-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Jenis Pompa Dan Cara Kerjanya



Berbagai Jenis Pompa Air dan Cara Kerjanya


    Ada berbagai macam pompa air yang tersedia untuk memenuhi berbagai tujuan dan kebutuhan. Pada artikel ini mengetahui berbagai aplikasi pompa air di sektor pertanian, pengelolaan limbah, sebagai mekanisme pengendalian banjir, dan di sektor industri. Memompa air adalah teknik dasar dan praktis, jauh lebih praktis daripada menyendok dengan tangan atau mengangkatnya dengan ember genggam.

    Kesehatan adalah kekayaan dan itulah sebabnya kami membahas tentang berbagai jenis pompa dan cara kerjanya karena, dalam situasi sehari-hari, air yang tersedia sering terkontaminasi, tidak sehat, atau bahkan beracun secara alami, sehingga perlu memompa air minum dari sumber yang lebih rendah. Tingkat ke tingkat yang lebih tinggi, di mana dapat digunakan. Sumber air tawar di sungai, kolam, atau danau yang lebih rendah sering dipompa ke tempat yang lebih tinggi untuk irigasi, ternak, memasak, membersihkan, atau keperluan lain oleh manusia, yang secara alami membutuhkan air tawar. Ini akan memurnikan sebagian besar air tawar, dan pengolahan air yang sebagian besar terkontaminasi mengacu pada pemompaan tanpa henti.


Apa itu pompa air?

Bagaimana cara kerja pompa air?

Apa yang dilakukan pompa air?

Pompa air apa yang saya butuhkan?

Apa saja jenis-jenis pompa air?

Apa Aplikasi pompa air?

Apa itu pompa air?



    Pompa air adalah mesin elektromekanis yang digunakan untuk meningkatkan tekanan air untuk memindahkannya dari satu titik ke titik lainnya. Pompa air modern digunakan di seluruh dunia untuk memasok air untuk keperluan kota, industri, pertanian, dan perumahan.


    Pompa air juga digunakan untuk memindahkan air limbah di instalasi pengolahan limbah. Pompa air modern paling sering digerakkan oleh listrik, tetapi sumber daya lain juga digunakan—misalnya, mesin diesel atau bensin. Di beberapa daerah terpencil, seperti daerah gurun, panel surya dapat digunakan untuk memasok listrik ke pompa kecil.




Jenis pompa air

    Ada beberapa jenis pompa air termasuk pompa perpindahan positif dan pompa sentrifugal, yang memberikan layanan yang sama, namun beroperasi secara berbeda.

    Konsep inti dari pompa air adalah menggunakan motor untuk mengubah energi rotasi atau energi kinetik dan mengubahnya menjadi energi untuk menggerakkan fluida atau untuk aliran fluida (energi hidrodinamik).




1. Pompa sentrifugal


    Pompa sentrifugal bekerja dengan impeler, fluida masuk melalui impeler yang berputar dan dikeluarkan melalui gaya sentrifugal melalui ujung impeler. Proses ini meningkatkan kecepatan dan tekanan fluida dan mengarahkannya ke outlet pompa. Salah satu jenis pompa sentrifugal adalah pompa submersible.


  • Aplikasi pompa sentrifugal
    Air sangat penting untuk pertanian yang efisien. Seringkali air seperti itu ditemukan di berbagai sumber seperti sumur bor, kolam, sumur, aliran, dan sungai. Mesin pompa air adalah cara yang paling efektif untuk mengangkat air dari sumber tersebut. Ada berbagai jenis pompa yang tersedia. Memilih jenis pompa yang tepat tergantung pada suction lift dan delivery head.

    Pompa air sentrifugal paling sering digunakan untuk keperluan pertanian, ini adalah mesin putar di mana impeler berputar di dalam casing, menarik cairan di tengahnya, dan membuang cairan melalui lubang di sisi casing karena sentrifugal. memaksa.

    Pompa digunakan secara luas di bidang pertanian untuk memindahkan air dari sumber air, yang bisa berupa sungai, bendungan, atau lubang bor, melalui pipa ke titik penggunaan atau fasilitas penyimpanan, seperti tangki air atau sistem irigasi.

    Pompa sentrifugal juga biasa digunakan untuk memompa limbah, karena pompa ini dapat dengan mudah dipasang di lubang dan bak, dan dapat dengan mudah mengangkut materi tersuspensi yang ada di limbah.




2. Pompa bolak-balik



    Mereka adalah pompa perpindahan positif yang memiliki rongga yang membesar di sisi hisap mesin dan rongga yang mengecil yang terletak di sisi pelepasan mesin. Pompa air bekerja dengan mengisi rongga secara bergantian dan kemudian memindahkan cairan dengan setiap siklus memiliki volume konstan tidak peduli tekanan atau kepala pompa yang digunakan.

  • Penerapan pompa perpindahan reciprocating atau positif
    Pompa perpindahan positif biasanya digunakan untuk memompa cairan dengan viskositas tinggi seperti minyak, cat, resin, atau bahan makanan. Mereka lebih disukai dalam aplikasi apa pun di mana dosis yang akurat atau output tekanan tinggi diperlukan. Tidak seperti pompa sentrifugal, output dari pompa perpindahan positif tidak terpengaruh oleh tekanan sehingga mereka juga cenderung lebih disukai dalam situasi di mana suplai tidak teratur. Sebagian besar adalah self-priming.



3. Pompa diafragma


Digunakan untuk pengukuran atau pengeluaran; penyemprotan/pembersihan, pengolahan air; cat, minyak; cairan korosif Sealless, self-priming, aliran rendah, dan capabtekanan tinggi



4. Pompa roda gigi


Memompa cairan dengan viskositas tinggi dalam industri petrokimia, kimia, dan makanan: minyak, cat, bahan makanan Roda gigi bersambung memberikan aksi pemompaan berputar



5. Pompa lobus

Industri kimia dan makanan; aplikasi sanitasi, farmasi, dan bioteknologi Geser dan keausan rendah. Mudah dibersihkan atau disterilkan



6. Pompa Sekrup

    Produksi minyak, transfer bahan bakar, dan injeksi; irigasi Cairan bergerak secara aksial mengurangi turbulensi; mampu laju aliran tinggi

    Pompa baling-baling Cairan viskositas rendah; sistem transmisi otomotif; pemuatan dan transmisi bahan bakar; dispenser minuman Tahan terhadap padatan yang terperangkap dan tahan terhadap keausan baling-baling. Desain memungkinkan output variabel



7. Pompa submersible

    Pompa submersible beroperasi dengan prinsip Electric Submersible Pumping (ESP). Hal ini dicapai dengan menurunkan tekanan aliran, yang menurunkan tekanan di bagian bawah poros di mana pompa submersible berada. Motor sistem ESP juga dirancang untuk berfungsi di bawah suhu tinggi (hingga 300 derajat Fahrenheit) dan tekanan tinggi, sehingga digunakan dalam situasi di mana sumur yang sangat dalam biasa ditemukan, seperti sumur minyak.

    Mereka bisa relatif mahal untuk dijalankan karena memerlukan kabel listrik khusus, meskipun perkembangan baru telah melihat pengenalan umbilical tubing melingkar untuk memasok energi ke motor dalam. Selain itu, penggunaan listrik jauh lebih tinggi daripada motor pompa submersible lainnya, dan fungsi pompa pada toleransi ketat yang tidak memungkinkan padatan dan pasir.

  • Penerapan pompa submersible
    Pompa air atau pompa banjir sering diabaikan oleh perusahaan banjir. Di GZ Industrial Supplies kami selalu menyoroti pentingnya pompa air karena apa pun jenis penghalang yang Anda gunakan, sejumlah air akan hampir selalu meresap ke dalam kawasan lindung (bahkan melalui dinding bata), atau dalam kasus hujan, jatuh di balik penghalang.

    Pompa bah sangat bagus dalam skema pertahanan banjir, tetapi harus terendam air agar berfungsi dengan benar. Mereka sering dihubungkan secara permanen dan dipasang ke dalam bak. Ketika digabungkan dengan sakelar pelampung otomatis, mereka sempurna untuk skema pertahanan banjir pasif.

    Pompa bah sangat baik dalam menangani banjir air tanah, rembesan, dan curah hujan. Mereka memungkinkan air tanah dan air banjir dikeringkan secara efektif. Pompa bah umumnya memiliki laju aliran yang lebih tinggi daripada pompa genangan. Tidak seperti pompa genangan air, pompa submersible tidak dapat mengering dan membutuhkan pekerjaan pra-pemasangan dengan ruang.

    Banjir air tanah belum dipahami dengan baik, tetapi di sinilah periode curah hujan tinggi mengisi tabel air yang mengakibatkan banjir di ruang bawah tanah atau air tanah muncul di permukaan, yang dapat menambah atau menyebabkan banjir. Ini biasanya umum ketika tanahnya rendah atau dekat dengan aliran air.

Pompa bah dapat membantu mengatasi banjir air tanah, membantu menjaga properti Anda tetap kering.
  • Berbagai pilihan laju aliran
  • Dapat dipasang secara permanen
  • Baik dalam menangani banjir air tanah, rembesan, dan curah hujan
  • Gunakan secara internal atau eksternal

Apa yang dilakukan pompa air?


    Tujuan utama dari sistem pemompaan air adalah untuk memindahkan air dari satu area ke area lain. Mereka sering diterapkan pada lokasi konstruksi sebagai bentuk ekstraksi air, membantu menghilangkan air saat menggali, di pabrik pembuangan limbah, di daerah banjir atau saat menangani sumur air dan sumur minyak.

    Pompa air tidak terbatas hanya pada lokasi konstruksi, mereka dapat digunakan di lokasi perumahan, lokasi industri, atau situs komersial yang membantu tujuan pengeringan. Untuk menyewa sistem pompa air, pompa air diperlukan. Pompa air mengoperasikan mesin pemompa air dan memastikannya bekerja secara efektif.




Pompa air apa yang saya butuhkan?


   Ketika mencari jenis pompa air yang tepat untuk tugas Anda, Anda perlu mempertimbangkan lokasi operasi, ukuran operasi, dan jarak yang diperlukan. Semua faktor ini dapat menentukan sistem pemompaan air apa yang Anda butuhkan.

        Sistem pompa air sering kali memiliki panjang selang yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa jarak yang perlu Anda tempuh, ini sangat penting dalam mengeringkan sumur atau pekerjaan pengeringan tanah. Saat beroperasi pada jarak yang jauh, menambahkan pompa head tinggi adalah pilihan yang bagus.

        Meskipun ketika mempertimbangkan jika ada perbedaan ketinggian antara pompa dan cairan, pompa submersible akan menjadi yang terbaik. Mempertimbangkan lokasi situs juga dapat menentukan pompa air apa yang terbaik untuk digunakan. Saat beroperasi di area yang dibangun atau pemukiman, mungkin ada pembatasan kebisingan dan oleh karena itu pompa air dengan peredam suara akan menjadi optimal.

Post a Comment for "Berbagai Jenis Pompa Dan Cara Kerjanya"