di sepanjang satu dinding mungkin termasuk dalam sirkuit yang sama. Perangkat dan outlet di dinding yang berdekatan mungkin milik sirkuit lain. Mengidentifikasi sirkuit berpotensi akan memilih pemutus mana yang mungkin Anda tangani dalam prosesnya. Tentu saja, mematikan pemutus yang tepat dapat meredakan ketakutan Anda akan kejutan atau membuang lebih banyak sekring.



3. Periksa Peralatan di Sirkuit yang Terkena Dampak

Periksa semua peralatan yang terhubung ke sirkuit yang sama. Cabut masing-masing dan periksa kerusakan yang terlihat, seperti:
Isolasi kawat meleleh



4. Asap yang keluar dari motor alat

Setelah Anda mencabut semuanya, memperbaiki korsleting listrik semudah mengatur ulang pemutus arus. Jika tidak, Anda mungkin harus mengganti sekering. Ini biasanya sejauh masalahnya, tetapi ada kalanya Anda harus melampaui serangkaian tindakan ini.



5. Anda Membutuhkan Alat yang Tepat

Memperbaiki short memerlukan beberapa alat khusus yang tidak ada di kotak peralatan biasa. Ini juga membutuhkan beberapa alat umum. Sebelum Anda mulai memperbaiki short, pastikan Anda memiliki yang berikut ini:
Volt/ohm meter – Juga disebut multimeter, ini dapat mengukur resistansi, tegangan, dan ohm.
Obeng – Tergantung pada stopkontak dan alat yang dimaksud, Anda mungkin memerlukan obeng pipih atau obeng kepala Philips.
Tang – Anda dapat menggunakan ini untuk melepas kabel dan elemen lain yang sedang Anda kerjakan.
Penari telanjang kawat – Anda mungkin perlu mengekspos lebih banyak kabel untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik.

Memiliki semua hal di atas dapat membuat proyek Anda bergerak lebih cepat. Juga, Anda dapat menggunakannya kapan saja Anda memiliki masalah listrik untuk ditangani di masa depan.



6. Lepaskan Kabel

Matikan sirkuit dengan menekan sakelar. Jika tidak, Anda dapat melepas sekering. Ubah pengaturan pada multimeter Anda menjadi volt. Pastikan pandangan membaca nol volt dengan menempatkan probe logam ke dalamnya. Anda kemudian dapat melepas wadah menggunakan obeng dan tang. Lepaskan kabel setelah itu.



7. Periksa Kabel

Ingin tahu bagaimana menemukan korsleting dengan multimeter? Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah ada daya yang berasal dari masing-masing kabel menggunakan volt/ohm meter Anda dengan menyetel alat Anda ke ohm. Anda mungkin perlu menggunakan penari telanjang kawat untuk mengekspos bagian kawat yang telanjang. Hubungkan satu ujung meteran ke kabel hitam dan yang lainnya ke kabel putih. Pembacaan ohm tak terbatas (OL) berarti stopkontak adalah penyebabnya dan Anda harus menggantinya. Jika multimeter Anda menunjukkan kontinuitas, kemungkinan arus pendek ada di dalam kabel atau pemutus sirkuit Anda.



8. Lepaskan Kabel Pemutus

Untuk melanjutkan memperbaiki korsleting listrik, matikan daya ke pemutus utama. Lepaskan penutup dari kotak, serta kabel dari pemutus masalah. Jangan lupa cabut juga kabel putihnya.



9. Periksa Pemutusnya

Ulangi proses pemeriksaan pemutus dan kabel di dalam pemutus. Jika multimeter Anda menunjukkan ohm tak terbatas, ganti pemutus. Jika kabel pemutus memiliki nol ohm, kabel adalah penyebab korsleting. Ganti kabel untuk memperbaiki korsleting listrik.



10. Anda Dapat Mencegah Arus Pendek

Anda dapat menghindari memperbaiki korsleting listrik dengan mengambil tindakan pencegahan. Sesekali periksa kotak pemutus, peralatan, dan stopkontak Anda untuk mencari tanda-tanda kerusakan. Jika Anda melihat kerusakan pada stopkontak atau pemutus, hentikan penggunaannya. Bicaralah dengan ahli listrik untuk memperbaiki masalah segera. Periksa peralatan untuk kabel split dan jangan gunakan jika kabel telanjang terlihat.



Jangan Takut Memanggil Ahlinya

Jika memperbaiki korsleting listrik tidak ada di ruang kemudi Anda, kami mengerti. Saat mencoba mengidentifikasi dan memperbaiki short, ada banyak langkah dan kabel yang terlibat. Jika Anda tidak memiliki waktu, pengetahuan, atau alat untuk merawatnya, hubungi teknisi listrik darurat kami . Kami menangani keadaan darurat listrik Anda ketika itu terjadi, sehingga Anda dapat menjalani hari (atau malam) Anda tanpa harus khawatir tentang masalah listrik. Ingat layanan darurat Suncoast 24/7 saat Anda membutuhkan perbaikan masalah listrik Anda.


Post a Comment for "Cara Mengatasi Korsleting Listrik"