Cara Kerja AC Splite - Firdaus Technic Maintenance -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja AC Splite



Cara Kerja AC Rumahan




Memahami Sistem AC

    Sementara kebanyakan orang mengasosiasikan AC dengan dingin, ilmu di balik membuat rumah Anda lebih dingin sebenarnya berhubungan dengan perpindahan panas. Ketika panas itu hilang, atau dihilangkan, udara dingin yang tersisa mendinginkan rumah Anda. Untuk memahami sistem ini dengan lebih baik, mari kita lihat komponen utama. Sistem AC sentral Anda memiliki dua komponen utama: unit dalam-ruangan, dan unit luar-ruang. Mereka bekerja bersama-sama untuk menjaga rumah Anda tetap nyaman sepanjang tahun.




Unit dalam ruangan / Mesin Indoor
    Unit dalam ruangan biasanya terletak di lemari atau ruang bawah tanah, dan dekat dengan tempat filter tungku Anda berada. Unit terdiri dari kotak koil yang berisi apa yang disebut evaporator. Evaporator memungkinkan refrigeran cairan pendingin di dalam pipa koil yang terkadang dikenal dengan nama Freon menguap dan menyerap panas. Setelah panas diserap dari dalam rumah Anda, ia tidak meninggalkan apa-apa selain udara dingin untuk dikirim kembali ke rumah Anda.

    

    Sama seperti air menyerap panas dari kompor Anda untuk merebus (atau menguap), zat pendingin menyerap panas dari rumah Anda. Ini berarti bahwa baik air dan zat pendingin berubah dari cair menjadi uap saat mereka menyerap panas.





Unit Luar Ruang / Mesin Outdoor
    Unit outdoor biasanya terletak di bagian belakang atau samping rumah Anda dan di situlah panas dari dalam rumah Anda tersebar. Ini berisi kompresor, koil kondensor dan kipas. Panas yang diserap dari udara rumah Anda ditransfer ke refrigeran dan kemudian dipompa ke unit luar ruangan. Saat panas ini diserap dan dipindahkan oleh refrigeran ke koil luar, ia melewati kompresor.


    Kompresor di sistem pendingin udara Anda memiliki tugas utama untuk memindahkan refrigeran ke seluruh sistem. Ini penting karena kita dapat terus menggunakan kembali refrigeran untuk mendinginkan rumah kita. Refrigeran dikompresi ke tekanan yang lebih tinggi, dan dipindahkan melalui koil luar yang dikenal sebagai kondensor. Saat refrigeran melewati kondensor, kipas mengirimkan udara sekitar melintasi koil kondensor yang menyebabkannya menjadi dingin.

    Saat proses selesai, panas dari dalam rumah Anda tersebar ke udara di luar rumah Anda. Refrigeran kemudian dipompa kembali ke dalam ruangan dan seluruh proses berulang.




kurang lebih seperti gambar di bawah ini cara kerjanya :








sumber :  https://www.ac-heatingconnect.com/homeowners/homeowner-behind-the-scenes-how-your-air-conditioner-works/

Post a Comment for "Cara Kerja AC Splite"