-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vacum AC dan Kulkas

Manfaat Vacum Air Conditioning dan Kulkas





Pompa Vakum AC

    Pompa vakum penyejuk udara digunakan untuk menghilangkan udara dan uap air yang tidak diinginkan dari sistem pendingin udara ketika sedang diservis. Saat AC perlu diperbaiki, langkah pertama yang dilakukan biasanya adalah memulihkan refrigeran dari sistem untuk digunakan kembali nanti.

    Setelah pekerjaan pemulihan selesai, Anda sekarang dapat melanjutkan untuk melakukan pemecahan masalah dan pekerjaan perbaikan yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah memeriksa dan memastikan bahwa sistem bebas dari kebocoran, jika tidak, langkah-langkah harus diambil untuk memperbaikinya.

    Proses evakuasi adalah langkah selanjutnya dimana pompa vakum digunakan untuk mengeluarkan udara dan uap air dari sistem refrigeran. Setelah ini dilakukan, proses pengisian dapat dilakukan sebelum melakukan pengujian penuh pada sistem.


Perlunya Evakuasi

    Dalam sistem refrigeran, hanya refrigeran dan oli yang harus bersirkulasi. Selama servis atau setelah bertahun-tahun beroperasi, udara dapat masuk ke sistem. Udara dari atmosfer yang memasuki sistem meliputi oksigen, nitrogen, dan uap air. Komponen yang tidak diinginkan ini akan menyebabkan:

    Kenaikan tekanan kepala menyebabkan suhu pelepasan yang lebih tinggi dan rasio kompresi. Efisiensi sistem berkurang.

    Asam yang dihasilkan dalam refrigeran menyebabkan reaksi kimia yang mengakibatkan elektroplating dan kerusakan pada isolasi motor. Setelah isolasi di motor kompresor rusak, korsleting akan terjadi sehingga merusak kompresor. Kompresor adalah salah satu biaya peralatan tertinggi dalam sistem. Asam juga menyebabkan korosi pada bagian logam dari waktu ke waktu.

    Sludge dibentuk oleh kombinasi minyak, asam dan kelembaban dalam sistem. Ini akan menyebabkan pengoperasian yang tidak benar pada pengering filter, saringan, dan perangkat ekspansi selama jangka waktu tertentu.



Operasi Pompa Vakum AC

    Untuk menghilangkan semua uap air dan gas yang tidak diinginkan dari sistem pendingin, keadaan hampir vakum harus dicapai di mana tekanan dalam sistem dipaksa turun di bawah tekanan atmosfer. Nilai absolut dari tekanan atmosfer di permukaan laut diberikan oleh 29,92 in. Hg atau 14,696 psia atau 759,999 mm Hg atau 759,999 mikron.

    Dalam sistem tipikal, pompa vakum diperlukan untuk menciptakan keadaan vakum sekitar 300 hingga 500 mikron. Pengukur vakum elektronik diperlukan untuk mengukur tingkat vakum dalam sistem. Periksa spesifikasi pompa vakum dan pastikan pompa tersebut mampu mencapai kondisi vakum seperti yang dipersyaratkan oleh produsen peralatan.



Pompa Vakum 2 Tahap dari 


    Kompresor putar digunakan di pompa dan yang lebih baik yang mampu menghasilkan vakum terendah adalah pompa vakum putar 2 tahap. Namun, mereka lebih mahal tetapi kemampuannya untuk menghilangkan kelembaban secara efektif adalah salah satu alasan utama mengapa banyak teknisi lebih memilih untuk membeli model ini.

    Saat sistem memasuki kondisi vakum rendah, uap air akan mulai mendidih dan menjadi uap yang memungkinkan pelepasannya dari sistem dengan mudah.

    Oli yang tepat perlu digunakan saat mengoperasikan pompa vakum AC. Gunakan hanya oli yang direkomendasikan untuk memungkinkan pompa mencapai kondisi vakum yang ditentukan.




Perhatikan hal-hal berikut saat memilih pompa vakum AC. Untuk melihat level oli sebelum beroperasi:

  • Fitur anti-suckback yang akan mencegah oli dari pompa mengalir ke sistem refrigeran jika listrik padam. Minyak dalam refrigeran berbeda dari yang ada di pompa.
  • Peringkat CFM. Semakin tinggi cfm, semakin cepat proses evakuasi.
[CFM ini adalah Cubic Feet per Minute, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah volume udara yang dikeluarkan kompresor tersebut satu kubiknya dalam satu menit]
  • Desain Satu Tahap atau Dua Tahap.
  • Tingkat vakum terendah yang dapat dicapai pompa.
  • Perlengkapan asupan.
  • Berat.

Post a Comment for "Manfaat Vacum AC dan Kulkas"