-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab AC Berisik

8 Jenis Umum Kebisingan Air Conditioner: Penyebab & Cara Mengatasinya

Outdoor Overheat
    Sistem AC sentral hemat energi terbaru menampilkan motor dua tahap atau kecepatan variabel yang dirancang untuk menghasilkan sedikit atau tanpa suara. Jika Anda melihat suara keras dan mengganggu dari AC Anda , ini adalah indikator yang jelas dari masalah sedang hingga parah. Suara-suara ini sering kali merupakan tanda sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti sistem Anda. Untuk membantu Anda mendiagnosis masalah dengan sistem Anda, ini adalah 8 suara AC paling umum yang tidak boleh Anda abaikan.



1. Suara Benturan

    Jika AC Anda mengeluarkan suara dentuman, ini merupakan indikator adanya masalah pada kompresor. Komponen ini dirancang untuk mendistribusikan refrigeran ke berbagai bagian sistem AC untuk menghilangkan panas berlebih dari rumah Anda. Saat sistem AC Anda mencapai pertengahan atau akhir masa pakainya, tidak jarang bagian-bagian menjadi longgar di dalam kompresor.

    Setelah bagian-bagiannya terlepas di kompresor, Anda mungkin melihat suara berderak saat sistem pendingin udara Anda diaktifkan. Bunyi ini disebabkan oleh komponen yang terlepas yang mengenai rangka luar kompresor. Karena kompresor tidak dirancang agar mudah dibongkar, Anda mungkin diminta untuk berinvestasi dalam pendingin udara baru yang hemat energi. Jika AC Anda mengeluarkan suara dentuman, hubungi teknisi AC lokal di daerah Anda untuk menerima bantuan terkait masalah ini.



2. Suara Melengking

     Masalah paling umum yang terkait dengan suara decitan AC adalah motor kipas yang tidak berfungsi di unit kondensor luar ruangan. Sistem AC sentral yang terhubung ke rumah Anda memiliki kipas yang dirancang untuk menghilangkan panas dari refrigeran. Jika AC Anda mengeluarkan suara jeritan, ini merupakan indikator adanya masalah pada motor kipas. Bunyi ini juga dapat disebabkan oleh motor yang rusak pada kompresor sistem kondensor.

    Suara melengking atau memekik juga dapat disebabkan oleh motor kipas blower yang rusak di dalam rumah Anda. Kipas blower dirancang untuk mengumpulkan udara hangat dari setiap ruangan di rumah Anda. Setelah motor kipas blower diaktifkan, udara panas dan lembab di seluruh enklosur Anda akan dikumpulkan oleh saluran balik Anda dan dikirim ke sistem pendingin udara Anda. Selanjutnya, udara dingin dari sistem Anda akan didistribusikan ke seluruh rumah Anda oleh kipas blower.

    Anda mungkin juga mendengar suara mendecit di dekat sistem HVAC di rumah Anda karena bantalan yang rusak di motor kipas Anda. Selain itu, sabuk kipas yang rusak juga dapat menjadi penyebab utama kebisingan ini. Jika Anda mendengar suara AC yang keras, segera nonaktifkan AC Anda dan hubungi teknisi AC profesional .



3. Suara Bersenandung

Anda mungkin mulai mendengar suara dengungan kadang kencang kadang pelan seperti bersenandung di dalam AC Anda karena sakelar relai kontektor yang rusak. Komponen ini dirancang untuk menghidupkan unit kondensor luar ruangan saat menerima sinyal dari termostat Anda. Sayangnya, Anda tidak akan dapat menyalakan AC sampai masalah ini diperiksa oleh teknisi berlisensi. Jangan abaikan masalah kelistrikan di sistem Anda. Ini akan menyebabkan kerusakan parah pada sistem AC sentral Anda yang akan disertai dengan perbaikan yang mahal.

Mesin Outdoor AC Central



4. Suara Mendengung

    Jangan pernah mengabaikan suara mendengung dari sistem AC sentral Anda. Suara ini mungkin menandakan bilah kipas longgar atau tidak seimbang di unit kondensor luar ruangan Anda. Jenis suara ini juga dapat disebabkan oleh masalah seperti motor kipas luar yang rusak, koil kondensor yang kotor, dan komponen yang longgar. Suara mendengung juga bisa menjadi tanda adanya penghalang di dekat saluran tembaga yang terhubung ke AC Anda. Masalah paling parah yang mungkin menjadi penyebab masalah ini adalah kebocoran refrigeran. Tolong jangan abaikan suara mendengung. Bersikaplah proaktif dan bersiaplah untuk musim panas dengan menyewa teknisi berlisensi untuk melakukan penyetelan AC.


5. Suara Berderak

    Dalam skenario kasus terbaik, AC Anda mungkin mengeluarkan suara berderak karena batang yang terlepas, kotoran, atau daun di unit kondensor luar ruangan Anda. Cara termudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan membongkar unit untuk menghapus item ini. Dalam skenario terburuk, suara AC ini mungkin dihasilkan oleh komponen listrik yang rusak di sistem Anda. Jika Anda melihat komponen yang tidak berfungsi, masalah ini harus diperbaiki sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan pada kompresor AC Anda.


6. Mengklik Suara Atau Suara Klik

    Suara ini seperti suara jangkrik tepatnya seperti suara besi bergesek yang tidak ada pelumasnya. Meskipun mungkin normal untuk mendengar bunyi klik di awal atau akhir siklus pendinginan Anda, mendengar bunyi klik terus menerus dari AC Anda bukanlah hal yang normal. Jenis suara ini mungkin merupakan indikator termostat yang tidak berfungsi. Karena proses melepas dan memasang termostat baru tidak mudah, hubungi kontraktor berlisensi di lingkungan Anda untuk menerima bantuan.



7. Suara Mendesis

    Jika AC Anda mengeluarkan suara mendesis, ini mungkin merupakan sinyal kebocoran saluran udara atau gas Freon sedang hingga parah di rumah Anda. Suara ini mungkin juga merupakan produk dari katup ekspansi yang tidak berfungsi atau filter udara yang tidak kompatibel dengan sistem Anda. Segera hubungi profesional untuk melakukan pemeriksaan sistem AC Anda.



8. Suara Menggelegak  atau Suara Gelembung Air 

    AC yang terhubung ke rumah Anda mungkin mengeluarkan suara menggelegak karena kelembaban yang berlebihan. Jenis masalah ini mungkin disebabkan oleh penyumbatan, retakan, atau lubang di pipa drainase Anda. Jika Anda adalah individu yang berguna, mudah untuk membongkar AC Anda untuk memeriksa saluran drainase. Di sisi lain, kami tidak menyarankan Anda untuk mengganti saluran drainase sendiri. Untuk memperbaiki suara menggelegak di AC Anda, Anda memerlukan alat, peralatan, keterampilan, dan pelatihan khusus. Silakan hubungi teknisi bersertifikat untuk memastikan pekerjaan diselesaikan dengan benar dan aman.



Jasa Perbaikan, Penyetelan, & Pemasangan AC

Jika Anda melihat suara bising yang mengganggu dari AC Anda, hubungi tim kami melalui telepon di 0821 3662 1067 (telp-WhatsApp-SMS) dan buat janji. Firdaus Technic Maintenance menyediakan layanan perbaikan , penyetelan, dan pemasangan AC yang dapat dipercaya untuk rumah-rumah di Jakarta Selatan. Teknisi Kami dilatih menggunakan teknik pemanasan dan pendinginan terbaru untuk memastikan solusi yang efektif dan tahan lama. Kami berdedikasi untuk komitmen Anda dan menyelesaikan pekerjaan dengan benar serta memberikan Garansi Selama 30 Hari




Post a Comment for "Penyebab AC Berisik"