-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Sensor Basah



inilah 5 cara Mengatasi Sensor Ac Yang Terkena Air

  

firdausserviceac.com | Mengatasi Sensor Ac Yang Terkena Air - Sensor pada Ac merupakan salah satu penggalan terpenting dari sistem kerja Ac yang berafiliasi dengan fungsi remote, sensor Ac seakan memperlihatkan fungsi perintah kepada Ac yang sanggup diubahsuaikan dengan kehendak penggunanya namun tetap pada fungsi yang sudah disesuaikan. Seperti ketika kita ingin menaik turunkan temperatur, mengatur swing, menyetel fan speed atau fitur lainnya, maka remote-lah yang mempunyai fungsi-fungsi tersebut. Hanya dengan remote kita sanggup mengatur semuanya, dan sensor Ac lah yang menjadi mediator dari fungsi-fungsi tersebut menuju komponen lainnya yang mengatur jadwal utama yaitu module Ac.

    Gejala kerusakan pada sensor biasanya ditandai dengan tidak berfungsinya tombol remote ketika di tekan atau di operasikan, namun ini hanya jikalau remote dalam keadaan baik, dengan kata lain memang kerusakan benar-benar disebabkan oleh permasalahan pada sensor. Kerusakan sensor Ac sanggup disebabkan oleh banyak sekali hal, salah satunya adalah terkena air pada ketika proses pencucian.




Lalu bagaimana cara mengatasi sensor Ac yang terkena air ? dan apakah berair pada sensor Ac sanggup menjadikan kerusakan ? Berikut penjelasannya.


    Apakah sensor Ac yang berair terkena air sanggup rusak ? ya sanggup ! Jika sensor Ac berair ketika listrik dalam keadaan hidup maka besar kemungkinan akan mengalami konslet, ini yang akan menciptakan sensor Ac rusak. Lalu bagaimana jikalau listriknya di matikan pada ketika sensor Ac terkena air (saat pencucian) ? ini lebih meminimalkan resiko kerusakan, walaupun tetap ada kemungkinan, namun paling tidak jikalau listrik dimatikan akan lebih kondusif dari ancaman konsleting. Pada hasilnya tetap saja kehati-hatian dalam melakukkan pembersihan Ac-lah yang patut di perhatikan.




Ketika sensor Ac rusak/mati lantaran berair sebaiknya Anda melaksanakan beberapa hal berikut ini sebagai langkah perbaikan.

  1. Keringkan mata sensor /sensor Ac dengan memakai kain kering atau tisu, lebih anggun lagi Anda sanggup memanaskan sensor yang berair dengan memakai korep api, namun jangan hingga membakarnya, usahakan hingga sensor Ac benar-benar kering.
  2. Jika cara di atas belum berhasil maka Anda sanggup melepaskan sensor Ac yang berair tadi dan membiarkannya kering melalui tunjangan sinar matahari, biarkan beberapa ketika hingga sensor Ac tidak berair lagi, sebelum menjemurnya Anda sanggup melepaskan sensor Ac terlebih dahulu, namun hati-hatilah dalam melepasnya.
  3. Cara lain yaitu dengan cara mematikan arus listrik power, diamkan beberapa ketika kemudian nyalakan kembali. Namun sensor yang berair juga tetap harus di keringkan. Ingat !! pastikan hingga kering.
  4. Gunakan solder, panaskan tiap titik sirkuit pada papan sensor Ac, panaskan kembali titik-titik tersebut, jikalau di perlukan maka lakukanlah penyolderan baru.
  5. Ganti mata sensor, jikalau sensor berair terkena air maka yang paling sering terjadi yaitu terjadi kerusakan pada mata sensor, jikalau ini terjadi maka Anda sanggup mengganti mata sensor dengan yang baru.

    Jika cara-cara tersebut tidak sanggup menuntaskan masalah, berarti sensor Ac Anda sanggup dikatakan telah mengalami kerusakkan yang cukup serius, Anda sanggup men-servicenya atau ganti dengan yang baru.




Catatan penting sebelum mencuci Ac :
  • Sebelum mencuci Ac ada baiknya melepas sensor Ac
  • Bungkus tempat module Ac biar tidak terkena Air
  • Berhati-hati dalam mencuci
  • Matikan power listrik pada Ac ( cabut colokannya )

    Setelah proses pembersihan selesai, ada baiknya menyalakan unit Ac dengan memakai mode fan pada remote, tandanya yaitu yang bergambar kipas. Langkah ini sebagai proses pengeringan Air pasca pencuian. Jika mode ini dipakai, maka hanya kipas atau indoor saja yang menyala, outdoor unit tidak akan menyala, langkah ini dinilai kondusif sebagai antisipasi kerusakan sehabis melaksanakan pembersihan Ac.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Sensor Basah"