-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka Pintu Mesin Cuci Terkunci



Inlah 8 Cara Membuka Pintu Mesin Cuci Terkunci atau Child Lock atau Lock Door





    Bagi banyak dari kita, perangkat hemat tenaga kerja diberikan. Kami selalu memiliki mesin cuci, mesin pencuci piring, dan penyedot debu, jadi kami tidak dapat membayangkan alternatifnya. Mungkin mengejutkan kita bahwa di banyak bagian dunia – dan bahkan di sini di Indonesia – banyak orang masih melakukan pekerjaan mereka dengan tangan.

    Namun terkadang, teknologi bisa menghalangi jalannya sendiri. Misalnya, kunci pintu mesin cuci Anda dimaksudkan untuk mencegah pakaian (dan busa) tumpah saat digunakan. Ini memastikan lebih sedikit kekacauan dan lebih banyak mencuci. Tapi apa yang terjadi ketika kunci pintu rusak? Berikut adalah beberapa solusi.


Bagaimana Anda Melewati Kunci Pintu Mesin Cuci ?   Berikut ini adalah langkah-langkahnya jika Mesin Cuci anda mengalami Door Lock atau Child Lock :


Opsi 1: Identifikasi Masalah

    Pintu mesin cuci Anda mungkin macet dalam posisi tertutup. Atau gerendelnya mungkin rusak, jadi ketika Anda menutup pintu mesin cuci, pintu itu menolak untuk tetap tertutup. Dalam hal ini, masalahnya bisa berupa interlock pada mesin itu sendiri atau klip pada pintu mesin. Masalah lain bisa jadi engselnya. Mungkin rusak, berkarat, atau rusak sehingga menempel dan perlu diminyaki atau diganti.

    Sebagian besar pintu mesin cuci diposisikan untuk keselamatan. Artinya ketika Anda membuka pintu, mesin secara otomatis berhenti berjalan. Jadi, jika mesin terus berputar bahkan setelah Anda mengangkat tutupnya, Anda mungkin perlu beberapa perbaikan. Untungnya, banyak dari suku cadang ini tersedia di toko perangkat keras lokal Anda dan mudah diganti. Coba tonton beberapa video untuk melihat betapa mudahnya.

    Dalam gambar tersebut tersebut, pemilik rumah sedang mencoba solusi perbaikan mandiri dengan sakelar tutupnya. Versi alternatif dari ini adalah menemukan sakelar. Jika manual, mungkin macet dalam posisi tertutup atau terbuka. Dapatkan tongkat atau sepotong kayu dan potong menjadi ukuran dan bentuk yang tepat. Selipkan di belakang (atau di depan) sakelar yang macet untuk mendorongnya ke arah yang benar dan menahannya di tempatnya.



Opsi 2: Tunggu Beberapa Saat

    Tunggu sebentar seperti yang telah kami sebutkan, kunci pintu mesin cuci Anda adalah ukuran keamanan. Pada beberapa peralatan, ini bekerja sedikit seperti pemutus arus. Jadi saat mesin menjadi terlalu panas, tutupnya macet sehingga Anda tidak bisa membukanya. Jika Anda memaksanya terbuka pada titik tersebut, kombinasi percikan api, air, panas, dan listrik bisa menjadi sangat buruk, sehingga pintu mesin macet untuk menjaga semuanya tetap aman.

    Jika itu masalahnya, matikan catu daya Anda. Tiriskan mesin untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin, lalu tunggu hingga mesin dingin. Ini bisa memakan waktu mulai dari sepuluh menit hingga satu jam. Setelah semua permukaan mesin cuci Anda dingin saat disentuh, coba pintunya lagi.

    Itu harus terbuka dengan mudah. Coba kurangi ukuran beban dengan mengurangi jumlah pakaian di mesin cuci atau pengering. Jika tidak, itu hanya akan terlalu panas lagi. Juga, jika mesin cuci Anda membutuhkan daya untuk mengalirkan air, keluarkan kelebihan air sebelum mematikan daya. Ini akan membantu mesin lebih cepat dingin.



Opsi 3: Hentikan

    Tidak semua orang membaca instruksi pada peralatan mereka. Tapi itu membantu untuk menyimpan buklet di sekitar, dalam keadaan darurat. Dalam skenario ini, matikan mesin Anda dan lepaskan dari sumber listrik. Ingat, bahkan saat tidak digunakan, sering kali ada satu liter (setengah liter atau 0,1 galon) di dalam mesin pada waktu tertentu, jadi kenakan pakaian yang sesuai – Anda akan basah.

    Matikan pasokan air ke mesin cuci Anda. Periksa panel instruksi pada mesin cuci Anda. Biasanya di sampul belakang, tetapi mungkin di samping atau di bawah mesin. Panel memiliki 'peta' skema mesin cuci Anda. Temukan – di peta – di mana sirkuit pengaman berada dan nonaktifkan. Ini akan melibatkan pemotongan kawat tertentu.

    Pemotongan akan memungkinkan Anda untuk melewati kunci pintu mesin cuci Anda, tetapi juga akan membatalkan garansi Anda, jadi berhati-hatilah! Anda juga ingin memastikan bahwa Anda memotong kabel yang tepat. Jika tidak, Anda bisa merusak mesin cuci Anda sama sekali. Coba tonton video demo untuk tips tentang pemotongan yang aman.



Opsi 4: Lepaskan Pintu yang Terjebak

    Jika pintu macet dalam posisi 'tertutup', anda tidak dapat menariknya terbuka. Mungkin terjebak dengan pakaian di dalamnya atau mungkin sudah menganggur untuk sementara waktu sehingga pintu tidak akan terbuka untuk membiarkan Anda memuat mesin. Lebih mudah melakukan perbaikan ini saat mesin mati dan kosong, tetapi Anda mungkin tidak memiliki opsi itu. Karena Anda tidak dapat melakukannya sendiri, mintalah seseorang untuk membantu Anda memiringkan mesin dan membuatnya miring.

    Sudutnya akan tergantung pada apakah mesin cuci anda memuat atas atau memuat samping. Di kedua mesin, meletakkan mesin secara horizontal dapat merusak mekanisme bagian dalam, jadi jangan pernah meletakkannya di tempat tidak rata. Temukan saluran masuk mekanis untuk mesin – biasanya di bagian bawah. Angkat lengan Anda untuk mengakses kunci pintu mesin cuci. Goyangkan untuk melepaskan kait pintu serta interlock.



Opsi 5: Ganti Kunci Pintu

    Terkadang, pintu menolak untuk tetap tertutup. Jadi mesin menolak bekerja karena tidak bisa berjalan dengan pintu terbuka. Dalam kasus seperti itu, coba ganti secara manual dua bagian kunci pintu yaitu interlock dan rel pintu interlock dan kait mekanisme pelepas pintu. Proses ini memiliki beberapa langkah, tetapi cukup mudah dilakukan. Anda memerlukan bor listrik dengan mata obeng yang cocok dengan mesin Anda.

    Lepaskan segel karet dan cincin penahan logam dengan hati-hati. Anda tidak ingin kawat (atau alat Anda) menyodok lubang di karet. Gunakan bor listrik Anda untuk membuka kunci interlock, lalu selipkan tangan Anda di belakang segel karet dan tarik keluar perangkat interlock saat ini. Ganti dengan benda kerja lalu masukkan kembali. Pasang kembali penahan dan segel karet, kencangkan keduanya pada tempatnya.



Opsi 6: Ganti Kait Pintu

    Ganti Kait Pintu. Anda dapat mengganti gerendel dan interlock secara bersamaan, terutama jika keduanya rusak. Anda harus membuka tutup pintu mesin cuci dari engselnya. Ini berlaku untuk top-loader dan side-loader. Pelajari pintu mesin cuci Anda untuk melihat bagaimana pintu itu disatukan. Di sebagian besar model, ada lapisan luar dan lapisan dalam trim, dengan kait pengaman diselipkan di antaranya.

    Model lain memiliki layar tampilan atau mangkuk di antara lapisan trim, dan Anda harus menghapusnya juga, hanya untuk memberi Anda lebih banyak ruang untuk bekerja. Pisahkan trim luar dan dalam, termasuk mangkuk tembus pandang. Keluarkan kait lama, dan pasang kait pengganti yang baru. Beberapa kait datang di bagian yang terpisah sehingga Anda mungkin perlu merakitnya terlebih dahulu.

    Selain itu, dalam proses membongkar pintu mesin Anda, Anda mungkin melihat keretakan dan penyok pada satu atau beberapa bagian. Bawa bagian yang rusak ke pemasok lokal Anda sehingga Anda dapat membeli pengganti yang tepat. Banyak dari suku cadang mesin cuci ini tersedia sebagai pengganti satu bagian. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan mesin yang sama sekali baru ketika satu bagian kecil rusak.



Opsi 7: Ganti Engsel

    Saat Anda memeriksa mesin cuci Anda, Anda mungkin melihat pintu menempel karena engsel yang berantakan. Pada banyak model mesin cuci, engsel terdiri dari bagian logam pusat yang dilapisi bantalan plastik. Baik suku cadang logam maupun plastik dijual sebagai suku cadang tersendiri, jadi menggantinya bukanlah suatu tantangan. Gunakan bor untuk melepaskan engsel pintu mesin cuci Anda.

    Pisahkan trim luar dan dalam untuk mendapatkan engselnya. Periksa bagian mana yang rusak, lalu ganti sesuai kebutuhan dan jepit semuanya kembali ke tempatnya. Anda mungkin tergoda untuk hanya melumasi engsel Anda, tetapi itu berisiko mendapatkan minyak kotor pada pakaian bersih Anda saat dicuci. Lebih buruk lagi, minyak bisa meresap ke dalam tumpukan cucian Anda dan menyebabkan lebih banyak noda membandel.



Opsi 8: Ganti Magnet

    Ganti Magnetnya. Pada beberapa mesin cuci, kunci pintu bersifat magnetis. Anda harus mengakses sirkuit dan menanamkan magnet baru. Lepaskan panel atas mesin Anda (jika itu adalah pemuat atas) atau penutup depan (jika pemuat samping). Ini memungkinkan Anda melihat bit gadget di bawah ini. Anda akan melihat slot yang menghubungkan mekanisme sakelar dalam ke permukaan luar. Anda tidak akan melihat magnet apa pun di sana.

    Itu karena ini adalah koneksi elektromagnetik, jadi Anda sebenarnya menambahkan magnet daripada mengganti yang rusak. Posisikan magnet baru Anda dan periksa kembali apakah semuanya sejajar dengan benar. Pasang atau kencangkan penutup kembali ke tempatnya kemudian pasang kembali mesin cuci Anda.

    Ujilah untuk melihat apakah pintu menutup dengan benar. Menyejajarkan magnet di antara dua panel sakelar adalah teknik yang tepat, jadi Anda mungkin harus mengulangi proses ini beberapa kali untuk melakukannya dengan benar. Juga, pastikan magnet pengganti Anda cukup kecil untuk muat di dalam slot. Dan beli magnet khusus untuk peran ini. Jika Anda mencuri satu dari anak-anak atau lemari es Anda, seseorang akan mencoba mencurinya kembali ...

Jadi bagaimana Anda melewati kunci pintu mesin cuci? Berikut adalah beberapa saran:
  • Biarkan mesin menjadi dingin dan pintu dapat terbuka secara alami.
  • Potong kabel berkode warna dan rekatkan untuk keamanan tambahan.
  • Trik solenoida dengan magnet pengganti kecil.
  • Miringkan mesin dan tempelkan tangan Anda untuk membuka kunci pintu yang macet secara manual.
  • Ganti engsel, interlock pintu, atau kait pelepas kunci sesuai kebutuhan.
  • Gunakan sepotong kayu untuk menahan sakelar tertutup atau terbuka.

Post a Comment for "Cara Membuka Pintu Mesin Cuci Terkunci"