-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis AC



9 Jenis Air Conditioning (AC)





Ada lebih dari 10 jenis AC yang bisa Anda pilih:



Bagian dalam dan luar ruangan dari beberapa jenis unit AC.

    Pilihan jenis AC tertentu tergantung pada. Ukuran rumah Anda (ukuran persegi penting; gunakan kalkulator BTU ini untuk mengetahui kapasitas yang dibutuhkan). Contoh: Untuk rumah seluas 1.000 kaki persegi, Anda dapat menggunakan AC portabel 20.000 BTU. Untuk rumah seluas 3.000 kaki persegi, Anda memerlukan sistem mini split 5 zona 60.000 BTU yang lebih besar .

Jika Anda ingin mendinginkan seluruh rumah atau hanya 1-3 kamar.
Jika Anda sudah memasang saluran udara (udara sentral adalah pilihan).

    Kami akan melewatinya semua jenis ACbagi Anda untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda. Kami akan melihat ukuran rata-rata (dalam BTU), dan Anda juga akan mendapatkan kisaran harga untuk berbagai jenis unit AC.

    Saat memutuskan jenis AC mana yang terbaik untuk rumah/flat/kamar Anda, ingatlah konsumsi energi . Unit AC 60.000 BTU terkuat dapat meroketkan tagihan energi Anda, dan unit 5.000 BTU terlemah dapat membuat Anda berkeringat di tengah musim panas.

AC terakhir dalam daftar – AC mini split – dengan cepat menjadi jenis AC paling populer belakangan ini.

    Selalu periksa peringkat efisiensi energi, seperti EER (Efisiensi Energi Ratio )untuk unit portabel, SIER (Seasonal Energy Efficiency Ratio) untuk unit mini split dan sistem AC sentral AC, dan CEER (Combined Energy- Efficiency Ratio)untuk AC Window. Dari semua jenis unit AC, Anda ingin memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Jenis AC dan Prinsip dasar AC cukup sederhana untuk dipahami.

    Anda memiliki dua set gulungan logam; yang pertama mengumpulkan panas dari rumah Anda dan yang kedua menyebarkan panas di luar. Bagian penting di sini adalah refrigeran ; ini adalah campuran cair yang mentransfer panas antara dua set kumparan.

Berdasarkan ini, kami memiliki dua kelompok besar jenis AC:
  • Unit AC Stand-Alone (1 perangkat). Contoh: AC portabel, AC jendela, AC yang dipasang di lantai, AC menembus dinding.
  • Unit AC Sistem Terpisah (2 perangkat). Contoh: AC sentral, AC mini split, AC yang dipasang di dinding, AC di langit-langit.
  • Unit AC yang Berdiri Sendiri (5 Jenis Berbeda)

    Pada unit AC yang berdiri sendiri, kedua kumparan berada di dalam satu perangkat (biasanya terletak di dalam rumah).

Jenis-jenis unit AC ini adalah:
  • Lebih mudah dipasang dan dipindahkan (terutama unit AC portabel).
  • Lebih murah untuk membeli.
  • Bisa lebih ribut (kompresor terletak di dalam rumah).
  • Dibandingkan dengan unit AC sistem split, kapasitasnya lebih rendah.
  • Selalu membutuhkan ventilasi udara yang keluar dari jendela atau pintu geser. Udara panas harus keluar entah bagaimana.

Unit yang berdiri sendiri, di atas segalanya, nyaman. Ini adalah jenis AC yang paling mudah dipasang dan paling murah untuk dibeli.


Ada 5 jenis AC monoblock yang berbeda

1. Pendingin Udara Portabel

    Paling Populer, Khususnya Untuk Pendingin Ruangan Single. AC portabel adalah unit AC paling populer yang dapat Anda temukan. Sangat mudah untuk melihat alasannya; jika Anda membutuhkan pendinginan, Anda membutuhkannya dengan cepat, murah, dan tanpa banyak keributan; unit AC portabel adalah yang Anda inginkan.

    Anda tidak perlu memasang atau memasangnya di ruangan tertentu. Mereka sangat mobile, selalu memiliki roda, dan Anda dapat memindahkannya semudah penyedot debu. Mereka juga cukup kecil. Kapasitasnya berkisar dari 5.000 BTU hingga 14.000 BTU ( unit AC portabel terbesar ).

Sebagai gambaran : 10.000 BTU AC , misalnya, cukup untuk mendinginkan ruangan seluas 400-450 kaki persegi (menurut grafik EnergyStar BTU ).

    Kekurangannya adalah Anda dapat memindahkan unit AC, tetapi Anda juga harus selalu memindahkan pipa udara. Udara panas harus pergi ke luar rumah. Untuk itu, setiap unit AC portabel dilengkapi dengan selang udara (diameter 4” hingga 6”) yang panjangnya bisa mencapai 10 kaki.

    AC portabel adalah unit AC yang berdiri sendiri dengan ventilasi udara untuk melepaskan udara panas. Itu datang di atas roda, dan Anda dapat memindahkannya dengan bebas. Saat Anda "memarkir" AC portabel di sebuah ruangan, Anda harus memasang selang ke perangkat dan meletakkan ujung lainnya keluar dari jendela atau pintu geser. Secara keseluruhan, Anda memiliki cukup banyak pilihan dalam memilih jenis AC portabel yang tepat.


2 Penyejuk Udara Jendela

Pendingin Udara Eropa 'Through-The-Wall'
    Di Eropa, ini cukup populer. Seluruh unit dienkapsulasi dalam satu cangkang, dan cangkang ini dibangun di dalam jendela atau melalui dinding.

    Itu langkah yang cukup cerdik jika Anda memikirkannya: satu bagian unit AC menghadap ke dalam ruangan sementara bagian lainnya menghadap ke luar. Anda tidak memerlukan dua perangkat atau satu perangkat dengan ventilasi udara; jendela AC cukup unik dengan cara ini

 .

    Sebuah AC jendela menghadap ke dalam di satu sisi dan di luar di sisi yang berlawanan. Itu dapat dipasang melalui jendela atau dinding. Jelas, tidak semua mawar, bahkan dengan unit AC jendela. Jika Anda ingin membangunnya di dinding, dinding tidak boleh lebih tebal dari 9”. Dinding yang tebal biasanya menghalangi aliran udara, dan unit AC jendela menjadi tidak hemat energi dibandingkan dengan unit AC jenis lainnya. Pendingin udara jendela terbesar dapat memberikan output pendinginan hingga 25.000 BTU .

    Dibandingkan dengan perangkat sistem terpisah, AC jendela lebih terjangkau dan lebih mudah dipasang. Beberapa model canggih juga menawarkan pemanasan selain efek pendinginan. Anda biasanya dapat menemukannya dengan remote control juga..


3.Unit AC yang Dipasang di Dinding / AC Splite

    Pendingin udara yang dipasang di dinding adalah perangkat pendingin khusus. Mereka sangat cocok untuk orang yang tinggal di bangunan tua yang menjadi sangat panas selama bulan-bulan musim panas.

    Jenis unit AC yang sempurna untuk digunakan di sini adalah perangkat sistem terpisah yang kuat, tetapi bangunan tua ini biasanya merupakan bagian dari warisan. Oleh karena itu, Anda tidak diperbolehkan untuk meletakkan cangkang AC di dinding luar.

Yang bisa Anda lakukan adalah memasang unit AC di dinding. Dengan penyangga yang kuat, Anda dapat menggantung AC jenis ini di dinding (semakin tinggi, semakin baik). Selain itu, Anda harus memasang 2 pipa udara melalui dinding di belakang unit AC agar udara panas dapat dikeluarkan di luar ruangan. Jelas, Anda akan membutuhkan bantuan profesionalinstalasi.


  

    Unit AC yang dipasang di dinding dipasang di dinding. Dua pipa melewati dinding untuk melepaskan udara panas di luar ruangan. Pendingin udara yang dipasang di dinding biasanya sedikit lebih besar. Juga, jika Anda menjalankannya terus menerus pada 100%, dinding di belakang mereka bisa menjadi sangat panas. Kedua pipa udara yang menyebarkan panas di luar ruangan dapat sedikit memanas jika Anda tidak berhati-hati.

    Jenis AC yang dipasang di jendela dengan pemanas built-in bisa lebih mahal tetapi akan menyediakan sumber pemanas di musim dingin serta sumber pendinginan di musim panas.


4 Floor Mounted Air Conditioners/AC Standing




    Menjadi Usang Dengan Pendingin Udara Portabel Tetapi Juga Dapat Digunakan Sebagai Pemanas Unit AC yang dipasang di lantai sangat mirip dengan AC yang dipasang di dinding. Cukup banyak satu-satunya perbedaan di antara mereka adalah, Anda dapat menebaknya, bahwa lantai dipasang di lantai, bukan di dinding.

    AC jenis ini juga memiliki dua pipa logam yang menembus dinding untuk mengeluarkan udara panas. Namun, kita melihat semakin sedikit dari mereka. Ini mungkin tidak biasa mengingat betapa hemat energi mereka.

    Meskipun demikian, mereka memakan banyak ruang dan tidak dapat disimpan selama bulan-bulan musim panas seperti AC portabel. Mereka bisa datang built-in di gedung-gedung tua tetapi, sejujurnya, tidak ada arsitek yang layak dengan memasukkannya ke dalam desainnya di abad ke-21.


5. Pendingin Spot Untuk Kapal

    Unit AC Bergerak Industri Besar (Penggunaan Khusus). Yang besar ini hanya berguna untuk pria yang memiliki kapal, kapal, atau bahkan pesawat terbang. 'Spot cooler' biasanya memiliki kapasitas lebih dari 30.000 BTU; yang kemampuan seperti itu, Anda dapat mendinginkan perahu berukuran sedang.


     AC 'Spot Cooler' berukuran besar dan digunakan untuk mendinginkan seluruh kapal. Kedua pipa menangani pertukaran udara panas dan dingin. Kami menyebutkan mereka karena mereka unik sejauh mana mereka diposisikan. Pendingin tempat bergerak dan "diparkir" di luar kapal (sisi hangat).

    Sebagian besar jenis AC ditempatkan di dalam ruangan (sisi dingin). Pendingin spot memiliki dua atau lebih pipa yang masuk ke dalam kapal dan menyedot udara hangat keluar sambil meniupkan udara dingin ke dalam.




Unit AC Sistem Terpisah (4 Jenis Berbeda)

    Pendingin udara sistem split terdiri dari dua cangkang. Di dalam rumah ada cangkang yang lebih kecil (seksi), dan cangkang yang lebih besar lebih berisik (lebih jelek) ada di luar.

Itu berarti bahwa koil pendingin ada di dalam rumah Anda dan koil pemanas yang mengeluarkan panas dan kompresor berada di luar rumah Anda. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki AC jenis ini:
  • Mereka sangat tenang (kompresor ada di luar, ingat?).
  • Mereka memiliki kapasitas besar dan dapat mendinginkan rumah Anda dengan cepat dan efisien.
  • Cangkang bagian dalam biasanya lebih kecil dan terlihat lebih baik.
  • Ventilasi udara tidak diperlukan seperti pada unit AC monoblok.

Jelas, dua kekurangannya adalah harga yang lebih tinggi, bukan pemasangan yang mudah dan Anda harus memasang unit luar di suatu tempat di atau di dekat rumah Anda. Pendingin udara sistem split, di atas segalanya, sangat mampu mendinginkan seluruh rumah Anda. Berikut adalah beberapa jenis AC split-system:


1. Pendingin Udara Sentral / AC Central

    Solusi Sehat Untuk Setiap Rumah (Paling Populer). Lebih dari 50% rumah di AS memiliki "udara sentral'. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ini adalah sistem pipa saluran udara yang dapat menyebar ke ruangan mana pun di rumah atau apartemen Anda. Aman untuk mengatakan bahwa AC sentral adalah yang paling rumit untuk dipasang tetapi paling mudah dioperasikan.

    Sistem AC yang dipasang di saluran ini biasanya sudah terpasang sebelumnya di rumah Anda. Jika Anda mencari pengganti untuk unit AC Anda saat ini, AC sentral akan bagus, tetapi proses pemasangannya saja yang merepotkan.

    Pendingin udara sentral (kadang-kadang disebut sebagai 'penyejuk udara saluran') menggunakan kombinasi udara dalam dan luar ruangan, mendinginkannya, dan membuat segalanya terlihat mudah. Pembangkit tenaga listrik seluruh unit adalah shell unit AC sentral yang terletak di luar, biasanya melekat pada rumah atau di halaman.


    Pembangkit tenaga AC sentral adalah unit luar yang melekat pada rumah atau terletak di tengah halaman. Jelas, Anda membutuhkan seorang insinyur ahli untuk memasang pipa AC di rumah Anda. Jika Anda memiliki unit AC sentral yang ada, Anda juga dapat memanggil ahli pengganti AC untuk membantu Anda. Udara sentral bukanlah proyek DIY yang sederhana.


2. Pendingin Udara Terpasang di Dinding Dan Di Lantai

    Sama Seperti Unit AC Stand-Alone Tetapi Dengan Instalasi Sistem Split Yang Lebih Tenang Dan Lebih Kuat. Unit AC yang dipasang di dinding atau lantai dapat berupa sistem yang berdiri sendiri atau instalasi sistem terpisah. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh untuk memiliki AC split-system 15.000 BTU yang dipasang di dinding yang lebih tenang daripada AC portabel 6.000.

Berikut adalah tampilan AC yang dipasang di lantai saat dipasang:


    Pendingin udara yang dipasang di lantai: Anda bahkan dapat memasang 2 atau 3 unit AC internal pada cangkang AC eksternal yang sama. Salah satu keuntungan dari jenis AC ini adalah Anda dapat menghubungkan 2 atau 3 unit AC seperti ini ke satu cangkang AC luar (generator dengan ventilator dan kompresor).


Dalam praktiknya, ini berarti Anda dapat memiliki 3 unit, misalkan 9.000 BTU, 12.000 BTU , dan 15.000 BTU unit di dalam rumah. Di luar rumah, Anda akan memiliki generator yang lebih besar dan lebih berisik. Sistem seperti itu memiliki kapasitas 38.000 BTU, yang sangat tidak mungkin dicapai oleh AC jenis apa pun.


4. Jenis AC Langit-Langit / AC Cassette

Unit Berkapasitas Tinggi Estetika Sempurna Untuk Kantor
Jenis AC seperti kaset ini paling cocok untuk ruang kantor. AC dipasang di langit-langit (atau bahkan digantung di langit-langit) dan secara efektif dipasang ke pipa udara tak terlihat di seluruh gedung.


Keuntungan utama dari AC langit-langit adalah estetika dan kekuatan.
  • Singkatnya, mereka biasanya memiliki desain yang tampak modern, tidak 'menonjol' dari dinding atau dari lantai, dan terlihat mahal (sebenarnya mahal, jujur ​​saja). Satu-satunya hal yang 'menonjol' dari langit-langit adalah 4 kisi-kisi outlet. AC langit-langit: Terlihat elegan dan bertenaga. Sempurna untuk kantor.
  • Bagian lainnya adalah kekuatan belaka. Karena aliran udara menempel pada aliran udara sentral, salah satu AC jenis kaset ini dapat menggantikan hingga 5 AC jendela dan hingga 7 AC portabel.
  • Mengingat posisinya, arah pendinginan udara adalah vertikal, bukan horizontal. Sebagian besar AC dipasang di dinding dan menghasilkan 'angin samping ' . Karena AC kaset dipasang di langit-langit, Anda akan merasakan 'angin turun' saat berdiri di bawah unit AC.


4. Mini-Split System Ductless Air Conditioners

    Saat Ini Jenis Pendingin Udara Besar Yang Paling Populer Pendingin udara mini-split mengambil alih industri HVAC. Pendingin udara portabel sistem split

    Biaya pemasangan lebih rendah daripada udara sentral dan cassette. Efisiensi energi yang sangat tinggi. Kisaran kapasitas besar; dari 12.000 BTU menjadi 60.000 BTU. Sistem mini-split cukup mudah dipahami. Anda memiliki satu kumparan di dalam yang mengumpulkan panas di dalam ruangan dan kumparan lainnya di luar rumah/apartemen di mana panas dari dalam hilang di luar.


    Pengaturan AC yang dipasang di dinding: Bagian luar adalah bagian ventilator dan kompresor yang berisik dan jelek. Bagian dalam adalah bagian pendinginan yang tenang dan indah. Anda dapat dengan mudah mengatur suhu dengan remote control.

    Sebagian besar waktu, kita harus melihat (dan mendengar) cangkang bagian dalam AC yang dipasang di dinding atau yang dipasang di lantai. Shell sistem split biasanya lebih kecil, terlihat bagus, dan, di atas segalanya, tenang. Itu karena kompresor – benda di unit AC yang paling banyak menghasilkan kebisingan – terletak di cangkang di bagian luar rumah.

    Mini-split standar memiliki 1 unit outdoor dan 1 indoor. Jika Anda ingin memasang unit dengan kapasitas lebih besar dan di beberapa ruangan, Anda dapat memilih sistem dengan:
  • 1 unit luar ruangan dan 2 unit dalam ruangan; pemisahan mini zona ganda . Kapasitas rata-rata: 27.000 BTU.
  • 1 unit luar ruangan dan 3 unit dalam ruangan; Pemisahan mini 3-zona . Kapasitas rata-rata: 36.000 BTU.
  • 1 unit luar ruangan dan 4 unit dalam ruangan; Pemisahan mini 4-zona . Kapasitas rata-rata: 36.000 BTU.
  • 1 unit luar ruangan dan 5 unit dalam ruangan; Pemisahan mini 5-zona . Kapasitas rata-rata: 48.000 BTU.
Sebagai aturan umum, unit AC sistem split lebih kuat, tetapi cenderung lebih kompleks dan lebih mahal.

Post a Comment for "Jenis-Jenis AC "