Masalah Pada Solar Hard - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Pada Solar Hard

 Mengatasi Masalah Panel Surya: 4 Masalah dan Solusi Umum

    Solar Hard rumah itu unik, dan begitu pula tantangan yang datang dengan memilikinya. Ingatlah bahwa tata Solar Hard bebas perawatan dan sebagian besar masalah, jika tidak semua, dapat diatasi jika Anda menggunakan pemasang berpengalaman. Namun, selalu bijaksana untuk membiasakan diri dengan beberapa masalah panel surya yang paling umum. Gunakan tips tentang pemecahan masalah panel surya ini untuk kepercayaan diri dan ketenangan pikiran Anda.


4 Masalah Panel Surya yang Harus Diwaspadai

    Jika dalam kasus yang jarang terjadi Anda mengalami masalah, mendiagnosis masalah panel surya mungkin tampak menantang. Misalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa sistem Anda tidak menghasilkan kekuatan aslinya, tetapi Anda mungkin tidak tahu mengapa. Varians ekstrim dalam kinerja biasanya karena salah satu dari beberapa masalah.


1. Kabel Anda Longgar

    Kabel yang longgar dapat menyebabkan masalah listrik yang tidak terduga. Ingatlah bahwa sistem panel surya Anda mencakup jaringan kabel tertentu, menghubungkan sel PV individu satu sama lain, ke baterai surya rumah dan ke inverter. Karena itu, ada banyak tempat di mana koneksi mungkin gagal.

    Untuk memperbaiki kesalahan kabel, Anda harus berbicara dengan ahlinya. Pemasang dengan pengalaman listrik menggunakan meter dan alat lain untuk menunjukkan masalah. Mereka juga dapat memutuskan bagian yang rusak agar tidak merusak bagian lain dari sistem Anda. Jika Anda telah menggunakan penginstal berpengalaman, mereka kemungkinan besar menginstal pemantauan. Pemantauan memungkinkan mereka dan Anda untuk melihat kinerja sistem Anda pada ponsel cerdas Anda, seringkali berdasarkan panel demi panel. Ini membuat pemecahan masalah sistem Anda cukup sederhana.


2. Sistem Anda Terlalu Panas / Over Heat

    Salah satu cara sederhana untuk mengetahui apakah panel Anda memiliki masalah suhu adalah dengan memeriksa apakah panas memudar. Ini terjadi ketika suhu yang terlalu tinggi (melebihi 90-an atas) menyebabkan panel Anda berkinerja buruk. Ini umum dan belum tentu merupakan indikasi panel yang rusak. Jika panas memudar adalah masalah mendasar, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda menerima lebih sedikit daya selama waktu terpanas hari itu.

    Seringkali, alih-alih seluruh sistem menjadi terlalu hangat, suhu tinggi hanya dapat memengaruhi bagian tertentu dari pemasangan panel Anda. Area ini mungkin aus lebih cepat daripada yang lain.

    Ada juga produsen panel tertentu yang berkinerja lebih baik dalam panas tinggi daripada yang lain. Panel HIT Panasonic adalah contohnya. Panel ini memiliki lapisan tipis bahan yang mengapit lapisan monokristalin, membuatnya lebih efisien pada suhu yang lebih tinggi. Ingatlah hal ini saat memilih panel Anda.


3. Sistem Anda Kotor atau Rusak

    Masalah kinerja yang paling umum disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti kotoran. Dari debu dan serbuk sari hingga daun dan kotoran lainnya, Alam memiliki kemampuan untuk mengurangi efisiensi panel. Masalah lingkungan ini mungkin tampak kecil, tetapi mereka dapat menghentikan sistem Anda menghasilkan daya sebanyak yang seharusnya.

    Membersihkan adalah perbaikan yang mudah, dan paling baik dilakukan secara teratur. Karena naungan dari kekotoran dapat menurunkan produksi Anda sekitar 5 persen setiap tahun, ada baiknya untuk menyiram panel Anda dua atau tiga kali setahun. Ini biasanya cukup, kecuali jika Anda tinggal di daerah berdebu tertentu. Jika bagian tertentu dari kotoran telah mengeras, gunakan sapu dorong lembut untuk menghilangkannya – atau cukup pekerjakan petugas kebersihan. Bekerja dengan ahli juga menurunkan kemungkinan Anda melukai diri sendiri di tangga atau atap basah.

    Bagaimana dengan sel PV yang retak dan kerusakan fisik lainnya? Ada kemungkinan sebuah panel menahan retakan kecil dan masih berfungsi normal. Kaca dilaminasi dan lebih kuat dari yang Anda kira. Namun, dalam kebanyakan kasus, retakan itu akan bertambah besar seiring waktu, menyebabkan kinerjanya menurun. Ketika ini terjadi, Anda harus meminta penginstal mengganti panel yang rusak.


4. Sistem Anda Masih Tidak Berkinerja Seperti Biasa

    Apa yang harus Anda lakukan jika Anda sudah memeriksa semuanya tetapi masih mengalami masalah panel surya? Arus atau tegangan rendah dapat memiliki penyebab yang berbeda, dan karena setiap sistem dirancang secara berbeda, yang terbaik adalah menyewa seorang ahli yang mengetahui cara melakukan langkah-langkah diagnostik yang benar.

    Kecuali Anda berpengalaman, Anda tidak boleh mencoba memecahkan masalah listrik sendiri. Bekerja dengan listrik arus searah (DC) jauh lebih berbahaya daripada listrik AC di rumah Anda. Namun, merekam informasi seperti:

  • Pesan kesalahan,
  • Saat-saat ketika Anda melihat masalah, dan
  • Peristiwa apa pun yang Anda perhatikan saat terjadi kesalahan, seperti kehilangan daya.

Memberikan informasi ini kepada kru pemeliharaan Anda dapat mempermudah mengidentifikasi perbaikan yang tepat. Ini juga memastikan Anda tidak kehilangan perlindungan garansi Anda.


Apakah Anda Siap Memperbaiki Masalah Panel Surya Rumah Anda?

Masalah tata surya mungkin memiliki penyebab yang kompleks, tetapi penyelesaiannya biasanya rutin. Hanya butuh pengalaman untuk memulai dengan langkah yang benar. Melacak kinerja sistem Anda adalah solusi pemecahan masalah yang mudah dan efektif. Begitu juga dengan tetap berhubungan dengan teknisi spesialis Solar Hard.


sumber : https://sandbarsc.com/news/troubleshooting-solar-panels/

Post a Comment for "Masalah Pada Solar Hard"