Cara Kerja Solar Hard - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Solar Hard

Pemanas Air Tenaga Surya-Bagaimana cara kerjanya?


Pemanas air tenaga surya digunakan untuk memanaskan air dengan menggunakan sinar matahari. Ini terutama terdiri dari:

1. Panel termal (kolektor surya) yang dipasang di atap.
2. Sebuah tangki yang digunakan untuk menyimpan air panas.
3. Pompa sirkulasi untuk membawa energi matahari dari kolektor ke tangki, dan pengatur panas.



Pemanas air tenaga surya datang dalam berbagai desain

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya
Pemanas air tenaga surya menyerap cahaya melalui kolektor yang ditempatkan di atap dan mengubahnya menjadi panas. Ini melewatkan panas ini ke tangki air melalui pompa sirkulasi. Pertukaran ini dipicu oleh pengatur termal, tetapi hanya ketika kolektor lebih panas daripada air di dalam tangki. Ini mencegah pompa sirkulasi menggunakan listrik secara tidak perlu. Sebaliknya, itu juga mencegah panas berlebih.


Efisiensi pengumpul
Efisiensi pengumpul paling tinggi pada siang hari, di musim panas, ketika langit tidak berawan, dan ketika pengumpul menghadap ke selatan.
Ketika tidak ada cukup sinar matahari, air dipanaskan terlebih dahulu dan sistem cadangan mengambil alih untuk membawa air ke suhu yang diperlukan. Oleh karena itu, sistem ini dapat digunakan untuk menghasilkan air panas pada suhu konstan sepanjang tahun tanpa mengeluarkan CO2.
Pemanas air tenaga surya biasanya dideskripsikan menurut jenis kolektor dan sistem sirkulasinya.





Tipe kolektor

Kolektor batch,
Kolektor batch juga disebut sistem Integrated Collector-Storage (ICS), memanaskan air dalam tangki. Air dapat tetap berada di kolektor untuk waktu yang lama sehingga sangat panas jika permintaan rumah tangga rendah. Sebuah katup temper ada untuk perlindungan dari panas di keran. Ini dicampur dalam air dingin untuk menurunkan suhu air sebelum dikirim ke keran. Kolektor batch tidak kompatibel dengan sistem sirkulasi loop tertutup. Mereka umumnya tidak digunakan di iklim dingin.

height="250" width="400"/>

Kolektor pelat datar
Kolektor pelat datar terdiri dari tabung tembaga yang dipasang pada pelat penyerap datar. Konfigurasi yang paling umum adalah serangkaian tabung paralel yang terhubung di setiap ujungnya oleh dua pipa, manifold inlet dan outlet. Rakitan pelat datar terkandung dalam kotak berinsulasi dan ditutup dengan kaca temper.



Kolektor tabung yang dievakuasi
Kolektor tabung yang dievakuasi adalah kolektor paling efisien yang tersedia. Sebuah tabung kaca atau logam yang berisi air atau fluida perpindahan panas dikelilingi oleh tabung kaca yang lebih besar. Ruang di antara mereka adalah ruang hampa, jadi sangat sedikit panas yang hilang dari cairan.



Sistem Sirkulasi
Sistem langsung mengedarkan air melalui kolektor surya di mana ia dipanaskan oleh matahari. Air yang dipanaskan kemudian disimpan dalam tangki, dikirim ke pemanas air tanpa tangki, atau digunakan langsung.



Sistem loop tertutup, atau tidak langsung
Sistem loop tertutup, atau tidak langsung menggunakan cairan yang tidak membeku untuk mentransfer panas dari matahari ke air dalam tangki penyimpanan. Energi panas matahari memanaskan cairan di kolektor surya. Kemudian, cairan ini melewati penukar panas di tangki penyimpanan, mentransfer panas ke air. Cairan yang tidak membeku kemudian berputar kembali ke kolektor.



Sistem aktif, atau sirkulasi paksa
Sistem aktif, atau sirkulasi paksa, menggunakan pompa, katup, dan pengontrol listrik untuk memindahkan air dari kolektor ke tangki penyimpanan.



Sistem pasif 
Sistem pasif tidak memerlukan pompa. Konveksi alami memindahkan air dari kolektor ke tangki penyimpanan saat memanas.



articel by : https://medium.com/@alphazee17/solar-water-heater-how-does-it-works-cb0d0cc78968

Post a Comment for "Cara Kerja Solar Hard"