Penyebab Kulkas Tidak Dingin - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

 Terpecahkan! Apa yang Harus Dilakukan Saat Kulkas Anda Tidak Mendingin



    Tidak perlu membuang atau memakan semua makanan dingin sebelum menjadi buruk. Sebagai gantinya, coba perbaikan cepat ini untuk menghidupkan dan menjalankan kembali lemari es Anda.

    Mulailah dengan memperhatikan petunjuk lain, seperti suara-suara aneh seperti gesekan, yang mungkin mengindikasikan masalah dengan kipas kondensor. Periksa apakah freezer membeku, jadi Anda akan tahu apakah kulkas dan freezer tidak mendingin. Tergantung pada penyebab lemari es Anda tidak mendingin, prosedur berikut mungkin bisa membantu.


Pastikan kulkas Anda mendapatkan daya.

    Ini mungkin terdengar terlalu sederhana untuk menjadi jawabannya, tetapi kabel listrik yang longgar di outletnya atau pemutus yang terbalik akan mematikan seluruh lemari es.

  Buka pintunya. Jika lampu menyala, kulkas masih memiliki daya dan Anda dapat melanjutkan ke penyebab dan solusi berikutnya. Jika lampu tidak menyala, pastikan kabel listrik terpasang dengan kuat dan periksa kembali.


Masih tidak ada cahaya? Periksa panel listrik utama Anda untuk pemutus terbalik dan nyalakan kembali jika perlu.


Lihatlah buku manual Anda.

    Bahkan dengan beberapa merek teratas, seperti lemari es KitchenAid tidak mendingin, masalahnya mungkin memiliki solusi sederhana. Sebelum mengambil kotak peralatan Anda, keluarkan manual book yang disertakan dengan peralatan Anda. Sebagian besar manual book lemari es menyertakan langkah pemecahan masalah atau tip dan kode kesalahan khusus untuk merek mereka.

    Meskipun semua lemari es memiliki fungsi yang sama, setiap merek dan model dapat memiliki fitur yang mudah diperbaiki. Misalnya, saat kulkas Samsung tidak mendingin, kulkas mungkin secara tidak sengaja disetel ke Mode Demo. Saat lemari es Whirlpool tidak mendingin, periksa koil kondensor, karena dapat tertutup kotoran dan debu. Ketika kulkas Frigidaire tidak mendingin, penyebabnya juga bisa berupa koil kondensor yang kotor, atau solusi umum untuk menyesuaikan pengaturan suhu pada model ini dan model lainnya.


Sekali lagi, manual book sering memberikan petunjuk untuk perbaikan khusus merek, jadi tetaplah berguna saat Anda menilai penyebab lemari es Anda tidak mendingin.


Periksa termostat kulkas.

    Lemari es baru biasanya telah disetel pada suhu kisaran menengah antara 5 sampai dengan 10 derajat celcius karena itulah kisaran suhu optimal untuk lemari es di mana Anda dapat menyimpan makanan yang mudah rusak dengan aman. Tombol termostat di dalam lemari es dapat terbentur oleh karton susu atau barang lain, yang dapat mengubah suhu yang disetel.

    Bahkan termostat digital eksterior dapat secara tidak sengaja diubah oleh jari kelingking atau jika seseorang bersandar pada panel kontrol, tanpa sadar menaikkan suhu. Banyak panel digital hadir dengan kemampuan untuk mengunci pengaturan hanya karena alasan itu. Atur ulang suhu ke zona aman jika perlu.

    Jika Anda tidak mempercayai pembacaan suhu yang Anda dapatkan, atau jika lemari es Anda adalah lemari es yang lebih tua tanpa termostat internal, pertimbangkan untuk membeli termostat kulkas murah dan terpisah seperti termostat tahan air digital Vouloir, untuk menguji suhu.


Uji segel di pintu atau karet pintu lemari es Anda.

    Bahkan jika sisa lemari es Anda berfungsi dengan baik, jika segel magnet di pintu juga disebut gasket pintu rusak, udara dingin dari dalam lemari es bisa keluar. Gasket pintu lemari es bisa menjadi rapuh seiring waktu, yang mengurangi kemampuannya untuk membentuk segel yang rapat.


Konsultasikan dengan profesional

Dapatkan perkiraan perbaikan gratis tanpa komitmen dari teknisi peralatan berlisensi di dekat Anda.

Uji segel dengan meletakkan uang dolar di tengah pintu, lalu tutup pintu. Jika Anda merasakan hambatan saat menariknya keluar, segel masih berfungsi, tetapi jika tagihan mudah lepas, Anda harus mengganti gasket pintu.


Tentukan apakah lemari es rata.

    Kulkas yang relatif baru dengan segel pintu yang masih lentur masih dapat mengeluarkan udara dan gagal dalam tes uang dolar di atas saat kulkas itu keluar dari tingkat. Jika lemari es lebih rendah di satu sisi daripada yang lain, pintunya yang berat tidak selalu tertutup rapat.

    Atur ketinggian tukang kayu di atas lemari es dan, jika gelembung tidak berada di tengah tabung kaca, sesuaikan kaki depan lemari es sampai benar. Sebagian besar kaki lemari es dapat disesuaikan dengan kunci pas segi enam atau tang yang dapat disesuaikan. Konsultasikan manual pemilik Anda untuk instruksi terperinci tentang cara meratakan alat Anda.


Bersihkan kumparan kondensor.

    Kulkas Anda dilengkapi dengan kumparan kondensor yang diisi dengan refrigeran. Seiring waktu, kumparan—yang tidak berada dalam unit tertutup—dapat berlapis debu, rambut, atau bulu hewan peliharaan, yang mengurangi kemampuannya untuk menjaga udara di lemari es tetap dingin. Untungnya, membersihkan kumparan kulkas adalah proses yang relatif sederhana, hanya membutuhkan sikat kondensor kumparan dan ruang hampa untuk menyedot debu yang terlepas. Jika Anda menemukan banyak tumpukan debu pada kumparan, rencanakan untuk membersihkannya sekali atau dua kali setahun agar lemari es Anda tetap dingin dengan benar.


Periksa untuk memastikan tidak ada yang menghalangi ventilasi udara.

    Udara dingin bersirkulasi bolak-balik melalui ventilasi yang mengalir di antara kompartemen freezer kulkas dan kompartemen kulkas. Jika suatu benda menghalangi aliran udara, itu dapat mengakibatkan suhu yang tidak konsisten di kompartemen berpendingin. Tergantung pada merek dan model lemari es Anda, ventilasi dapat ditempatkan di sepanjang dinding belakang bagian dalam atau di sepanjang dinding samping. Periksa manual pemilik Anda jika Anda kesulitan menemukannya.

    Barang-barang yang berdesakan rapat di ventilasi dapat menghalangi aliran udara. Aturan praktis yang baik adalah menyimpan banyak produk makanan di lemari es Anda, yang akan membantunya menjaga suhu tetap dingin, tetapi jangan mengemasnya terlalu rapat sehingga udara tidak dapat bersirkulasi dengan mudah dari rak ke rak. Menjejalkan terlalu banyak makanan terlalu erat adalah penyebab umum lemari es GE tidak mendingin, misalnya.

    Penumpukan embun beku di dalam freezer juga dapat menghalangi ventilasi, mengurangi atau mencegah udara dingin mencapai kompartemen lemari es. Jika kompartemen freezer sangat beku, cabut steker lemari es dan buka pintu freezer agar embun beku mencair. Setelah meleleh, pasang kembali kulkas dan akan lebih dingin. Diperlukan waktu seharian untuk mencairkan freezer yang sangat beku, jadi rencanakan untuk menyimpan makanan Anda yang mudah rusak di lemari es tetangga, jika memungkinkan.


Periksa masalah setelah pemadaman listrik baru-baru ini.

Anda akan mengetahui penyebab lemari es tidak mendingin saat rumah Anda kehilangan daya, tetapi terkadang lemari es Anda disetel ulang karena padam dan tidak sesuai dengan kecepatan pendinginan. Secara alami, perlu beberapa waktu agar makanan dan minuman di dalam dingin kembali, tetapi lemari es dengan panel kontrol atau sakelar manual yang disetel pengguna mungkin memerlukan bantuan Anda setelah kehilangan daya. Di halaman pemecahan masalah mereka tentang lemari es KitchenAid yang tidak mendingin, perusahaan menjelaskan bagaimana pemadaman listrik dan tombol fungsi pendinginan dapat diatur ulang pada model mereka.


Hubungi tukang reparasi Kulkas di wilayah Anda.

    Pada titik ini, penyebab masalahnya mungkin adalah komponen mekanis yang rusak. Meskipun mengganti beberapa komponen pada lemari es tidak terlalu sulit, menentukan penyebab pasti masalahnya bisa jadi rumit dan memerlukan penggunaan peralatan pengujian listrik.

    Kompresor, kipas kompresor, atau termostat pencairan mungkin perlu diganti, yang harus dilakukan oleh profesional berlisensi. Jika lemari es Anda masih dalam garansi, perhatikan bahwa mencoba mengganti komponen sendiri dapat membatalkan garansi. Demikian juga, layanan dan suku cadang bisa sangat mahal sehingga Anda lebih baik mengganti lemari es yang tidak dingin.


Pikiran Akhir

Sangat penting untuk menyimpan lemari es dingin untuk rasa makanan, dan terutama untuk keamanan makanan. Dengan sedikit pemecahan masalah, Anda dapat memeriksa untuk menentukan mengapa lemari es tidak dingin dan mungkin menyelesaikan masalah dengan perbaikan sederhana seperti menipiskan barang untuk menghindari penyumbatan aliran udara, memeriksa daya ke alat, atau memeriksa pengaturan suhu dan fungsi pendinginan. Anda juga mungkin dapat membersihkan koil kondensor atau mengganti sendiri gasket pintu. Dalam kebanyakan kasus, Anda ingin menyerahkan penggantian suku cadang mekanis kepada ahli layanan peralatan.


    Jika semuanya gagal, mungkin sudah saatnya untuk mengganti lemari es. Untuk menghindarinya, pastikan untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk mempertahankan pekerja keras dapur yang penting ini dan memperpanjang umur lemari es Anda




sumber : https://www.bobvila.com/articles/refrigerator-not-cooling/.

Post a Comment for "Penyebab Kulkas Tidak Dingin"