-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Setrum Body

Cara Mengatasi Setrum Body (GROUND) Pada Peralatan Electronic


    Strum body atau yang biasa disebut ngeground (nyetrum) seringkali terjadi pada peralatan electronic rumah tangga,maka dari itu disini kami akan berbagi tips untuk mengatasi masalah tersebut.sebelum kita membahas solisi mengatasi masalah strum body atau ground (ngeground),ada baiknya kita mengetahui dahulu apa itu Grounding dan apa fungsi dari Grounding.



Pengertian Grounding
Menurut Wikipedia - Grounding adalah suatu jalur langsung dari arus listrik menuju bumi atau koneksi fisik langsung ke bumi. Dipasangnya koneksi grounding pada instalasi listrik adalah sebagai pencegahan terjadinya kontak antara makhluk hidup dengan tegangan listrik berbahaya yang terekspos akibat terjadi kegagalan isolasi.

Persyaratan Umum Instalasi Listrik) - dipakai istilah pembumian yang artinya penghubungan suatu titik sirkit listrik atau suatu penghantar yang bukan bagian dari sirkit listrik, dengan bumi menurut cara tertentu. PUIL adalah ketentuan atau persyaratan teknis yang diterapkan di Indonesia, dengan mengacu kepada standard internasional, dan dibuat sebagai pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan instalasi listrik.



Fungsi Grounding

  • Untuk keselamatan, grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran isolasi atau percikan api pada konsleting, misalnya kabel grounding yang terpasang pada badan/sasis alat elektronik seperti setrika listrik akan mencegah kita tersengat listrik saat rangkaian di dalam setrika bocor dan menempel ke badan setrika.

  • Dalam instalasi penangkal petir, system grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik yang besar langsung ke bumi. meski sifatnya sama, namun pemasangan kabel grounding untuk instalasi rumah dan grounding untuk pernangkal petir pemasangannya harus terpisah.

  • Sebagai proteksi peralatan elektronik atau instrumentasi sehingga dapat mencegah kerusakan akibat adanya bocor tegangan.


    Setelah mengetahui arti dan fungsi Grounding (Arde), selanjutnya kita membahas bagaimana cara mengatasi grounding pada peralatan electronic rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, dispenser dan peralatan yang lainnya. Ada dua cara untuk mengatasi masalah tersebut (nyetrum) pada body peralatan elektronik,dan kami akan menguraikan kedua cara tersebut.





Cara yang pertama :
    Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kabel ground (arde).Untuk cara yang pertama ini kita membutuhkan peralatan sebagai berikut :

    Kabel,disini anda bisa menggunakan kabel serabut atau kabel kawat.Tapi, pada umumnya kabel ground telah tersedia pada peralatan electronic seperti dispenser,kulkas,mesin cuci dll,kabel ground ini terpasang pada bodi belakang bagian bawah peralatan electronic seperti yang telah saya tulis diatas, kabel ini biasanya terdiri dari dua warna yaitu hijau bergaris kuning atau sebaliknya.
  • Paku
  • Tang
  • palu/martil
    Langkah selanjutnya adalah kupas kedua ujung kabel ground secukupnya.Pasang ujung kabel yang pertama pada besi (body) pelaratan electronic tersebut lalu ikat ujung kabel yang kedua pada paku,kemudian tancapkan ketanah atau tembok. Ingat sebelum melakukan pekerjaan ini, pastikan kabel power sudah dicabut,agar anda tidak tersengat listrik ground.

Pemasangan kabel GROUND pada body kulkas
Pemasangan Ground  ketanah

Cara yang kedua :
    Cara yang kedua ini sangat praktis dan simple untuk mengatasi masalah grounding (nyetrum) pada bodi peralatan electronic yaitu dengan cara membalik kabel power/steker/colokan yang ada pada peralatan electronic tersebut.Cara ini lebih disukai oleh para teknisi karena lebih praktis dan simple.

    Jika kedua cara tersebut tidak dapat mengatasi masalah grounding (nyetrum) pada body peralatan electronic anda,ada kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen peralatan electronic yang anda miliki.

    Saran kami silahkan anda hubungi kami jika alamat anda masih dalam jangkauan kami,atau hubungi bengkel electronic terdekat,guna mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan.

    Semoga tips dari kami bertmanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalh strum body pada peralatan electronic anda.Selamat Mencoba….

Kami SERVICE PERALATAN ELEKTRONIK FIRDAUS TEKNIK juga menangani peralatan elektronik lainnya yang ada dirumah ataupun kantor anda. Adapun peralatan elektronik yang kami tangani adalah sebagai berikut :

AC (splite, standing, cassette) berbagai merk : 
> PANASONIC, LG, SHARP, DAIKIN, SAMSUNG, MITSUBISHI, POLYTRON,
CHANGHONG, MIDEA, DLL

KULKAS, FREEZER, ICE MAKER, SHOWCASE berbagai merk : 
> THOSHIBA, LG, PANASONIC, SAMSUNG, DAICHI, POLYTRON, DLL

MESIN CUCI (top load, front load, manual dua tabung) berbagai merk : 
> ELECTROLUX, SAMSUNG, PANASONIC, LG, SANKEN, DENPOO, DLL

POMPA AIR (jet pump, pompa pendorong, pompa kolam renang) 
> SANYO, SHIMIZU, DAB, PANASONIC, GROUND FORCE, DLL

PEMANAS AIR (WATER HEATER-SOLAR HARD) 
> WIKA, ARISTON, SOLAR HARD, DLL

DISPENSER 
> SHARP, LG, DENPOO, SANKEN, DLL

Disamping itu kami juga melayani tukar tambah unit AC, bongkar-pasang AC dan jasa pengeboran pompa JET PUMP.


Berikut adalah area jangkauan kami di seluruh Jakarta Selatan :

service ac pondok indah
service ac pondok labu
service ac pondok pinang
service ac cilandak
service ac cirendeu
service ac cinere
service ac lebak bulus
service ac gandaria
service ac tanah kusir
service ac permata hijau
service ac bintaro
service ac famawati
service ac senopati
service ac pejaten
service ac warung buncit
service ac kemang
service ac bangka
service ac ampera raya
service ac ragunan
service ac cilandak kko
service ac pasar minggu
service ac jagakarsa
service ac lenteng agung
service ac mampang prapatan
service ac pancoran
service ac kuningan
service ac tebet
service ac sudirman

PROFESIONAL DALAM BEKERJA ADALAH MOTO KAMI
KENYAMANA DAN KEPUASAN CUSTOMER TUJUAN KAMI
GARANSI DISETIAP PEKERJAAN BENTUK TANGGUNG JAWAB KAMI

Hubungi kantor kami di jamin anda tidak akan kecewa :

0821 3662 1067 (call-sms)
08788 33 66 901 (call-sms-whatsapp)

1 comment for "Cara Mengatasi Setrum Body"

Shikamaru Nara October 26, 2019 Delete Comment
yuhuu, bermanfaat banget gan
Solder uap