Penyebab Kulkas Mati - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kulkas Mati



Cara Memperbaiki Kulkas Yang Tidak Mau Hidup






A. Overload atau Relay Start Capacitor

    Jika lemari es Anda berbunyi klik, atau jika kompresor tidak mau hidup meskipun Anda dapat mendengar kipas bekerja, mungkin relai kelebihan beban melengkung atau terlalu panas. Bagian dari rangkaian kompresor, beban lebih melindungi kompresor dengan bertindak sebagai sensor untuk belitan motor kompresor saat daya masuk. Dan sampai kompresor naik ke kecepatan, relai menghubungkan kapasitor start kompresor ke belitan motor. Jika milik Anda adalah model terbaru, relai dan beban berlebih akan ditempatkan bersama dan dicolokkan ke sisi kompresor, di belakang panel akses belakang. Anda dapat mencabut kulkas dan menggunakan multi-meter untuk memeriksa relai dan kelebihan beban. Karena relai bekerja dengan kapasitor start, yang memberikan dorongan daya start-up ke gulungan kompresor, yang mungkin juga terpasang pada bagian gabungan Anda. Kompresor Anda tidak akan menyala tanpa kapasitor start. Periksa apakah ada busur atau panas berlebih, dan jika rusak, ganti dengan yang baru. Tetapi jika relai, kelebihan beban, dan kapasitor start semuanya baik-baik saja, langkah selanjutnya adalah memanggil teknisi servis. Tes diagnostik berikutnya adalah dengan voltase hidup, dan demi keamanan, tes tersebut tidak boleh dilakukan oleh seorang amatir.




B. Kontrol Dingin & Kontrol Suhu

    Ketika lemari es Anda tidak mau menyala dan bahkan kipas tidak menyala, bisa jadi karena masalah pada kontrol dingin, sakelar untuk mengirim listrik ke kipas dan kompresor yang dipicu oleh perubahan suhu. Ini dapat diperiksa di kenop yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan suhu, yang terdapat di panel kontrol di bagian dalam sebagian besar lemari es; itu adalah kontrol yang menyertakan pengaturan "mati". Cabut steker lemari es, lepaskan panel depan dari kotak kontrol, tarik kontrol suhu keluar dari rumahnya dan lepaskan ujung terminal. Kemudian gunakan multi-meter untuk memeriksa kontinuitas saat Anda menurunkan kenop ke pengaturan yang lebih dingin: sakelar harus menutup saat Anda menurunkannya. Jika itu tidak terjadi, Anda dapat mengganti pengontrol suhu.




C. Papan Kontrol Elektronik atau Modul PCB

    Jika Anda memiliki lemari es yang lebih baru, kompresor, kipas angin, sistem pencairan es, dan suhu semuanya mungkin berada di bawah wewenang papan kontrol elektronik. Ini membuat perbaikan rumah menjadi lebih sulit, karena papan kontrol sangat menentukan, ditambah papan kontrol elektronik mahal dan rumit. Dan untuk alasan yang sama, masuk akal untuk menghilangkan penyebab lain dari kegagalan fungsi lemari es sebelum Anda memutuskan bahwa papan kontrol elektronik adalah komponen yang rusak. Jadi, jika lemari es tidak menyala, pastikan daya tidak disuplai ke kompresor tetapi disuplai ke papan kontrol. Periksa kontrol eksternal. Cabut steker lemari es dan periksa papan kontrol untuk mencari bukti sambungan yang terbakar, foil yang rusak, atau tanda-tanda bahwa telah terjadi lengkung.


sumber : https://www.fix.com/repair/appliance/refrigerator/will-not-start/

Post a Comment for "Penyebab Kulkas Mati"