-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Pompa Air tidak Keluar Air

Inilah 5 Penyebab Pompa Sumur Tidak Ada Air Yang Keluar


    Ketika Anda memiliki sumur air, Anda harus tetap menjaga persediaan air Anda. Ini tidak hanya melibatkan memastikan bahwa air Anda bersih dan dapat diminum, tetapi Anda juga perlu memastikan bahwa air benar-benar mengalir saat Anda membutuhkannya. Saat Anda menyalakan keran dan tidak ada apa-apa selain setetes air yang keluar – itu bisa membuat Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Apakah ada perbaikan sederhana atau perbaikan yang lebih besar diperlukan, ada beberapa langkah cepat yang dapat dilakukan oleh pemilik sumur air untuk mendiagnosis mengapa pompa sumur mereka bekerja tetapi tidak ada air yang keluar.




1. Apakah Daya Anda Aktif?

Setiap kali mencoba memecahkan masalah dengan sumur air Anda, Anda harus mulai dengan solusi paling sederhana terlebih dahulu. Hal pertama yang harus dilihat adalah apakah daya Anda menyala atau tidak. Tanpa daya, pompa sumur Anda tidak akan berjalan, karena sistem pompa sumur air membutuhkan listrik agar dapat bekerja. Jika Anda kehilangan daya, disarankan agar Anda mematikan pemutus untuk sumur air Anda sampai listrik pulih. Ini akan membantu mencegah lonjakan listrik merusak motor pompa Anda. Juga, jika daya padam dan dipulihkan – mungkin tidak semua fase daya dipulihkan. Setelah listrik padam, tunggu beberapa saat setelah listrik menyala untuk menghidupkan kembali semuanya.



2. Filtrasi Air

Ketika pompa sumur Anda bekerja tetapi tidak ada air yang keluar – mungkin karena filter sedimen yang tersumbat atau kegagalan sistem filtrasi. Jika tidak ada air yang keluar dari keran Anda, coba pasang sistem penyaringan air Anda di 'bypass' dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika ya – itu berarti ada masalah dengan sistem filtrasi dan Anda dapat mengarahkan teknisi sumur air Anda langsung ke masalah tersebut. Tidak disarankan untuk membiarkan filter Anda di bypass, karena ini akan meninggalkan Anda dengan air yang terkontaminasi.



3. Penggunaan Air Ekstra

Kadang-kadang ketika pompa sumur Anda bekerja tetapi tidak ada air yang keluar – itu karena Anda telah menggunakan pasokan air secara berlebihan untuk sementara waktu. Apakah Anda baru-baru ini menggunakan jumlah air yang tidak biasa? Hal-hal seperti menggunakan alat penyiram, mengisi kolam, mencuci pakaian berkali-kali, atau mencuci mobil Anda dapat membuat penggunaan air Anda melebihi apa yang dapat ditangani oleh sumur Anda. Coba matikan pemutus sumur Anda dan biarkan selama beberapa jam untuk melihat apakah air mulai mengalir lagi. Jika mulai bekerja kembali, Anda disarankan untuk menghubungi profesional untuk perbaikan sumur air dan memasang sakelar pemutus air rendah. Sakelar pemutus air rendah melindungi pompa Anda dari pemadaman saat Anda menggunakan lebih banyak air dari biasanya.



4. Mata Jet terganjal Pasir atau krikil

Mata Jet adalah klep penahan air yang letaknya di ujung pipa yang di tanam dalam tang untung nyedot air. Mata Jet bertugas menahan air supaya tidak kembali jatuh ke dalam tanah. Biasanya mata jet sering bermasalah ketika musim hujan, karena curah hujan tinggi sehingga banyak resapan air dan tampungan air yang di dalam tanah longsor sehingga menutup pipa yang menyedot air. Kalau musim panas atau kemarau biasanya sumber air mulai berkurang sehingga menyedot sampai dasar dan pasir-pasir kecil ikut tersedot dan biasanya ini bisa mengganjal mata jet akhirnya klep mata jet tidak bisa menahan air dan air langsung jatuh ke bawah dan pompa tidak bisa menyedot air jika pipa pompa kosong tidak ada air dahulu. Cara memperbaikinya harus angkat pipa sedot air dan di ganti atau diperbaiki (biasanya mata jet kalau sudah rusak ganti, karena kalau diperbaiki tidak akan bertahan lama karena pegas klep biasanya juga sudah berkarat dan aus).

Mata Jet yang Rusak

Sistem Kerja Mata Jet





5. Lonjakan Listrik

Berbeda dengan pemadaman listrik sementara, lonjakan listrik dapat menyebabkan masalah seperti ketika pompa sumur berjalan tetapi tidak ada air yang keluar atau lebih parahnya lagi gulungan dinamo terbakar. Lonjakan listrik berpotensi meledakkan kapasitor di kotak kontrol sumur air. Ini akan membuatnya seolah-olah pompa sedang bekerja meskipun air Anda tidak mengalir. Jika Anda mengalami lonjakan listrik dan air Anda tidak mengalir, hubungi profesional untuk mendapatkan servis sumur Anda


Post a Comment for "Penyebab Pompa Air tidak Keluar Air"