PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI PADA DISPENSER


MEMPERBAIKI BERBAGAI KERUSAKAN YANG UMUM TERJADI PADA DISPENSER



  Dispenser merupakan perlengkapan elektronik agak vital dalam rumah tangga yang fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan galon air sehingga mempermudah anggota keluarga dalam mengkonsumsi air minum,panas atau dingin.
Disebut agak vital,karena tanpa dispenser pun masih bisa mengambil air dari galon,meski agak merepotkan,terutama saat membutuhkan air panas.



Dispenser memiliki 4 macam model dalam fiturnya.

  1. Pertama hanya menyediakan air biasa,yaitu air dalam galon langsung disalurkan lewat kran,biasanya wadah untuk galon terbuat dari keramik,tujuannya agar air menjadi dingin secara alami.
  2. Kedua, menyediakan air biasa dan air  panas. Ini adalah model umum dispenser. air biasa disalurkan langsung ke kran warna biru,sedangkan air panas masuk ke tabung pemanas dahulu untuk dimasak.
  3. Ketiga, menyediakan air dingin dan air panas. untuk model ini,air dingin dihasilkan dari tabung pendingin yang didinginkan oleh elemen pendingin,yaitu peltier sedangkan air panas sama seperti model kedua.
  4. Dan model keempat, sama seperti model ketiga,tetapi proses pendinginan menggunakan prinsip kulkas,yaitu menggunakan kompresor.


Kerusakan yang umum terjadi untuk dispenser adalah;

  • Bocor. Kerusakan ini dapat disebabkan selang bocor,kabel ties(pengikat selang) putus,kran tidak menutup sempurna,atau galon bocor halus. Perhatikan dari mana datangnya kebocoran,jika didalam dispenser,cek pada selang dan kabel ties. Jika kebocoran dari luar,kemungkinan galon bocor halus,biasanya terjadi pada galon isi ulang.
  • Untuk mengetahui apakah kebocoran pada galon atau bukan, anda bisa mencoba menggunakan botol air mineral ukuran 1,5 liter isi penuh dengan air biasa dan pasang pada dispenser. Perhatikan apakah  ada tetesan air didalam dispenser. Bila tidak ada tetesan air,dapat dipastikan masalah pada galon yang bocor halus. Masalah ini biasa terjadi pada galon isi ulang. Jika kran tidak menutup sempurna, buka pemutar kran, cek pada karet

  • Lampu indikator mati. Bisa karena led indikator mati,atau rangkaian elektronik tidak bekerja. Untuk kerusakan ini biasanya elemen pemanas tetap bekerja. Lakukan pemeriksaan pada komponen terkait seperti dioda,resistor dan led itu sendiri.

  • Tidak panas. Salah satu elemen pendukung putus/mati. Cek pada termostat yang menempel pada body tabung pemanas,lalu cek elemen pemanas. Jika diiringi lampu indikator juga mati,cek juga pada kabel dan saklar. Yang paling sering terjadi, kerusakan pada saklar. 
  • Panas berlebih. Maksud panas berlebih ini adalah air pada kran untuk air dingin juga menjadi panas. Kerusakannya pada termostat yang tidak bisa cut off pada suhu maksimal. Untuk menanganinya,lepaskan dulu termostat,lalu panaskan dengan solder dan kakinya ditempelkan probe multi tester. Jika termostat masih bisa cut, bersihkan penampang termostat dari pasta(warna putih)yang menempel di body. Jika setelah lama ditempel solder termostat tidak cut (indikasinya jarum tester tidak turun), sebaiknya ganti baru dengan derajat yang sama.

  • Tidak dingin. Model dispenser dengan fitur pendingin terdapat 2 macam,yaitu menggunakan peltier,dan menggunakan kompresor. Untuk model yang menggunakan peltier (ada yang menyebut elemen pendingin), kerusakan yang terjadi pada beberapa hal seperti peltier-nya putus, rangkaian elektronik tidak bekerja, atau kipas pendingin mati.

jika anda ingin melakukan perbaikan pada peralatan elektronik lainnya silahkan kunjungi www.firdausserviceac.com kami melayani perbaikan semua peralatan elektronik rumah tangga dan bergaransi

  Anda bisa melakukan sendiri pengecekan pada peltier dan kipas pendingin.
Yaitu dengan menghubungkan kabel peltier/kipas pendingin dengan adaptor 12 volt DC. Untuk peltier yang masih bagus,setelah dihubungkan dengan adaptor maka pada 1 sisi akan menjadi dingin dan sisi yang lain menjadi panas. Sedangkan kipas pendingin harus berputar cepat,jika putarannya terlihat lambat,sebaiknya ganti dengan yang baru.

  Untuk model menggunakan kompresor,penanganannya seperti memperbaiki kulkas,sebaiknya panggil teknisi kulkas. Tidak mungkin kita memperbaikinya sendiri,karena tidak setiap rumah memiliki peralatan service kulkas kan? :-). 
Namun bila anda ingin melakukan pengecekan awal,periksa saja kabel listriknya,barangkali di "emut" tikus. Kalau masalah hanya pada kabelnya,anda bisa menyambung kabelnya sendiri,tanpa memanggil tukang service.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI PADA DISPENSER"