-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kekurangan dan Kelebihan Water Heater Listrik




Pro dan Kontra Dari Pemanas Air Listrik


    Pemanasan air di rumah Anda membutuhkan banyak listrik. Faktanya, sekitar 12 persen dari konsumsi energi rata-rata rumah dihabiskan untuk memanaskan air. Berapa banyak energi yang dikonsumsi pemanas air Anda tidak hanya bergantung pada seberapa banyak air panas yang Anda gunakan, tetapi juga pada jenis pemanas air yang Anda pasang. Karena itu, ketika saatnya memasang pemanas air baru di rumah Anda, penting untuk membandingkan beberapa opsi sebelum membuat keputusan pembelian akhir.

    Pemanas air listrik adalah salah satu pilihan paling populer untuk pemanas air rumah, meskipun mungkin sulit untuk mengetahui pro dan kontra memasang pemanas air jenis ini dibandingkan dengan pilihan gas. Berikut adalah beberapa manfaat dan kerugian terpenting dari menggunakan pengaturan pemanas air listrik:
Pro dan kontra dari pemanas air listrik

Pro dan kontra dari pemanas air listrik

A. Kelebihan pemanas air listrik

    Ada banyak alasan mengapa rumah tangga harus mempertimbangkan untuk memasang pemanas air listrik daripada pemanas air gas; berikut adalah beberapa keuntungan terbesar yang dimiliki pemanas air listrik terhadap persaingan:


Biaya awal yang lebih rendah

    Dari semua pilihan pemanas air yang tersedia di pasaran saat ini, pemanas air listrik kemungkinan akan menjadi pilihan Anda yang paling terjangkau dalam hal harga di muka.

    Yang penting, biaya akan sangat tergantung pada ukuran dan jenis pemanas air, terlepas dari bahan bakar yang digunakan untuk menyalakannya. Misalnya, pemanas air tangki tradisional lebih murah, sedangkan sistem air on-demand tanpa tangki cenderung lebih mahal di muka. Secara umum, perbedaan harga antara jenis pemanas air panas sebagian besar disebabkan oleh biaya pemasangan.

    Pemanas air gas membutuhkan pipa tambahan dan sistem ventilasi baru untuk mengalirkan gas buang yang berasal dari proses pembakaran. Di sisi lain, pemanas air listrik tidak memerlukan infrastruktur tambahan di rumah ini, sehingga proses pemasangannya lebih sederhana dan lebih cepat. Ada kemungkinan rumah Anda memerlukan upgrade listrik sebelum memasang pemanas air listrik, yang akan membuat proses pemasangan menjadi lebih mahal; namun, peningkatan seperti itu jarang terjadi saat memasang pemanas air listrik.
Efisiensi

    Cara terbaik untuk membandingkan efisiensi berbagai pemanas air adalah dengan melihat faktor energi masing-masing EF(ejection fraction). Angka ini mengevaluasi seberapa efektif pemanas air dalam menghasilkan air panas, mengukur berapa banyak bahan bakar atau listrik yang dibutuhkan untuk memanaskan air Anda. Dengan angka EF di tangan, membandingkan efisiensi setiap jenis pemanas air cukup sederhana: pemanas dengan efisiensi yang lebih tinggi akan memiliki angka EF yang lebih tinggi.

    Dalam pertempuran antara gas dan pemanas air listrik, pemanas air listrik menang dari perspektif efisiensi. Pemanas air gas konvensional biasanya memiliki angka EF mulai dari 0,5 hingga 0,7, sedangkan pemanas air listrik dapat memiliki angka EF lebih tinggi dari 0,9. Secara umum, sebagian besar kehilangan energi dari pemanas air gas terjadi selama proses ventilasi, yang tidak ada dalam pemanas air listrik.
Keamanan

    Baik pemanas air listrik dan gas adalah solusi aman untuk memanaskan air Anda. Konon, seperti halnya alat apa pun yang menggunakan bensin, pemanas air rentan terhadap kebocoran gas jika menggunakan propana atau gas alam. Anda dapat mengurangi risiko ini dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan yang tepat terhadap pemanas air gas Anda.

  Sementara peralatan listrik memiliki masalah keamanannya sendiri, kemungkinan mengalami kebocoran gas lebih tinggi daripada menyaksikan segala jenis masalah keamanan listrik dengan pemanas air.
Ketersediaan

    Hampir setiap rumah terhubung ke jaringan listrik, dan dengan demikian, mereka semua memiliki sumber listrik yang tersedia (kecuali saat jaringan listrik mati). Ini berarti bahwa hampir semua rumah dapat secara efektif menggunakan pemanas air listrik.

    Di sisi lain, jika Anda tertarik untuk memasang pemanas air gas, Anda harus memastikan bahwa rumah Anda terhubung ke saluran gas alam atau memiliki sumber pasokan propana. Jika tidak, melakukan peningkatan ini untuk tujuan memasang pemanas air gas bisa mahal.
Kontra pemanas air listrik


Pemanas air listrik bukanlah solusi terbaik untuk setiap rumah. Berikut adalah beberapa kerugian menggunakan pemanas air listrik:

B. Kekurangan Pemanas Air Listrik

Waktu pemanasan dan tingkat pemulihan,
Apakah Anda menghabiskan banyak waktu menunggu air mandi Anda memanas?

    Dengan pemanas air listrik, proses ini akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan pemanas air gas. Hal ini karena proses pembakaran bensin menghasilkan panas lebih cepat (kadang bahkan dua kali lebih cepat) dibandingkan pemanasan listrik.

    Pemanas air gas memiliki tingkat pemulihan yang lebih tinggi (yaitu jumlah air yang dapat dipanaskan oleh alat hingga suhu yang disetel dalam jangka waktu tertentu). Untuk rumah tangga yang lebih besar dengan kebutuhan air panas yang lebih banyak, pemanas air gas mungkin menjadi kebutuhan. Sebagai alternatif, rumah tangga dengan hanya beberapa anggota tidak akan memerlukan tingkat pemulihan yang sama seperti yang ditawarkan oleh pemanas air gas.
Listrik padam

    Jika jaringan listrik padam karena badai atau peristiwa lain, Anda tidak akan memiliki akses ke air panas dengan pemanas air listrik. Pemanas air gas, di sisi lain, dapat beroperasi bahkan ketika listrik Anda padam.

    Jika ini akan menjadi pendorong utama dalam keputusan Anda, penting untuk memastikan bahwa pemanas air gas Anda tidak memerlukan listrik untuk beroperasi. Bahkan jika listrik bukan sumber bahan bakar utama, beberapa pemanas air gas yang lebih baru akan menggunakan pengapian listrik daripada lampu pilot. Pemanas air jenis ini juga tidak dapat digunakan jika terjadi pemadaman listrik.
Biaya operasional

    Meskipun pemanas air listrik lebih efisien daripada pemanas air gas, Anda mungkin akan menghabiskan lebih sedikit uang secara keseluruhan jika memanaskan pasokan air Anda dengan gas. Ini karena biaya sumber bahan bakar. Saat ini, gas alam adalah salah satu sumber energi termurah, dan dalam banyak kasus, biaya listrik akan jauh lebih tinggi.

Karena biaya gas alam dan listrik berbeda-beda di setiap wilayah, ada baiknya untuk membandingkan biaya masing-masing sebelum membuat keputusan akhir tentang bagaimana Anda ingin memanaskan air Anda. Beberapa utilitas mungkin menawarkan insentif keuangan untuk memasang pemanas air listrik yang dapat menjadikannya pilihan yang lebih hemat biaya.



Menghidupkan pemanas air listrik dengan panel surya

    Jika satu-satunya perhatian Anda dalam membeli pemanas air listrik adalah biaya pengoperasian, Anda selalu dapat memasangkan pemanas air listrik Anda dengan sistem energi surya . Dengan berinvestasi di panel surya, Anda dapat menjalankan pemanas air Anda dari tenaga matahari daripada membeli listrik dari perusahaan utilitas Anda. Sebagai nilai tambah, sistem panel surya akan membantu Anda menghemat lebih dari sekadar biaya pemanas air; mereka dapat membantu secara dramatis mengurangi (atau berpotensi menghilangkan) seluruh tagihan listrik Anda.

Post a Comment for "Kekurangan dan Kelebihan Water Heater Listrik"