-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab AC Kondensasi



Apa Penyebab Kondensasi pada Ventilasi AC?


kondensasi pada ventilasi AC





    Jika Anda melihat kondensasi pada ventilasi AC (ventilasi AC "berkeringat / berembun yang berlebihan") atau lebih buruk lagi, ventilasi AC bocor air, Anda berhak untuk khawatir dan mulai menyelidiki apa yang mungkin terjadi. Jika Anda membiarkannya pergi, Anda bisa berakhir dengan kerusakan properti bersama dengan tagihan perbaikan AC potensial.

    Mari kita bahas bagaimana kelembaban bisa masuk ke ventilasi AC Anda, dan potensi kerusakan yang bisa terjadi. Kemudian kami akan menjelaskan kemungkinan penyebabnya. Penting untuk memeriksanya, karena air di ventilasi AC Anda mungkin merupakan kondensasi, tetapi juga mungkin berasal dari saluran atau AC Anda sendiri.







Dari mana kondensasi pada ventilasi AC berasal?

    Hal pertama yang harus Anda pahami adalah bahwa kondensasi sering terjadi saat cuaca panas dan lembab. Pengembunan adalah uap air yang berubah menjadi bentuk cair ketika udara hangat dan lembab bersentuhan dengan permukaan yang dingin. Saat Anda meninggalkan minuman dingin di hari yang panas dan lembab, Anda akan melihat kondensasi terkumpul di permukaan gelas yang dingin. Kondensasi yang Anda lihat di ventilasi AC juga terjadi di sana. Dalam hal ini, permukaan yang dingin adalah ventilasi atau register AC Anda.

    Mungkin juga kondensasi pada ventilasi AC Anda (terutama jika uap air benar-benar menetes) mungkin berasal dari dalam saluran Anda. Dalam hal ini, Anda mungkin mengalami pengembunan di saluran serta ventilasi AC. Atau, uap air mungkin berasal dari unit AC Anda dan menetes melalui saluran hingga keluar dari ventilasi AC.

    Ada juga kemungkinan kelembapan yang Anda lihat di ventilasi AC mungkin berasal dari kebocoran atap di atas saluran, atau dari kebocoran pipa di langit-langit atau dinding. Jika Anda memiliki akses, Anda mungkin mulai dengan mengesampingkan kemungkinan tersebut.






Kondensasi dapat menyebabkan kerusakan yang mahal

    Masalah dengan kondensasi (atau uap air yang keluar dari sistem AC Anda) adalah kerusakan air yang dapat terjadi seiring berjalannya waktu, jika Anda tidak menangani penyebab yang mendasarinya.

    Tergantung pada sumber kelembaban dan dan berapa lama terakumulasi, Anda dapat berakhir dengan langit-langit dan dinding yang rusak, serta kerusakan pada lapisan isolasi saluran instalasi AC Anda. Dalam kasus terburuk, Anda bisa berakhir dengan pertumbuhan jamur. Dan itu bukan main-main karena bisa membuat orang sakit.

    Jadi, berikut adalah beberapa tips untuk memecahkan masalah penyebab kondensasi pada ventilasi AC Anda, dan langkah-langkah apa yang Anda perlukan untuk mengatasi masalah tersebut.


Penyebab & perbaikan umum untuk kondensasi pada ventilasi AC


Kurangnya isolasi saluran atau isolasi yang rusak

    Jika Anda memiliki saluran AC yang terbuat dari lembaran logam tanpa insulasi, atau saluran dengan insulasi yang rusak, kemungkinan besar Anda akan mengalami kondensasi di dalam saluran dan juga kondensasi pada ventilasi AC. Itu terjadi karena udara hangat dan lembab di luar saluran bocor ke dalam, di mana ia bersentuhan dengan dinding saluran yang dingin. Jelas dingin di dalam saluran karena AC Anda meniupkan udara dingin melaluinya dan masuk ke ruang Anda.

    Terkadang masalah ini diperparah dengan kurangnya ventilasi di kamar, ruang server, atau lemari di mana saluran AC terkadang ditempatkan. Itu bisa menyebabkan penumpukan kelembapan dan kelembapan.

    Untuk mengetahui apakah ini penyebab kondensasi Anda, lihat saluran Anda. Lebih baik minta ahlinya untuk melakukan pemeriksaan, karena mungkin sulit bagi Anda untuk melihat sendiri bagian dalam saluran dan jika ada air di dalamnya, mungkin ada jamur.

    Untuk memperbaiki masalah kondensasi, Anda mungkin perlu memasang saluran instalasi baru, atau menambahkan instalasi di bagian luar saluran yang ada.




Pembungkus / Harmaplek bocor

    Saluran AC Anda terbuat dari logam tembaga untuk sirkulasi freon biasanya di bungkus menggunakan semacam gabus khusus yang bisa di sebut harmaplek, fungsi harmaplek sendiri adalah untu menahan embun dari pipa tembaga. Harmaplek sendiri biasanya perlu di ganti jika sudah berumur sekitar 2th lebih tergantung penggunaan pada AC juga, jika AC digunakan sangat intens seperti ruang server yang 24 jam nonstop biasanya harmaplek akan cepat rusak karena sudah tidak mampu menahan embun dari pipa AC. Harmaplek juga bisa bocor jika pemasangan nya tidak benar seperti setelah di pasang harmaplek tidak di lapisi dengan lakban khusus harmaplek atau biasa di sebut daktif. Harmaplek juga tida tahan panas, contoh misal instalasi pipa yang di luar ruangan atau di atas bangunan maka harmaplek langsung terkena sinar matahari dan hujan kurang dari 1th harmaplek ini akan rapuh dan rusak meskipun sudah di lapisi daktif

    Masalah ini lumayan sulit untuk diperbaiki, jika instalasi pipa berada di atas plafon atau bahkan biasanya di tanam di dalam tembok. untuk mengatasi supaya harmaplek ini awet jangan terlalu sering menggunakan AC suhunya di bawah 20 derajat. 




Saluran pembuangan air tersumbat atau pompa pembuangan rusak

    Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kondensasi bukan satu-satunya penyebab kelembaban di saluran Anda atau menetes dari ventilasi AC Anda. Air mungkin kondensat yang berasal dari sistem pendingin udara Anda. Ini mungkin yang Anda khawatirkan saat pertama kali memperhatikan kelembapannya.

"pompa pembuangan biasanya ada pada ac besar seperti AC Cssette, Standing Floor dan Ducting"

    Kondensat adalah uap air yang ada pada AC, seperti kondensasi yang telah kami jelaskan sebelumnya. Kondensat adalah produk sampingan dari sistem pendingin Anda: ini adalah kelembapan yang dikeluarkan oleh sistem AC Anda dari udara dan "mengembun" menjadi bentuk cair dalam proses pendinginan udara di ruang Anda. Biasanya, kondensat terakumulasi pada koil evaporator dan mengalir melalui tabung yang disebut saluran pembuangan, kadang-kadang mengosongkan ke dalam tampungan pembuangan dan terkadang dipompa oleh pompa kondensat (tergantung pada desain sistem Anda).

    Jadi ada beberapa hal yang bisa salah di sini. Saluran pembuangan bisa tersumbat, menyebabkan air bocor. Talang pembuangan bisa tersumbat, menyebabkannya meluap. Atau, jika Anda memiliki pompa, pompa bisa berhenti bekerja. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan air berakhir di saluran Anda, dan akhirnya menetes melalui ventilasi AC Anda.

    Jika Anda memiliki akses ke sistem, Anda dapat melihat apakah Anda dapat membersihkan saluran pembuangan yang tersumbat. Tetapi Anda lebih baik memanggil seorang profesional untuk mengetahui akar masalahnya dan kami Firdaus Technic Maintenance siap membantu.



Pipa dan Evaporator beku

    Pipa instalasi dan pipa evaporator beku adalah kemungkinan penyebab lain dari air yang berasal dari ventilasi AC Anda. Dalam hal ini, Anda mungkin juga akan melihat bahwa sistem tidak mendingin dengan baik dan hanya ada sedikit udara yang keluar dari ventilasi Anda. Jika Anda mematikan sistem Anda untuk menyelidiki, dan kemudian melihat air, Evap beku bisa menjadi masalah Anda. Es pada Evap dapat mulai mencair, menetes melalui saluran dan ventilasi AC Anda.

    Evaporator beku sering disebabkan oleh masalah aliran udara (seperti filter tersumbat) atau mungkin kebocoran refrigeran. Dalam hal ini, yang terbaik adalah memeriksa sistem Anda oleh seorang profesional. Ketegangan pada sistem dari kumparan beku dapat menyebabkan kegagalan kompresor, yang jelas merupakan sesuatu yang ingin Anda hindari! Juga, jadilah cerdas dan jangan mencoba menangani bahan kimia pendingin tanpa pelatihan.




Jika Anda berada di area bengkel kami Firdaus Technic Maintenance, Kami siap membantu, jadi Anda tidak perlu mempertaruhkan keselamatan Anda! Hubungi kami sekarang.


Post a Comment for "Penyebab AC Kondensasi"