-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab AC Bau


6 Alasan Mengapa AC Bau & Solusi Terbaik




    Bayangkan Anda pulang ke rumah setelah hari yang panjang, panas, dan lembap. Anda melepas sepatu bot Anda, melonggarkan dasi Anda, dan menyalakan AC Anda, tetapi mencium sesuatu yang salah.


Bau busuk memenuhi kamar Anda, memaksa Anda untuk mematikan AC.
Anda bertanya-tanya, mengapa AC saya berbau tidak enak? Apakah ini berarti lebih banyak penghematan yang sia-sia?


    Dalam posting ini, kami akan membahas beberapa alasan umum mengapa Anda mungkin memiliki bau busuk dari AC Anda. Baunya bisa apa saja, seperti bau seperti kaus kaki basah, sesuatu yang terbakar, atau bahkan bau berasap.

    Mari kita bahas beberapa kemungkinan bau yang mungkin dialami oleh pemilik AC dan cari tahu alasan kemunculannya, beserta solusinya.



    Jenis-Jenis Bau AC, Kemungkinan Penyebabnya dan Yang Dapat Anda Lakukan, alah satu hal paling serius yang harus dihadapi pemilik rumah adalah bau AC yang tidak sedap. Tapi masalahnya adalah Anda tidak akan tahu apakah bau itu berasal dari unit Anda, jenis bau apa yang menunjukkan masalah apa, atau seperti apa bau Freon. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu!


Kami telah menjelaskan secara rinci tentang setiap jenis bau yang dapat Anda alami jika Anda memiliki AC. Jadi mari kita lihat : 


1. Air Conditioner Bau Seperti Knalpot Mobil

    Sebuah AC tidak berjalan pada mesin pembakaran internal. Jadi, tidak ada alasan mengapa AC Anda harus berbau seperti knalpot mobil yang sedang berjalan. Namun, AC Anda memang menggunakan beberapa cairan, dan ketika dipanaskan, mereka bisa berbau seperti asap knalpot.

    Bau dari AC seperti ini kemungkinan besar berarti ada kebocoran di saluran refrigeran Anda. Refrigeran adalah agen pendingin di dalam AC Anda, dan kebocoran dapat memengaruhi kinerja unit AC Anda. Selain itu, ia melepaskan bahan kimia ke udara dan dengan demikian dapat berbahaya bagi lingkungan.

    Bau gas Freon, Freon adalah zat pendingin yang umum digunakan di AC Anda. Freon menyerap panas dari udara dalam ruangan, yang dilepaskan di luar. Tapi itu bisa sangat berbahaya bagi lingkungan. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati jika mencurigai ada kebocoran Freon.


    Setiap kali Anda membaca sesuatu tentang kebocoran refrigeran, Anda pasti berpikir, seperti apa bau Freon?


    Kebocoran Freon akan berbau seperti kloroform yang manis atau, dalam istilah yang lebih sederhana, seperti cairan pendingin mobil Anda tetapi dengan bau yang manis. Meskipun ini adalah gas yang hampir tidak berbau, Anda masih dapat mendeteksi baunya. Tapi Freon, karena lebih berat dari udara, tidak bertahan lama di udara, dan turun ke lantai cukup cepat.

    Jika AC Anda mengeluarkan bau seperti bahan kimia, Anda harus segera memeriksakannya ke profesional. Kebocoran Freon bisa berbahaya, dan spesialis teknisi AC bersertifikat akan segera memperbaikinya. Sementara itu, buka jendela dan pastikan rumah Anda berventilasi. Ini tidak hanya akan mencegah bau tetapi juga mencegah efek berbahaya dari kebocoran bahan kimia.



2. AC Bau Seperti Ada yang Terbakar

    Kesalahan listrik di AC yang mengakibatkan bau terbakar dari AC. Ada banyak komponen listrik di dalam unit AC Anda—papan sirkuit, kabel daya, kipas, dan kompresor, dll. Jika AC Anda berbau seperti bubuk mesiu atau plastik yang terbakar, itu mungkin berarti salah satu, atau bahkan beberapa dari komponen ini, benar-benar terbakar. Dalam hal ini, segera matikan AC Anda dan konsultasikan dengan profesional setempat untuk mendapatkan solusinya.


Jangan mencoba melakukan perbaikan mandiri dengan masalah seperti ini; itu bisa berbahaya.


    Alasan lain yang lebih umum untuk bau AC seperti itu adalah debu dapat mengendap di dalam unit Anda setelah lama tidak aktif. Ketika dinyalakan setelah waktu yang lama, debu ini dapat terbakar dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ini hanya sementara dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Meskipun jika baunya tetap ada, AC mulai tidak berfungsi atau baunya sangat menyengat, Anda harus mematikan unit dan segera menghubungi ahli perbaikan AC setempat.


3. Apakah Anda Mencium Bau Telur Busuk Dari AC Anda

    Hewan mati di dalam AC (AC bau telur busuk). Bau AC yang busuk atau busuk biasanya diakibatkan oleh hewan pengerat atau makhluk yang mati tersangkut di AC. Ini adalah bau khas dan berbeda yang pasti tidak bisa Anda salahkan untuk hal lain. Burung dan serangga dapat bersarang atau berlindung di saluran kerja Anda dan, sayangnya, terjebak di dalam peralatan. Seiring waktu, hewan yang sekarat ini mengeluarkan bau yang tidak sedap. Segera setelah Anda menyalakan AC, itu bisa mengeluarkan bau busuk ke rumah Anda. Hewan yang mati atau terjebak juga dapat merusak berbagai komponen dalam sistem Anda. Jika Anda memiliki sistem pendingin udara tanpa saluran/sentral, kadal dan makhluk lain terkadang dapat masuk ke unit dalam ruangan Anda dan membuat pengalaman yang tidak menyenangkan.

    Yang terbaik adalah selalu melindungi unit Anda dari hama untuk menghindari skenario buruk seperti itu dan membuat AC Anda berbau seperti bangkai. Anda selalu dapat menghubungi teknisi untuk membantu mengeluarkan hewan yang mati, atau Anda dapat memperbaiki sendiri masalah ini!

    Anda perlu menemukan saluran yang tepat dari mana bau busuk meletus, gunakan obeng untuk melepas penutup, dan kemudian lepaskan bangkai dengan hati-hati. Ini bisa menjadi rumit jika hewan yang mati tidak terlihat. Jauhkan obor dalam jangkauan cepat. Setelah dihapus, bersihkan area tersebut dengan lembut dan pastikan sudah kering. Disarankan untuk memeriksa saluran kerja Anda untuk memastikan tidak ada yang rusak dan menutup semua titik masuk.


4. Apakah Anda Mencium Gas dan Merasa Ada Sigung di Rumah?

    Bau AC ini adalah yang paling mengkhawatirkan dalam daftar kami. Lebih sering daripada tidak, ini menunjukkan kebocoran gas di dalam sistem, khususnya, Methyl Mercaptan.

    Gas alam sendiri tidak berbau, tetapi utilitas dan distributor gas dimasukkan ke dalam Methyl Mercaptan untuk memberikan bau yang khas. Ini memastikan deteksi segera untuk mencegah bahaya serius yang dapat terjadi dari kebocoran gas.

    Jika AC Anda sangat bau seperti semprotan hewan sigung, Anda tidak akan salah. Ini berarti gas bocor dan masuk ke saluran kerja Anda. Pada tanda pertama bau seperti itu, segera matikan pasokan gas Anda. Sebagai langkah kedua, hubungi utilitas Anda, yang akan mendeteksi sumber dan memperbaiki masalah.


5. AC Berjamur atau Bau Apek?

    Bau basi dan kotor sejauh ini merupakan bau paling umum dan busuk yang dialami dari AC. Jika AC Anda berbau apek, penyebab umumnya adalah akumulasi air di saluran pembuangan atau saluran tetesan (atau saluran jika sistem saluran), yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau lumut.

    Jika terjadi kebocoran, Anda bahkan mungkin mendapatkan tanda-tanda yang terlihat di unit tanpa saluran dalam ruangan Anda, seperti air yang menetes ke dinding Anda. Alasan lain untuk bau seperti itu adalah filter kotor. Jika Anda tinggal di iklim yang panas dan lembap dan menyalakan AC setelah waktu yang lama, kelembapan dapat menumpuk di filter Anda.

    Anda perlu menghubungi seorang profesional dan membersihkan saluran dan saluran AC Anda secara menyeluruh. Ini hanya akan menghilangkan bau yang tidak menyenangkan. Jika terjadi kebocoran, sumbernya juga perlu diperbaiki untuk mencegah masalah lebih lanjut. Air Conditioner Berbau Asap Rokok?


6. Air Conditioner Bau Asap Rokok

    Jika Anda merokok di rumah, maka ada kemungkinan AC Anda akhirnya akan berbau seperti asap rokok basi. Bau yang tidak sedap ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan sakit kepala. Kumparan dan filter evaporator Anda menyerap bau dari asap rokok. Akibatnya, ketika Anda menyalakan AC, partikel tembakau yang menempel terlepas dan dikirim kembali ke rumah Anda melalui ventilasi AC, menciptakan suasana yang tidak menyenangkan. Seperti semua masalah lainnya, masalah ini memiliki solusi sederhana. Untuk menghilangkan bau asap tembakau lama dari ventilasi AC Anda, ganti filter udara Anda setiap 30 hingga 60 hari sekali dan bersihkan AC Anda secara teratur. Anda juga bisa mulai merokok di luar ruangan.


Pastikan untuk Mengambil Tindakan Pencegahan Sebelum Melakukan Anda ingin melakukan nya sendiri

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat kita melakukannya.


    Jangan pernah mencoba melakukan perbaikan AC sendiri. Selalu hubungi seorang profesional untuk melakukan pekerjaan untuk Anda. Komponen listrik dan air tidak tercampur dengan baik, dan ada kemungkinan sengatan listrik yang tinggi. Anda akan membuat pilihan yang bijaksana untuk tidak bereksperimen pada saat seperti itu.

    Jika Anda merasa cukup memenuhi syarat untuk melakukan perbaikan sendiri, pastikan Anda telah mempelajari manual perawatan dan pengoperasian AC Anda secara menyeluruh. Kemudian kumpulkan seperangkat alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Terakhir, matikan catu daya utama ke AC Anda dan siapkan alat pelindung diri (APD) yang tepat.

    Selain itu, jangan mencoba menutupi bau tidak sedap dengan menggunakan pembersih atau penyegar udara. Itu hanya akan memperburuk keadaan. Menunda pekerjaan perbaikan yang tepat hanya akan merusak AC Anda lebih dari yang sudah ada dan mungkin menyebabkan Anda membeli unit yang sama sekali baru.


Mengapa AC saya berbau tidak sedap? Mudah-mudahan, sekarang Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan itu!


Baik itu AC ducted atau ductless, semua faktor di atas membuat pengalaman yang tidak menyenangkan. Jadi, saat Anda pulang ke rumah dan mengalami bau yang tidak sedap, Anda tahu persis apa itu dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dan Terimakasih sudah mau berkunjung di website kami :) :) :)

Post a Comment for "Penyebab AC Bau"