WAOW AMAZING AC DITERAPKAN PADA KENDARAAN SUDAH SEJAK ABAD KE 19


PENERAPAN AC PADA KENDARAAN RODA EMPAT ATAU BIS




A. SEDIKIT SEJARAH AC PADA KENDARAAN

Cikal bakal penggunakan fitur penyejuk udara (AC) dimulai pada tahun 1930-an. Mesin penyejuk ruangan mekanis yang digunakan untuk gudang, bioskop, dan bangunan publik lainnya mulai aplikasikan unruk sistem kendaraan. Mobil pertama yang memilki penyejuk udara mekanis dibuat oleh C&C Kelvinator , CO. Diaplikasikan pada kendaraan John Homman Jr. Di Texas. Pada 23 September 1932, General Motors Research Laboratories menggagas penggunaan penyejuk kendaraan dengan sistem pendingin kompresi uap yang menggunakan bahan Refrigerant R-12.
Tahun 1947 pabrikan pembuat alat penyejuk udara pada kendaraan menjadi berkembang dan bertambah besar. Sepanjang tahun 1960, perbaikan dan inovasi sistem penyejuk udara pada kendaraan pun dilakukan. Sebagai contoh pada Chrysler Auto-Temp System, pengendara dapat mensetting temperatur dan kecepatan udara yang diinginkan. Iniah yang kemudian dikenal dengan ‘Climate Control System’.
Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 1970-an, diketahui bahwa salah satu penyebab rusaknya lapisan ozon adalah lepasnya refrigeran (R-12) ke udara, sehingga perlu bahan pengganti R-12. Refrigerant pengganti tersebut adalah R134a dan mulai diujicobakan pada kendaraan Chevrolet sekitar tahun 1978 oleh Harrison Radiator dan Allied Chemicals. Kontroversi penggunaan refrigeran R-12 semakin memuncak saat Montreal Protocol pada bulan September 1987 yang menuntut adanya penghapusan refrigerant R-12 dan menggantinya dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. Pengurangan pemakaian refrigerant R-12 sudah dilakukan pada kendaraan keluaran tahun 1990-an dan segera dihilangkan pada tahun-tahun berikutnya. -by www.omegaacmobil.com


po harapan jaya

po efisiensi

po bejeu


Kali ini penulis mau membahas tentang alat yang selalu membawa kenyamanan di dalam perjalanan jauh dengan bus.. Ya, AC !! Oh ya sebelumnya pasti merasa kan “ah apa bedanya, sama aja toh semburan udara dingin ini yang keluar” hahaha, penulis kali ini ingin mengulas lebih jelas apa – apa saja sih jenis ac yang sering dipakai bus yang ada saat ini.


jika ingin tahu banyak mengenai tips-tips dan cara melakukan perawatan elektronik kunjungi saja kunjungi saja firdaus technic electronic maintanance semua tips dan sejarah electronic juga dibahas !!! eits jangan lupa like coment and share ya salam bismania :-) :-)


1.Rooftop AC / AC Model Atap

po sumber slamet

po angkasa pura airport

po raya

po zoo :) gaktau po apaan


Ini bisa dibilang model yang hampir semua bus menggunakannya, Letak kondenser dan kipas kondenser yang jelas terlihat di atap bus juga membantu penumpang yang awam dalam mengidentifikasi bus ini menggunakan AC atau tidak. Untuk model ini banyak sekali merk – merk yang beredar, yang terpopuler pastinya Denso, Thermoking, Dan Sutrak (dahulu termasuk merk populer).. Sebenarnya banyak merk – merk lain seperti Konvekta, Bluestar, Hispacold, York, Exing, Spheros dan Coachair namun kurang terdengar gaungnya, sehingga 3 merk diatas menjadi pilihan banyak perusahaan otobis. Untuk foto diatas sendiri, AC tersebut adalah salah satu AC Terawet hingga saat ini, Thermoking NSD1 (?) , namun.. sepertinya tidak lama lagi akan punah sepenuhnya karena refigerant r -22 sendiri sudah diberhentikan produksinya sejak 2008. dimana sekarang spesifikasi minimum refrigerant adalah r-407c, dikarenakan refrigerant tipe tersebut sudah tidak ramah lingkungan untuk saat ini.. oya, kompressor ac ini disambungkan dengan belt langsung dari mesin, sehingga terkadang saat kita menaiki bus dengan tenaga mesin yang kecil dikala menanjak di trek lumayan curam misalnya… ambil contoh MB OH 1518, sopir – sopir bus seringkali mematikan AC untuk mengurangi beban kerja mesin..
jaya rooftop AC

haryanto rooftop AC

system kerja ac pada bus




2. Power Pack AC / AC Model Gantung

Model ini memang tidak populer saat ini, namun jangan salah dahulu cukup banyak bus yang menggunakan opsi model ini. Namun yang jadi pertanyaan kenapa ya begitu populer jaman dulu? Dikarenakan pada masa – masa itu power yang dihasilkan mesin bus tidaklah sebesar saat ini, saat itu power – power mesin hanya berkisar 150 – 180 HP saja sehingga opsi AC gantung ini begitu diminati karena AC gantung ini menggunakan mesin yang terpisah alias independen, dan tentu saja tidak membebani mesin sedikitpun, bahkan saat mesin bus mati AC tetap bisa digunakan. Kelemahannya adalah AC ini lumayan berisik, bahkan terdengar jelas hingga ke dalam kabin, AC ini juga memakan ruang yang seharusnya bisa jadi bagasi bus, selain itu juga menambah biaya bahan bakar bila mesin penggerak yang digunakan adalah mesin bensin, karena tidak bisa share dengan bahan bakar bus yang menggunakan solar. AC ini mulai ditinggalkan kala bus – bus dengan power yang besar mulai hadir di Indonesia, dimulai dari kehadiran MB 1521, Hino RG, dan Nissan RB..

jenis power pack / AC gantung

laksana anda power pack / AC gantung

system / cara kerja power pack / AC gantung


Walau masih ada beberapa unit hingga sekarang yang masih menggunakan, salah satunya adalah armada bus harapan jaya di atas ini, terlihat jelas kotak kisi hitam di sebelah kanan bodi bus, dimana menjadi tempat instalasi AC gantung..

Sedikit info yang bisa penulis share ini semoga bisa berguna yah.. stay tune untuk artikel selanjutnya😀 . (imt) - by www.imotorium.com

foto : by bismania, google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAOW AMAZING AC DITERAPKAN PADA KENDARAAN SUDAH SEJAK ABAD KE 19"