Permasalahan Sering Terjadi Pada Microwave - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permasalahan Sering Terjadi Pada Microwave



10 Masalah Microwave dan Cara Melakukan Perbaikan Microwave Paling Umum



PERBAIKAN MICROWAVE

Di banyak rumah tangga, microwave adalah satu-satunya alat yang paling banyak digunakan di dapur. Anda bisa memasukkan pasta, sup, dan piring makan utuh ke dalam microwave. Anda dapat membuat teh atau langsung menyiapkan sarapan panas. Jadi ketika microwave Anda rusak, wajar saja jika Anda mencoba memperbaikinya. Untuk kotak logam kecil dan terjangkau seperti itu, gelombang mikro ternyata sangat rumit. Ada banyak cara yang berbeda bahwa microwave akan salah. Faktanya, daftar masalah microwave yang paling umum sangat panjang, dan setiap masalah memiliki beberapa kemungkinan penyebab. Sebuah microwave rumit di bawah tenda dan seringkali, Anda akan memerlukan bantuan teknisi alat yang berpengalaman untuk mengganti komponen listrik yang padat dengan aman. Mari kita lihat kemungkinan penyebab sepuluh masalah microwave teratas.




1. Pelat Microwave Tidak Berputar

  • Piring
  • Panduan Roller
  • Alat prerangkai
  •  Motor Penggerak

Piring microwave yang berputar sangat penting untuk memasak makanan secara merata. piring microwave Anda perlu menopang makanan Anda sambil juga berputar dengan mantap untuk memasak makanan secara merata di setiap sisi. Jika pelat Anda tidak mau berputar, ini berkaitan dengan seluruh rakitan pemintalan yang dirancang untuk tujuan tersebut. Pertama, periksa piringnya. Kemudian lihat rol pemandu lebar di bawah pelat. Kemudian periksa untuk melihat apakah coupler cabang di bagian tengah microwave retak. Terakhir, periksa motor penggerak untuk arus dan kopling.




2. Microwave Tidak Mau Hidup

  • Steker
  • Rakitan Kait Pintu
  • Saklar Pintu
  • Sekring Termal
  • sekering keramik

Tentu saja, microwave Anda sama sekali tidak berguna jika tidak menyala atau tidak merespon penekanan tombol. Microwave yang tampaknya tidak menyala mungkin mengalami sejumlah kegagalan. Mulailah dengan memeriksa steker dinding untuk memastikan microwave dicolokkan ke listrik. Selanjutnya, periksa sakelar pintu dan rakitan kait pintu. Microwave tidak akan menyala jika alat yakin pintunya terbuka. Selanjutnya, periksa dua sekering, sekering termal, dan sekering keramik, untuk melihat apakah mereka perlu diganti.




3. Pintu Microwave Tidak Menutup Dengan Benar

  • Rakitan Kait Pintu
  • Engsel
  • Mata Air Torsi

Dengan peralatan yang lebih tua, biasanya pintu berhenti menggantung atau menutup dengan benar seiring waktu. Ini sering terjadi karena engsel atau pegas terlepas dari kondisi pengencangan pabrik aslinya. Ketika pintu tidak menutup dengan benar, panas dan bau dapat keluar dari microwave sementara kegagalan fungsi lainnya terjadi. Pintu microwave yang tidak terkunci mungkin sulit untuk dibuka atau ditutup, dan microwave mungkin kesulitan untuk mengenali pintu sebagai tertutup sepenuhnya. Pertimbangkan untuk melihat lebih dekat pada rakitan kait pintu dan engselnya, bersama dengan pegas torsi yang terkait dengan engsel. Kencangkan sekrup yang longgar dan ganti bagian yang rusak.




4. Pintu Microwave Macet  atau Tertutup

  • Rakitan Kait Microwave
  • Trik Pintu Terbuka

Terkadang, pintu microwave bisa macet tertutup. Ini sangat umum pada microwave yang memiliki sakelar pintu pelepas dorong. Jika pintu microwave Anda macet, jangan khawatir. Biasanya ada setidaknya satu penggantian manual sehingga pintu microwave dapat dibuka tanpa tombol atau mekanisme biasa. Ini membantu untuk mengetahui apa penimpaan pintu manual ini untuk model microwave Anda. Setelah Anda menguasai trik pintu terbuka, lihat rakitan kait. Ini kemungkinan besar di mana Anda akan menemukan masalah pintu macet. Anda mungkin juga ingin memperbaiki pegangan pintu dan/atau mekanisme pelepas tombol.




5. Microwave Tidak mau Mati

  • Sakelar interlock pintu
  • Modul PCB

Masalah lainnya adalah microwave Anda tidak berhenti bekerja saat penghitung waktu habis. Situasi yang mengkhawatirkan ini sangat umum dan dapat melakukan lebih dari sekadar memasak makanan Anda terlalu lama. Anda mungkin perlu membuka paksa pintu atau mencabut steker unit untuk menghentikannya memasak. Dalam hal ini, Anda hanya ingin melihat bagian elektronik yang mungkin salah. Sakelar interlock pintu mungkin tidak terpicu. Atau smartboard/modul PCB microwave yang mengontrol semua fungsi komputer microwave seperti mengatur waktu berapa lama unit berjalan.




6. Microwave Tidak Pemanas

  • Saklar Pintu
  • Dioda tegangan
  • magnetron

Ketika microwave mulai menjadi tua, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah saat lampu microwave menyala dan berbunyi, tetapi tidak ada panas yang dihasilkan. Jika microwave Anda tidak memanas, tempat pertama yang harus dilihat adalah sakelar pintu. Untuk berjaga-jaga jika pintu tidak terkunci dan karena itu siklus tidak dimulai. Anda juga dapat memeriksa dioda tegangan. Tetapi jika Anda menentukan bahwa itu adalah magnetron, Anda sebaiknya mengganti microwave Anda.




7. Microwave Membuat Kebisingan

  • Plat dan Motor Penggerak
  • magnetron
  • Dioda Tegangan Tinggi
  • Kipas pendingin

Ada beberapa hal berbeda yang dapat menyebabkan microwave Anda berisik. Hal termudah untuk didiagnosis dan diperbaiki adalah piring microwave yang berisik. Jika pelat berderak, selidiki coupler dan roller pemandu. Jika itu motor penggerak atau magnetron, ini adalah salah satu yang paling menantang untuk diganti. Mungkin juga dioda tegangan tinggi. Tergantung pada microwavenya,mungkin juga kipas pendingin.




8. Touchpad Microwave Tidak Merespon

  • Saklar Membran
  • Papan kontrol LCD Display

Salah satu jenis kerusakan microwave yang paling membuat frustrasi adalah ketika touchpad berhenti merespons. Microwave setidaknya harus berbunyi bip saat Anda menekan tombol. Jika touchpad Anda tampaknya benar-benar mati, itu bisa menjadi salah satu dari dua hal. Pertama, periksa sakelar membran yang dapat menentukan respons masing-masing tombol. Jika bukan sakelar membran, mungkin juga papan kontrol yang mengontrol semua respons.




9. Exhaust Fan Microwave Tidak Bekerja

  • Penyaring udara
  • Bagian Bergerak Kotor
  • Kipas Angin

Untuk gelombang mikro di atas kisaran, mungkin ada kipas buang yang membantu menjaga udara tetap bersih di atas kompor Anda. Ketika exhaust fan berhenti bekerja, ada beberapa hal berbeda yang dapat Anda coba. Pertama, selidiki filter udara. Filter arang atau jaring logam dapat diganti atau dicuci dan dibersihkan untuk mengembalikan kegunaannya. Terkadang, hanya itu yang diperlukan agar kipas angin Anda berfungsi kembali. Selanjutnya, pisahkan semua bagian yang bergerak, bersihkan, dan pasang kembali. Dan jika Anda menemukan bagian yang rusak di rakitan kipas buang, gantilah.




10. Lampu Microwave mati tidak menyala

  • Bolam
  • Papan kontrol

Akhirnya, ada lampu microwave Anda. Lampu microwave memberi tahu Anda saat menyala dan membantu Anda melacak makanan yang Anda masak. Saat lampu microwave padam, kemudahan penggantian bohlam tergantung pada model microwave Anda. Tetapi Anda mungkin harus membuka casing sepenuhnya untuk mengganti lampu microwave Anda. Jika Anda tahu bohlamnya bagus, masalahnya mungkin pada papan kontrol Anda.



article source : https://applianceexpresstx.com/microwave-repair/the-10-most-common-microwave-repair-problems/

Post a Comment for "Permasalahan Sering Terjadi Pada Microwave"