Cara Kerja Mesin Cuci - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Mesin Cuci


Bagaimana Cara Kerja Mesin Cuci?


    Mesin cuci membuat tugas-tugas rumah tangga jadi lebih mudah, terutama jika Anda memiliki keluarga besar dan banyak cucian yang harus dilakukan. Meskipun menggunakan mesin cuci mungkin tampak jauh lebih mudah daripada mencuci beban dengan tangan, ada mekanisme kompleks di dalam mesin cuci Anda, jadi cari tahu lebih lanjut tentang cara kerja mesin cuci dan banyak lagi! 

Kenali bagian-bagian mesin cuci
    Konsep mesin cuci adalah cukup sederhana – ini mengaduk pakaian Anda dalam busa sabun dan air untuk menghilangkan kotoran dan noda sebelum berputar untuk mengalirkan air setelah siklus. Komponen utama mesin cuci adalah drum yang berisi air, tetapi tahukah Anda bahwa mesin cuci sebenarnya memiliki dua drum, bukan satu? Mesin cuci rata-rata Anda terdiri dari:

  • Sebuah drum bagian dalam. Di sinilah Anda meletakkan pakaian ketika Anda siap untuk mencuci. Anda akan melihat drum ini berputar sedikit saat Anda menyentuhnya dan ada banyak lubang yang dilubangi ke dalam drum. Ini memungkinkan air masuk dan mencuci pakaian.
  • Dayung. Ini adalah tonjolan yang terletak di tepi drum dan membantu memindahkan pakaian Anda saat dicuci.
  • Agitator. Ini lebih umum di mesin beban atas dan merupakan dayung di tengah yang membantu membalikkan pakaian di dalam air sabun.
  • Drum luar. Ini tidak jelas ketika Anda melihat ke dalam mesin cuci, tetapi ada drum lain yang menahan air saat drum bagian dalam atau agitator berputar. Bagian ini benar-benar kedap air untuk mencegah mesin Anda bocor ke seluruh kamar mandi atau dapur!
  • Termostat dan elemen pemanas. Ini mengontrol suhu air dan memanaskan air ke suhu yang ditentukan.
  • Pompa. Ini menghilangkan air dari drum setelah dicuci.
  • Programmer. Ini mengontrol mesin cuci melalui semua langkah mulai dari mencuci hingga membilas dan mengeringkan mesin cuci.
  • Pipa dan katup. Ini memungkinkan air masuk dan keluar dari mesin cuci.


Program dan mengapa Anda membutuhkannya
    Program, seperti pencucian halus, pencucian warna atau pra-rendam, adalah salah satu fitur mesin cuci, terutama mesin cuci otomatis penuh, yang memberi Anda pilihan saat datang ke bagaimana Anda ingin mencuci pakaian Anda. Jika Anda memerlukan suhu tertentu atau Anda mencuci dengan kain tertentu, program akan membantu Anda menemukan kondisi pencucian yang optimal untuk kebutuhan cucian Anda, mulai dari memilih suhu pencucian yang tepat hingga menyetel waktu pencucian Anda.

Mesin cuci semi-vs sepenuhnya otomatis
    Ada banyak mesin cuci di luar sana, dan yang Anda pilih sangat tergantung pada kegunaan mesin cuci Anda, serta faktor-faktor seperti biaya dan kenyamanan. Mesin cuci yang sepenuhnya otomatis, seperti namanya, melakukan semuanya secara otomatis dengan menekan sebuah tombol. Mesin cuci semi-otomatis mungkin merupakan langkah maju dari mencuci tangan, tetapi Anda mungkin perlu melakukan beberapa proses sendiri, seperti memindahkan pakaian basah ke dalam mesin pengering.

Front load vs top load
    Salah satu hal yang perlu diketahui tentang mesin cuci adalah ketika berbicara tentang mesin cuci otomatis penuh, Anda mendapatkan dua jenis mesin cuci – satu yang terbuka dari atas, yang disebut mesin cuci bukaan atas, dan yang terbuka dari samping, mesin cuci bukaan depan. Kedua mesin memiliki fitur mesin cucinya masing-masing, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Cara memasang mesin
    Sebaiknya meminta tukang ledeng untuk memasang mesin Anda, tetapi pertama-tama Anda perlu tahu di mana harus meletakkan mesin cuci Anda. Mempertimbangkan dimensi mesin cuci, bersama dengan kebutuhan pipa ledengnya, terutama karena mesin cuci yang sepenuhnya otomatis akan membutuhkan pasokan air terus menerus. Hubungkan dan pasang mesin cuci Anda dan pastikan semua elektronik dan pipa aman sebelum Anda menekan tombol on.

Cara menggunakan mesin
    Setiap mesin cuci berbeda. Sebuah mesin cuci otomatis penuh, bahkan antara beban atas dan beban depan, atau mesin cuci semi otomatis akan bekerja secara berbeda jika dibandingkan satu sama lain. Satu hal yang penting adalah deterjen yang Anda gunakan, dan pertanyaannya, bisakah Anda menggunakan bubuk cuci tangan di mesin cuci? akan muncul. Jawaban singkatnya adalah tidak. Bubuk cuci tangan menghasilkan terlalu banyak busa dan dapat meninggalkan Anda dengan hasil cucian yang buruk dan bahkan mempengaruhi kinerja mesin cuci lebih bagus gunakan deterjen jenis liquid. Ariel dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Anda dan diformulasikan secara unik untuk memastikan kinerja terbaik di dalam mesin cuci Anda. 





source of : https://www.ariel.in/en-in/washing-machine-101/your-guide-to-washing-machines/how-they-work

Post a Comment for "Cara Kerja Mesin Cuci"