Cara membersihkan AC Anda - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membersihkan AC Anda

Membersihkan filter pada AC Anda dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi udara.


    Sangat penting untuk membersihkan AC Anda untuk menjaga kualitas udara yang baik di rumah Anda. Filter di dalam AC dirancang untuk menangkap debu (dan terkadang polutan lain seperti serbuk sari dan bakteri), tetapi jika tidak dibersihkan secara teratur, filter dapat menyumbat dan mengumpulkan kelembapan dan bahkan jamur.

    Membersihkan AC Anda secara teratur juga berarti efisiensi energi yang lebih baik dan biaya operasional yang lebih rendah. Semakin tersumbat saringan debu dan bagian dalam mesin, semakin berat pula kerja yang harus dilakukan untuk memindahkan udara, begitu juga dingin atau panasnya.


Saran berikut didasarkan pada AC split-system (jenis yang paling umum di rumah-rumah Indonesia) tetapi juga berlaku untuk Apartement dan gedung perkantoran.


Di halaman ini:

  • Periksa petunjuknya
  • Cara membersihkan filter dan kisi-kisi pada AC Anda
  • Cara membersihkan unit outside AC Anda
  • Dapatkan AC Anda diservis dan dibersihkan secara profesional
  • Lembar contekan pembersihan AC
  • Periksa petunjuknya

Penyejuk udara Anda seharusnya dilengkapi dengan instruksi guide yang merinci cara mengakses dan membersihkan filter udara dan bagian lain yang dapat dirawat pengguna. Jika Anda tidak memiliki buku itu lagi, Anda mungkin dapat mengunduh salinan dari situs net produsen.


Perlu diketahui: Pastikan unit Indoor dimatikan  sebelum Anda melakukan perawatan apa pun di atasnya.






Cara membersihkan filter dan kisi-kisi pada AC Anda


Bersihkan filter debu unit dalam ruangan

    Unit AC dalam ruangan memiliki filter debu yang perlu dibersihkan secara teratur. Semakin tersumbat filter, semakin keras AC harus bekerja untuk mendorong udara melewatinya. Itu bisa berarti biaya operasional yang lebih tinggi.


    Biasanya masalah sederhana membuka penutup plastik dan melepas filter (mungkin ada lebih dari satu). Jika Anda tidak dapat dengan mudah mencapai unit dalam-ruangan, gunakan tangga kecil.


    Produsen biasanya menyarankan Anda membersihkan filter debu setiap beberapa minggu, tetapi itu sangat tergantung seberapa sering Anda menggunakan AC Anda. Sederhananya, semakin sering Anda menggunakannya, semakin sering Anda harus membersihkan filter. Setidaknya, bertujuan untuk membersihkannya beberapa kali dalam setahun. Misalnya, jika Anda terutama menggunakan unit di musim panas, bersihkan filter di musim semi sehingga siap untuk musim puncak, dan lagi saat musim panas berakhir.


    Beberapa mannequin juga memiliki filter pemurnian udara (seperti filter pengion) yang dapat dilepas dan dibersihkan. Jenis filter ini pada akhirnya perlu diganti, mungkin setiap satu atau dua tahun, tergantung penggunaan. Periksa petunjuk cara membersihkan atau mengganti filter ini.

    Ambil filter debu di luar untuk menyikat atau mengocok dengan baik. Mereka biasanya juga dapat disedot untuk pembersihan menyeluruh – gunakan kepala sikat debu penyedot debu jika Anda memilikinya.

    Jika filter debu sangat kotor dan kotor, Anda dapat mencucinya dengan air hangat dengan sedikit deterjen ringan dan membilasnya hingga bersih. Pastikan mereka benar-benar kering sebelum memasukkannya kembali ke dalam unit.



Cara membersihkan kisi-kisi AC Anda

    Anda juga dapat melepas kisi-kisi unit dalam-ruang (bilah berosilasi yang mengarahkan aliran udara). Beri mereka, dan ruang di belakang mereka di dalam unit, pembersihan menyeluruh dengan kain kering atau dengan penyedot debu. Sekali lagi, pastikan unit AC dimatikan sebelum Anda melakukan ini.


Cara membersihkan unit outdoor AC Anda

    Jauhkan unit kompresor luar ruangan dari rumput dan tanaman di sekitarnya, dan bersihkan debu, daun, dan sarang laba-laba secara teratur.

    Menjalankan penyedot debu di atas saluran masuk udara dapat membantu membersihkan debu dari dalam.

    Kami tidak menyarankan Anda membuka unit untuk membersihkan komponen internalnya serahkan pada layanan profesional.


Dapatkan AC Anda diservis dan dibersihkan secara profesional

    Sistem pendingin udara Anda harus diservis secara profesional secara teratur – petugas servis akan memeriksa tingkat gasoline pendingin, menguji termostat, dan memastikan semua bagian dalam dalam kondisi baik. Ini akan membuat unit tetap berjalan selama bertahun-tahun.

    Beberapa produsen merekomendasikan AC harus diservis Dua bulan sekali, Tiga bulan sekali, Enam bulan sekali dan Maksimal Setahun sekali. Yang lain mengatakan bahwa selama Anda mengikuti petunjuk dan membersihkan filter dan unit secara teratur, Anda hanya perlu menyervis AC jika terjadi kesalahan.

    Kami bertanya kepada Konsumen tentang kebiasaan membersihkan AC mereka. Sebagian besar mengatakan mereka membersihkan filter beberapa kali setiap tahun, tetapi hanya meminta layanan setiap beberapa tahun atau ketika unit mengalami kerusakan. Jika ragu, periksa guide untuk mannequin Anda atau hubungi pabrikan untuk meminta saran mereka.


Pembersihan profesional

    Anda dapat memiliki AC Anda dibersihkan oleh seorang profesional. Sebuah layanan pemeliharaan harus mencakup pembersihan komponen interior seperti kumparan, sirip dan drainase.

    Jika Anda tinggal di lingkungan yang sangat berdebu atau lembap, dan sering menggunakan AC, Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya debu dan jamur yang dapat menumpuk di dalam AC. Hal ini dapat menyebabkan unit kehilangan kinerja karena tersumbat, spora jamur tertiup ke dalam rumah Anda, dan kebocoran air jika pipa drainase unit dalam ruangan tersumbat oleh kotoran. Pembersihan filter debu dan kisi-kisi secara teratur, dan menjalankan software 'kering' jika unit memilikinya, akan membantu menghindari hal ini, tetapi layanan profesional dan pembersihan sesekali mungkin masih merupakan ide yang baik.



Setiap penggunaan

Jalankan software 'kering' jika AC Anda memilikinya. Ini menguapkan kelembaban yang terkondensasi pada penukar panas, mencegah jamur dan bau busuk.



Dua kali setahun

Bersihkan dan/atau ganti layar penyaring debu di unit dalam-ruangan AC sistem split, atau sesuai petunjuk untuk sistem saluran Anda. Lakukan ini lebih sering jika AC Anda selalu menyala, Anda tinggal di lingkungan yang sangat berdebu, atau Anda mengalami penurunan kinerja yang nyata.



Bersihkan filter tambahan, seperti filter pemurni udara, sesuai petunjuk.

Lap unit dalam-ruang atau saluran atau ventilasi apa pun dengan kain lembab yang lembut, baik di bagian dalam unit (sejauh yang Anda dapat dengan aman) dan bagian luarnya.



Setiap tahun

Bersihkan unit luar ruangan dengan sikat lembut atau sapu, dan singkirkan tumbuh-tumbuhan, penghalang, jaring laba-laba, dll. seperlunya. 

Post a Comment for " Cara membersihkan AC Anda"