-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Submersible

Cara Kerja Pompa Submersible: Keuntungan dan Kerugian Pompa Submersible atau Sible



Pompa submersible, juga disebut pompa submersible listrik, adalah pompa yang dapat sepenuhnya terendam air. Motor disegel rapat dan dipasangkan rapat ke badan pompa.

Sebuah pompa submersible mendorong air ke permukaan dengan mengubah energi putar menjadi energi kinetik menjadi energi tekanan. Hal ini dilakukan oleh air yang ditarik ke dalam pompa: pertama di intake, di mana putaran impeller mendorong air melalui diffuser. Dari sana, ia naik ke permukaan.




  • Keuntungan utama dari pompa submersible adalah tidak perlu di-prime, karena sudah terendam dalam cairan. Pompa submersible juga sangat efisien karena tidak perlu menghabiskan banyak energi untuk memindahkan air ke dalam pompa. Tekanan air mendorong air ke dalam pompa submersible, sehingga “menghemat” banyak energi pompa.
  • Juga, sementara pompa jetpump tidak serbaguna, pilihannya tentu saja. Beberapa pompa submersible dapat dengan mudah menangani padatan, sementara beberapa lebih baik untuk cairan saja. Pompa submersible tidak berisik, karena berada di bawah air, dan kavitasi tidak pernah menjadi masalah, karena tidak ada "lonjakan" tekanan saat air mengalir melalui pompa.

Ada beberapa kelemahan dengan pompa submersible, dan dua berkaitan dengan segel. 

  • Segel dapat menjadi terkorosi seiring waktu. Ketika itu terjadi, air merembes ke dalam motor, membuatnya tidak berguna sampai diperbaiki. Juga, segel itu membuat pompa submersible agak sulit untuk diperbaiki.
  • Kerugian utama lainnya adalah bahwa satu pompa tidak cocok untuk semua penggunaan. Pompa satu tahap digunakan untuk sebagian besar pemompaan rumah dan industri ringan. Ini termasuk filter akuarium, pemompaan limbah, atau pompa bah untuk drainase. Pompa beberapa tahap digunakan untuk apa pun di bawah tanah, seperti sumur air atau sumur minyak. Juga, pompa dibuat untuk bekerja dengan cairan tipis seperti air, atau yang kental seperti limbah.
  • Perhatian harus digunakan dengan pompa submersible; mereka harus terendam seluruhnya. Air di sekitar pompa submersible sebenarnya membantu mendinginkan motor. Jika digunakan di luar air, itu bisa menjadi terlalu panas.

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Pompa Submersible"