-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pemanas Air





5 Jenis Utama Pemanas Air Dijelaskan Secara Detail




    Berikut artikel yang sangat rinci menjelaskan 5 jenis pemanas air termasuk konvensional, tankless, solar, pompa panas dan jenis kondensasi. Pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang pemanas air di sini.








Tentu saja, pemanas air bukanlah sesuatu yang Anda beli setiap hari dan beberapa orang mungkin hanya perlu membeli satu atau dua sepanjang hidup mereka.

Jadi, tidak ada salahnya untuk tidak mengetahui apa-apa tentang sistem pemanas sampai, tentu saja, Anda perlu tahu. Lebih buruk lagi, masih banyak jenis yang berbeda di pasaran, seperti pemanas air listrik , pemanas air tenaga surya, pemanas air on-demand, pemanas air konvensional, pemanas air tangki penyimpanan, pemanas gas, sistem tanpa tangki untuk memanaskan air, dan air dengan efisiensi tinggi. pemanas.

Jika Anda mencari untuk membeli pemanas air baru untuk rumah Anda dan bertanya-tanya apa pilihan Anda, maka Anda telah menemukan tempat yang tepat.



 5 Jenis Utama Pemanas Air

Ada lima gaya utama pemanas air yang tersedia dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut sedikit tentang setiap gaya pemanas air untuk membantu Anda memilih mana yang terbaik untuk Anda dan rumah Anda.


1. Pemanas Air Tangki Penyimpanan Konvensional. Gaya pemanas air ini adalah yang paling populer dan mungkin yang paling Anda kenal.


A. Apa itu pemanas air tangki penyimpanan konvensional?
    Pemanas air gaya ini memiliki tangki yang menampung air untuk dipanaskan. Ini berarti bahwa kapasitas tangki menentukan berapa banyak air panas yang Anda miliki sekaligus. Tangki diisolasi sehingga ketika air memanas, air tetap hangat sampai dibutuhkan. Tangki ini memiliki dua katup, katup pengatur suhu, dan katup pengatur tekanan. Katup pengatur suhu terbuka untuk melepaskan panas dan suhu sedang ketika air mencapai lebih dari 120 derajat Fahrenheit. Katup pelepas tekanan terbuka untuk menurunkan tekanan saat mencapai sekitar 150 psi. Ini adalah jenis pemanas air yang paling umum di antara rumah-rumah keluarga, tetapi Anda terbatas pada seberapa banyak air panas yang dapat Anda tahan. Jika tangki Anda terlalu kecil atau Anda membutuhkan banyak air panas suatu hari, Anda mungkin kehabisan dan harus menunggu tangki berikutnya dipanaskan.


B. Perawatan apa yang diperlukan?
    Karena tangki berfungsi untuk menyimpan air secara konstan, Anda harus membersihkannya secara teratur untuk meningkatkan masa pakai pemanas air Anda. Anda harus membersihkan tangki pemanas air Anda hingga dua kali setahun untuk menghilangkan endapan dan kerak mineral serta membantu mengurangi korosi. Ini tidak perlu dan pemanas air Anda biasanya akan bekerja tanpa dibersihkan, tetapi mungkin tidak bertahan lama. Umur tipikal pemanas air tangki penyimpanan konvensional adalah sekitar dua belas tahun.


C. Apa manfaat dari pemanas air gaya ini?
    Pemanas air gaya konvensional ini biasanya merupakan gaya yang paling terjangkau dan juga cukup mudah dipasang.


D. Apa kontra untuk membeli pemanas air tangki penyimpanan konvensional?
    Pemanas air gaya ini hanya menampung begitu banyak air dalam satu waktu. Jumlah ini didasarkan pada kapasitasnya, yang berarti bahwa tangki 40 galon akan memberi Anda aliran 40 galon air panas secara terus-menerus sebelum habis. Namun, begitu air panas habis, mungkin perlu beberapa saat—kadang satu jam atau lebih—untuk mengisi ulang dan memanaskan 40 galon air lagi.




2. Pemanas Air Tanpa Tangki (Pemanas Air Sesuai Permintaan)


    Pemanas air "tanpa tangki" menampilkan teknologi modern dan dapat menawarkan air panas yang hampir tak ada habisnya untuk rumah Anda.


A. Apa itu Pemanas Air Tanpa Tangki?
    Sebuah pemanas air tankless , karena Anda mungkin bisa menebak, tidak memiliki tangki. Sebagai gantinya, ada kumparan super panas yang mengisi dengan air dan memanaskan air dalam sekejap saat Anda membutuhkannya, itulah sebabnya ia dikenal sebagai pemanas air on-demand. Ini bagus untuk memanaskan air dengan cepat, bahkan untuk keluarga besar yang membutuhkan banyak air panas sekaligus. Gaya pemanas air ini hadir dalam berbagai ukuran, dan Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki ukuran yang tepat untuk rumah tangga Anda, karena pemanas air tanpa tangki yang lebih keciltidak akan dapat mengikuti penggunaan air Anda jika tidak dan itu akan menghasilkan air suam-suam kuku atau dingin. Model ini bekerja dengan baik di rumah yang menggunakan gas alam untuk menyalakan pemanas air mereka, tetapi model yang lebih besar memerlukan saluran gas yang lebih besar dan lebih banyak gas untuk bekerja dengan benar. Pemanas air panas tanpa tangki yang lebih besar yang menggunakan listrik mungkin mengharuskan Anda untuk meningkatkan kapasitas listrik rumah Anda, yang bisa jadi mahal.


B. Apa jenis pemeliharaan yang terlibat?
    Meskipun tidak ada tangki, Anda tetap harus membersihkan pemanas air tanpa tangki setidaknya setahun sekali untuk menghilangkan kerak mineral dan menghindari korosi. Membersihkan mungkin lebih sulit karena bagian-bagiannya lebih kecil dan lebih sulit diakses. Umur pemanas air gaya ini adalah 8-10 tahun.


C. Apa kelebihannya jika dibandingkan dengan pemanas air model lain?
    Pemanas air tanpa tangki sangat hemat energi karena hanya memanaskan air sesuai permintaan alih-alih menahan air panas sepanjang hari, bahkan saat tidak digunakan. Dengan asumsi Anda mendapatkan model yang cukup besar untuk rumah tangga Anda, Anda akan memiliki air panas tak terbatas sepanjang waktu.


D. Bagaimana dengan kekurangannya?
    Investasi awal dalam membeli pemanas air panas tanpa tangki secara signifikan lebih tinggi daripada gaya yang lebih tradisional , dan mungkin memerlukan saluran gas yang lebih besar atau kapasitas daya yang lebih besar daripada yang dimiliki rumah Anda saat ini (tidak selalu), yang dapat menjadi renovasi yang mahal .




3. Pemanas Air Pompa Panas (Hybrid Water Heater)
    Hibrida pemanas air ini dapat membantu menghemat biaya listrik karena tidak secara langsung menghasilkan panas.


A. Apa itu Heat Pump/Hybrid Water Heater?
    Gaya pemanas air ini unik karena menggunakan panas di udara dan di tanah untuk memanaskan air. Ini berarti bahwa listrik hanya digunakan untuk memindahkan panas dari tanah atau udara ke air, bukan alternatif di mana listrik digunakan untuk menghasilkan panas. Pemanas air pompa panas dapat menggunakan listrik hingga 60 persen lebih sedikit daripada pemanas air gaya tradisional. Karena pompa berada di atas, Anda mungkin memerlukan sedikit ruang untuk pemanas air ini, terkadang jarak vertikal hingga delapan kaki.


B. Apakah ada pemeliharaan yang terlibat?
    Pemanas air ini memiliki tangki dan, seperti pemanas air tangki penyimpanan konvensional, pemanas air ini perlu dibersihkan secara teratur (hingga dua kali per tahun) untuk memperpanjang masa pakainya.


C. Apa manfaat dari pompa panas/pemanas air hybrid?
    Pemanas air ini sangat hemat energi dan, oleh karena itu, bisa sangat hemat biaya dalam jangka panjang.


D. Bagaimana dengan kontra untuk gaya pemanas air ini?
    Karena gaya pemanas air ini bergantung pada menarik panas dari tanah atau udara di sekitarnya, itu tidak akan bekerja dengan baik di ruang dingin seperti ruang bawah tanah atau di iklim yang terlalu dingin untuk waktu yang lama sepanjang tahun. Namun, ini adalah salah satu gaya pemanas air yang paling mahal untuk dibeli.




4. Pemanas Air Tenaga Surya


    Sebuah pemanas air bertenaga surya memungkinkan Anda untuk menarik energi dari matahari. Ini adalah ide bagus jika Anda sudah memiliki panel surya atau sedang mempertimbangkan untuk menambahkannya.


A. Apa itu pemanas air tenaga surya?
    Gaya pemanas air ini mungkin yang paling hemat energi dari semuanya dan mengandalkan panel surya yang dipasang di atap sebagai sumber energinya. Energi ditransfer ke sistem loop tertutup yang mengandung bahan konduktif panas, yang kemudian memanaskan air di dalam tangki. Ini dapat menghemat banyak uang pada hari-hari cerah dan bekerja sangat baik bagi mereka yang tinggal di iklim yang hangat dan cerah. Namun, sistem ini seringkali memerlukan rencana cadangan, seperti gas alam atau listrik, agar pemanas air dapat terus beroperasi pada hari-hari mendung.


B. Perawatan seperti apa yang harus saya lakukan?
    Sekali lagi, sistem ini memiliki tangki, yang harus dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan kerak dan mencegah korosi. Anda juga harus mempertimbangkan perlunya perawatan pada panel surya.


C. Apa saja manfaatnya?
    Pemanas air ini sangat hemat energi dan karena itu juga sangat ramah lingkungan. Anda dapat menghemat banyak uang setiap bulan untuk listrik jika Anda membiarkan matahari melakukan sebagian besar daya untuk pemanas air Anda.


D. Bagaimana dengan kekurangannya?
    Pemanas air bertenaga surya ini sangat mahal dan kadang-kadang bisa memakan waktu hingga 40 tahun untuk melihat laba atas investasi Anda. Dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung di mana ada sedikit atau tidak ada sinar matahari, Anda mungkin memerlukan sumber daya alternatif untuk pemanas air Anda, yang dapat merepotkan.




5. Pemanas Air Gas Contation

Pemanas air ini menggunakan asap gas rumah Anda yang tidak terpakai untuk memanaskan air Anda.


A. Apa itu pemanas air kondensasi?
    The pemanas air kondensasi mungkin menjadi pilihan terbaik mutlak jika rumah keluarga Anda menggunakan gas terutama alam sebagai sumber energi. Jenis corong pemanas air ini memanaskan knalpot dari sistem gas alam dan menggunakannya untuk memanaskan air, yang disimpan dalam tangki seperti versi pemanas air konvensional. Asap gas corong melalui koil ditempatkan di bagian bawah tangki untuk memanaskan air. Oleh karena itu, sangat sedikit energi yang digunakan (selain dari gas yang sudah dibakar di tempat lain, seperti oven atau pemanas Anda) untuk memanaskan air di rumah Anda. Ini adalah pemanas air bergaya tangki, jadi Anda harus membeli yang cukup besar untuk ukuran keluarga Anda.


B. Perawatan seperti apa yang akan saya lakukan?
    Sama seperti gaya lainnya, ada tangki untuk dibersihkan. Gaya ini mungkin juga mengharuskan katup impor gasnya dibersihkan setahun sekali.


C. Apa manfaat dari pemanas air gaya ini?
    Ini biasanya versi paling hemat energi untuk keluarga yang memanaskan rumah mereka dengan gas alam. Umumnya, ada banyak air untuk mengalir karena pemanas air gaya ini biasanya membutuhkan tangki yang lebih besar.


D. Apakah ada kekurangan dari gaya ini?
    Pemanas air gaya ini tidak mudah tersedia dalam model yang lebih kecil dan paling cocok untuk keluarga yang membutuhkan kapasitas lebih dari 55 galon. Ini juga tidak akan menjadi pilihan terbaik untuk rumah yang tidak menggunakan gas alam.
Pergi ke atas


E. Alasan Mengganti Pemanas Air Anda
    Ada beberapa hal yang harus Anda cari untuk membantu Anda menentukan apakah Anda perlu mengganti pemanas air Anda. Tentu saja, jika itu tidak berhasil, itu tidak masalah. Tetapi Anda mungkin berpikir itu berfungsi dengan baik dan Anda benar-benar sudah lama membutuhkan penggantinya. Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda harus memutakhirkan, pertimbangkan ini:

  • Garansi Anda Habis
    Salah satu cara yang baik untuk mengetahui bahwa mungkin sudah waktunya untuk upgrade adalah ketika Anda telah melampaui garansi 12 tahun Anda beberapa tahun. Anda tidak hanya tidak lagi memiliki cakupan untuk memperbaiki pemanas air Anda jika terjadi kerusakan mendadak, tetapi kemungkinan desain pemanas air Anda cukup usang dan menggunakan lebih banyak energi daripada yang diperlukan. Ini bisa menghabiskan banyak uang setiap bulan tanpa Anda sadari. Jika pemanas air Anda telah hidup lama melampaui harapan hidupnya, mungkin sudah saatnya untuk membuangnya dan menggantinya dengan upgrade.
  • Pemanas Air Anda Bocor
    Biasanya, ketika pemanas air Anda bocor, Anda memerlukan tukang ledeng untuk memperbaiki masalah tersebut. Ini bisa sangat mahal dan memakan waktu. Terkadang, kebocoran pemanas air sulit ditemukan, dan banyak kerusakan air dapat terjadi sebelum masalah diperbaiki. Jika Anda memiliki kebocoran, Anda dapat meminta tukang ledeng untuk memeriksanya. Jika cukup buruk, Anda mungkin lebih baik membeli pemanas air baru daripada membayar untuk memperbaiki kebocoran.




 Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Pemanas Air

1. Garansi:
    Garansi pemanas air dapat sangat bervariasi baik dalam biaya dan panjang. Karena pemanas air Anda merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari keluarga Anda, Anda harus selalu memperhatikan ketentuan garansi saat memilih pemanas air baru. Jika rusak, Anda mungkin bisa mendapatkan yang baru tanpa mengeluarkan ribuan dolar sesuai permintaan. Rentang garansi biasanya sekitar 2–10 tahun, tetapi Anda dapat menemukan produsen yang menawarkan garansi hingga 12 tahun. Jika Anda memiliki rumah sendiri, Anda dapat mempertimbangkan garansi yang lebih lama, bahkan jika Anda harus membayar sedikit ekstra, untuk menghindari biaya kejutan di masa mendatang. Karena pemanas air dapat rusak, dan itu sangat penting, kami sarankan Anda memilih garansi terpanjang yang tersedia.

2. Katup Pembuangan: Plastik atau Kuningan?
    Katup pembuangan terletak di dekat bagian bawah pemanas air Anda dan digunakan untuk mengalirkan pemanas air sebelum perawatan atau untuk memudahkan pengangkatan saat dipindahkan. Katup ini biasanya terbuat dari kuningan atau plastik. Jika Anda perlu mengganti katup pembuangan pemanas air , atau Anda membeli pemanas air baru, Anda harus memutuskan jenis yang akan digunakan. Baik plastik dan kuningan adalah pilihan yang sangat hemat biaya. Plastik mungkin kurang reaktif, meskipun tidak ada bahan yang korosif. Kuningan jauh lebih tahan lama daripada plastik, dan juga lebih mudah dibentuk, sehingga akan memakan lebih banyak kerusakan. Kuningan tidak terpengaruh oleh perubahan suhu seperti plastik. Ini bukan keputusan besar, tetapi ini masih merupakan keputusan yang harus Anda buat.

3. Perangkat Anti-Skala:
    Kerak mineral dapat menyebabkan kerusakan pada pemanas air dan peralatan konsumsi air lainnya. Pabrikan tertentu menyertakan perangkat anti-skala di pemanas air mereka. Perangkat ini memindahkan air di bagian bawah tangki. Air yang terus bergerak kurang rentan terhadap penumpukan mineral, yang dapat meningkatkan umur pemanas air Anda. Fitur ini mungkin berfungsi, tetapi ada faktor lain selain penumpukan mineral yang dapat merusak pemanas air Anda. Tidak perlu membeli pemanas air dengan perangkat anti-skala dan, dengan garansi panjang, Anda mungkin tidak memerlukannya.

4. Tangki Berlapis Kaca:
    Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa pemanas air memiliki lapisan kaca di dalamnya. Lapisan ini sebenarnya adalah enamel porselen dan lapisan ini membantu melindungi pemanas air (yang biasanya terbuat dari baja) dari korosi. Lapisan enamel dapat melakukan keajaiban dalam memperpanjang umur pemanas air Anda, tetapi karena proses pelapisan, area baja paling sering dibiarkan terbuka . Lapisan enamel keramik menjadi semakin populer dan bahkan mungkin menjadi desain standar untuk beberapa produsen saat ini. Sekali lagi, ini bukan penyertaan yang diperlukan, tapi pasti bisa memperlambat proses korosi di dalam tangki pemanas air Anda.

5. Tampilan Digital:
    Pemanas air dengan tampilan digital nyaman karena Anda dapat dengan mudah menyesuaikan pengaturan pemanas air agar sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Anda dapat dengan mudah mengatur output pemanas air Anda, suhu air, dan beberapa model bahkan memiliki fitur penjadwalan, yang memungkinkan Anda untuk memasukkan jam rumah Anda ditempati untuk meningkatkan efisiensi energi pemanas air dengan mematikan saat Anda pergi. Pemanas air tanpa tampilan digital seringkali hanya menampilkan pembacaan dasar, seperti suhu keseluruhan dan tekanan air. Tampilan digital jelas merupakan fitur water heater modern yang Anda inginkan.


6. Kapasitas:
    Menentukan kapasitas tangki pemanas air Anda hanya bergantung pada jumlah orang yang menggunakan air di rumah Anda. Mungkin sulit untuk menentukan seberapa besar tangki yang Anda perlukan karena penggunaan air setiap orang dapat sangat bervariasi. Anda dapat menggunakan first-hour rating (FHR) untuk membantu menentukan ukuran pemanas air yang dibutuhkan keluarga Anda. Untuk menghitung FHR keluarga Anda , hitung jumlah orang di rumah Anda dan kalikan dengan dua belas. Ini berarti bahwa keluarga dengan empat orang memiliki DJJ 48 galon. Anda dapat memeriksa FHR pemanas air Anda untuk menentukan apakah itu akan memanaskan air yang cukup untuk rumah Anda. Berikut adalah aturan praktis lain yang bagus:

  • Jika rumah Anda hanya memiliki satu atau dua orang, tangki 30 galon sudah cukup.
  • Jika rumah Anda memiliki dua atau tiga orang, Anda mungkin memerlukan tangki pemanas air 40 galon.
  • Jika rumah Anda memiliki tiga hingga empat orang, Anda harus memilih sesuatu yang lebih besar, sekitar 40-50 galon.
  • Untuk lebih dari lima orang, Anda harus mempertimbangkan tangki yang menampung 55 galon atau lebih.
  • Untuk delapan orang atau lebih, Anda mungkin memerlukan dua pemanas air untuk memasok air panas yang cukup ke rumah Anda.

Post a Comment for "Jenis Pemanas Air"